Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AC Mobil Avanza Mati, Ternyata Ini Penyebabnya

Service Rutin di Auto2000
Service Rutin di Auto2000

Merawat  AC mobil Avanza adalah  kewajiban yang harus di lakukan oleh pemilik kendaraan  agar  kualitas  AC di dalam kabin mobilnya tetap  bersih serta dingin sehingga  nyaman  buat berkendara bersama keluarga. Selain  melindungi kualitas  udara  di dalam kabin, dengan teratur menjalankan  service rutin  di Auto2000, maka  part-part bagian  AC akan  tetap  terawat  seperti  evaporator, blower AC, Filter  AC, serta pendukung unsur lainnya akan beroperasi dengan optimal. Dengan rutin  membersihkan bagi an saluran AC maka  bagian blower AC Mobil bakal  berjalan normal.

Saat kamu lagi berjalan-jalan dengan keluarga mengenakan mobil avanza dan di tengah-tengah perjalanan  tiba-tiba AC mobil mati, pasti  sungguh  menyusahkan sebab kita hendak merasakan  panas  dampak udara  panas dari luar dan  masuk di dalam kabin mobil. Kenapa AC mobil tiba-tiba mati, apa aspek  penyebabnya ? yuk  kita bahas pada  kesempatan  kali ini.. 

Apakah Pengertian Blower AC ?

Blower AC yakni salahsatu part unsur mobil yang harus ada guna untuk menghasilkan udara sejuk.Oleh karena itu kita sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya menjaga kebersihan dari blower AC itu sendiri supaya udara yang di salurkan atau dihasilkan tetap bersih, bebas dari debu, dan bebas dari kuman yang dapat membahayakan kesehatan bagi keluarga di dalam mobil. Letak posisi dari Blower AC tersebut yaitu di bawah dashboard mobil bagian penumpang depan sebelah kiri sopir. Blower itu mempunyai peranan guna mengalirkan saluran udara  dari evaporator yang dihasilkan dari freon masuk melewati  kisi-kisi AC dan keluar menuju  ke dalam kabin mobil, maka menghasilkan udara yang dingin serta nyaman. Dilihat dari fungsi blower ac tersebut, dapat disimpulkan bahwa blower ac ini berperan penting memiliki tugas untuk mendinginkan dalam kabin mobil.

Cara menghidupkan blower ac mobil amatlah gampang di mobil avanza veloz 2022, dengan cara memutar knop AC. Knop AC dengan desain yang mewah ditambah doortrim yang elegant membuat mobil ini terlihat mewah. Agar kabin dingin, caranya tinggal memutar knop AC pada posisi yang di inginkan yang terletak pada dashboard mobil. Setelah dihidupkan beberapa menit, perlahan udara di kabin mobil jadi dingin jika kondisi evaporator bersih bebas dari kerak yang menempel akibat debu yang masuk. Sebaliknya, apabila udara yang dihasilkan justru udara panas saja yang keluar, berati ada yang tidak benar dengan kerja blower AC tersebut dan segera lakukan perbaikan di bengkel terbaik yaitu Auto2000. Faktor apa saja penyebab AC mobil mati? Simak terus sampai selesai.

BLOWER AC MOBIL MATI, TERNYATA INI PENYEBABNYA

Sekring Blower Rusak

Sahabat Otomotif harus mengerti untuk menghidupkan AC mobil pastinya membutuhkan adanya sumber listrik yang bersumber dari AKI dan Dinamo. Sekring sendiri memiliki fungsi untuk memutuskan aliran arus listrik secara otomatis jika terindikasi ada arus pendek atau konsleting. Jika sekring ini terputus, otomatis blower AC mobil tidak dapat di nyalakan.

Jika masalah ini sedang dihadapi oleh Anda, lebih baik bawa mobil Anda ke Auto2000 agar masalah ini dapat segera diselesaikan/perbaiki. Perbaikan di Auto2000 dengan teknisi yang professional akan mengurangi dampak risiko yang lebih besar dari kerusa akibat sekring blower mati.

Relay Blower AC Mati

Faktor lain penyebab AC mobil mati yaitu relay yang sudah rusak. Relay sendiri berperan fungsi untuk memisahkan konsumsi listrik berdaya besar serta kecil yang di alirkan dari blower AC ke saklar AC guna mengurangi dampak overworked bahkan sampai rusak akibat besarnya aliran arus listrik. Jadi, seandainya terjadi kerusakan pada bagian relay, sehingga arus listrik tidak mampu disalurkan ke blower AC, akibatnya blower tidak bisa dihidupkan.

Resistor Blower Mati Atau Terputus

Resistor ialah komponen elektronika pasif yang memiliki fungsi menghambat aliran arus listrik yang mengatur besar dan kecilnya arus yang mempengaruhi perputaran kecepatan blower AC. Jika resistor sampai mati atau putus, maka blower AC tidak memperoleh suplai arus listrik yang bersumber dari AKI mobil.

Saat arus listrik mulai mensuplai  ke blower AC melewati resistor yang besar, hingga perputarannya jadi rendah. Kebalikannya, apabila arus listrik yang di suplai ke mesin blower AC dengan tahanan kecil, hingga perputarannya akan makin cepat. 

Mesin Blower AC Rusak

Aspek penting AC mobil mati salahsatu faktornya yaitu tampak  kerusakan pada bagian mesin blower AC yang rusak akibat arus listrik yang tidak baik, tidak sesuai dengan seharusnya ataupun memanglah rendahnya perhatian oleh pemilik kendaraan menjalankan  service berkalanya. Blower AC ini merupakan komponen dinamo yang berputar apabila memperoleh suplai arus listrik dari AKI dengan didukung komponen lainnya seperti kumparan, magnet, serta carbon brush merupakan komponen penunjang terjadinya perputaran pada dinamo.

Bagian pendukung dinamo diatas memanglah sedikit ditemui ada kerusakan di salah satu part itu, tapi tidak ada  salahnya kita tetap teratur melakukan perawatan mobil supaya bagian yang berkaitan dengan AC mobil tetap terawat kualitasnya. Jika salahsatu part ada yang rusak atau mati, AC mobil mati. Jika hal tersebut terjadi, saran terbaik yaitu menggnati part dengan yang baru dan usahakan menggunakan part yang asli untuk menjaga supaya tahan lama.

Saklar Blower Rusak

Komponen lain bisa menyebabkan AC mobil mati walaupun jarang ditemukan pada mobil yang AC mobil mati karena rusaknya part ini yaitu saklar blower AC. Saklar mempunyai beberapa speed untuk mengatur kecepatan kipas blower yang bisa mengatur besar kecilnya tekanan yang diinginkan.

Demikian beberapa penyebab AC mobil avanza mati. Jangan lupa sering lakukan perawatan berkala di Auto2000 agar kondisi kendaraan dapat terjaga dan nyaman saat dikendarai bersama keluarga tercinta.

Post a Comment for "AC Mobil Avanza Mati, Ternyata Ini Penyebabnya"