Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 PANTANGAN MAKANAN UNTUK IBU HAMIL MUDA

Selama kehamilan bukan hanya mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi aja akan tetapi untuk ibu hamil perhatikan juga pantangan makanan untuk ibu hamil muda yang harus diperhatikan secara serius karena akan mempengaruhi kondisi anda sendiri dan bayi agar tetap sehat hingga waktunya persalinan nanti. Untuk menjaga agar anda dan bayi anda agar tetap sehat, anda dapat melakukan beberapa tips diantaranya: Olahraga Selama Hamil dan Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas.

Dari beberapa tips diatas, ada pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil selama masa kehamilan karena akan menimbulkan risiko buruk bagi kehamilannya. Anda pastinya tidak menginginkan ini akan terjadi pada anda bukan?. Maka hindari 6 hal berikut ini yang akan membahayakan ibu hamil dan janin:

Pantangan Makanan untuk Ibu hamil

1. Mengkonsumsi Kopi, Rokok, dan Alkohol

Seperti yang kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman favorit di seluruh dunia dengan berbagai macam jenis dan rasa. Kopi bukan hanya dikonsumsi oleh kaum pria saja akantetapi kaum wanita juga tidak luput untuk mengkonsumsi kopi sebagai minuman favoritnya. Namun untuk wanita khususnya untuk ibu hamil ada pertanyaan penting yaitu “Bolehkah wanita yang sedang hamil mengkonsumsi kopi walaupun sedikit?”.

Bagi wanita yang sedang hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi selama kehamilannya karena kandungan di dalam kopi tersebut adalah kafein yang dapat membahayakan kesehatan janin anda. Akantetapi jika anda NGIDAM dan akan tetap mengkonsumsi kopi, sebaiknya anda minum sedikit saja. Dalam batas normal (sekitar 300mg per-minggu) sebenarnya kopi masih dalam batasan normal jika ingin dikonsumsi pada masa kehamilan. Tetapi mengkonsumsi dalam jumlah besar, kafein dalam kopi akan mengikat kalsium dan akan membawanya keluar dari tubuh padahal untuk ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium dimana zat ini sangat diperlukan oleh janin selama masih di dalam kandungan. Karena kafein di dalam kopi dapat merugikan anda dan janin anda, lebih baiknya hindari konsumsi kopi untuk sementara waktu setidaknya sampai melahirkan.

Mengkonsumsi rokok dan alkohol merupakan hal yang dilarang pada saat kehamilannya karena dapat menyebabkan kelainan pada janin seperti cacat fisik dan mental. Bukan itu saja, mengkonsumsi rokok dan alkohol akan menimbulkan risiko keguguran dan dapat membahayakan janin anda pada proses kelahiran nanti. Jadi kesimpulannya hindari sementara waktu mengkonsumsi kopi, rokok, dan alkohol paling tidak sampai proses kelahiran.

2. Makanan Berlemak dan Gula, Terlalu Asam atau Pedas

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dan gula dapat menimbulkan rasa mual dan muntah pada ibu hamil. Dengan mengkonsumsi makanan berlemak dan gula akan menambah berat badan yang berlebihan yang dapat membahayakan janin anda di dalam kandungan karena dengan dengan bertambahnya berat badan anda maka berisiko pada janin anda waktu proses persalinan nanti akan kesulitan mencari jalan keluarnya. 

Hindari makanan yang berlemak dan gula karena akan membuat sendawa asam yang tidak baik bagi kesehatan keduanya. Sebelum berat badan anda bertambah banyak yang akan berisiko besar, lebih baik anda baca artikel ini: “Makanan Ibu Hamil Muda Agar Anak Cerdas”. Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang harus dipenuhi untuk penunjang kesehatan dan perkembangan otak pada janin selama masa kehamilan.

Selain itu, jangan mengkonsumsi ikan yang berukuran besar karena di khawatirkan kandungan merkurinya tinggi. Batas maksimal yang dianjurkan oleh para ahli kandungan, jika ingin mengkonsumsi ikan untuk ibu hamil adalah 0,12 kg per-minggu.
Hindari juga mengkonsumsi keju lunak dan susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi. 

Proses pasteurisasi adalah proses pemanasan makanan dengan tujuan membunuh organisme yang dapat merugikan di dalam tubuh kita seperti bakteri, khamir, protozoa, dan kapang. Maka waspadalah terhadap risiko kandungan listeria. Listeria adalah sejenis mikro organisme yang memiliki kemampuan dapat menembus plasenta yang berisiko pada janin anda terinfeksi. Jika pasien sudah terinfeksi listeria, maka kemungkinan besar berisiko mengalami keguguran, bayi lahir prematur, dan meracuni darah.

3. Memakai Pakaian atau Celana Ketat

Memakai celana ketat terutama yang terbuat dari bahan jins sangat tidak dianjurkan selama masa kehamilan. Meskipun celana itu memiliki kelonggaran di bagian pinggang tetap tidak dianjurkan untuk digunakan. Alasan mengapa tidak diperbolehkan menggunakan celana ketat karena akan memberikan tekanan pada saraf kulit yang membentang sepanjang paha yang mengakibatkan rasa kesemutan dan rasa panas di sepanjang kaki dan berisiko dapat menyebabkan infeksi.

4. Mengkonsumsi Obat Tanpa Pengawasan Dokter

Hal berikutnya yang harus dihindari yaitu mengkonsumsi obat tanpa pengawasan dokter karena dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan risiko buruk bagi perkembangan janinnya. Misalnya antibiotik yang dapat merusak sel otak dan gigi janin, dan obat inhibitor enzim yang dapat menyebabkan cacat dan keguguran. Jadi janganlah mengkonsumsi obat-obatan tanpa pengawasan dari dokter terlebih dahulu, tanyakan dahulu apakah obat-obatan yang anda konsumsi itu tidak membahayakan anda dan janin anda.

5. Mengangkat Berat Beban

Jangan mengangkat beban terlalu berat karena akan berisiko otot perut akan mengalami kontraksi yang akan mengalami ibu hamil akan terpaksa mengejan yang berakibat lahir prematur. Jadi istirahatlah yang cukup dan konsumsi makanan yang bergizi.

6. Mengkonsumsi Daging Yang Tidak Dimasak atau Setengah Matang

Hindari mengkonsumsi daging yang tidak masak atau setengah matang karena daging yang di proses setengah matang akan mengandung toksoplasmosis (sejenis parasit yang dapat membuat infeksi pada janin anda).

Hindari hal-hal yang dapat membahayakan kandungan anda, konsultasikanlah kandungan anda ke dokter spesialis kandungan. Semoga sehat selalu.