Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Yang di Timbulkan Akibat Naiknya Harga BBM di Sejumlah Daerah

Dampak Naiknya Harga BBM Pertamax

Dampak Akibat Naiknya Inflasi Terhadapat Masyarakat di Indonesia

Magelang, KOMPAS Jateng Update – Beginilah Dampak yang ditimbulkan imbas naiknya harga bahan bakar (BBM) terhadap perekonomian negara Indonesia sehingga membuat Pemerintah sangat serius memperhatikan serta mengawal kenaikan harga BBM Pertamax terhadap penyaluran penggunaan BBM Pertalite supaya tepat sasaran. Pengontrolan kenaikan harga BBM Pertamax yang di lakukan oleh Pemerintah ini bertujuan agar harga bahan bakar minyak (BBM) dapat terus naik sehingga berpeluang menekan kinerja bagian keuangan PT. Pertamina yang mana merupakan Perusahaan BUMN.

“ Kenaikan harga BBM kali ini di akibatkan adanya naiknya harga minyak mentah dunia yang mempengaruhi peningkatan Inflasi yang sangat besar terhadap perekonomian negara Indonesia. Dampak Inflasi tersebut, Pemerintah dengan adanya kenaikan harga BBM di tingkat Internasional, maka tidak di pungkiri harga BBM di dalam negeri juga ditambah. Peraturan kebijakan yang di tetapkan oleh negara ternyata  berpotensi kurangi kepiawaian  Bank Indonesia ( BI ) ketika  menjalankan peraturan moneter akomodatif guna  menyembuhkan perekonomian di Indonesia yang di timbulkan  meningkatnya  inlasi “. ujar Josua kepada kompasjatengupdate.com.

Josua mengatakan jika harga minyak mentah dunia pada tahun 2021 tentu lebih bagus dibanding harga di tahhun 2020 sejalan adanya recovery ekonomi global yang di sebabkan pandemi covid-19 yang belum kunjung usai sampai saat ini. Adapun prediksi Josua kala itu memperkirakan harga jual minyak mentah dunia akan bergerak di kisaran range harga US$ 65 sampai US$ 70 per-barel sampai akhir tahun 2021. Harga minyak mentah dunia pun akan di iringi dengan adanya penguatan Indonesia Crude Price.

Harga Baha Pokok Semakin Mahal

Naiknya Inflasi saat ini sangat mempengaruh kenaikan harga bahan pokok sehari-hari atau jasa lainnya. Kebijakan yang diberikan oleh negara masalah kenaikan harga BBM menjelang lebaran merupakan bentuk ketidakpekaan dari Pemerintah dikarenakan harga bahan pokok sehari-hari menjelang lebaran cenderung selalu mengalami kenaikan harga dikarenakan tingginya permintaan apalagi pemulihan di masa pandemi covid-19 belum juga membaik. Imbas yang di akibatkan dari kenaikan harga BBM Pertamax, apa tidak akan mempengaruhi daya beli masyarakat ?

Secara tidak langsung kenaikan harga BBM, memicu penurunan daya beli masyarakat sehingga mempengaruhi juga roda perekonomian sehingga ini akan memberatkan masyarakat kecil di saat moment jelang hari raya lebaran. Guna mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah memberi kebijakan yang tidak lama akan di resmikan mengenai Program Bantuan Subsidi Bagi Pegawai yang memiliki gaji di bawah Rp 3 juta. 

Pengangguran Bertambah Dampak dari PHK dari Perusahaan

Akibat dari kenaikan harga BBM Pertamax ini, mengakibatkan  biaya untuk produksi barang bertambah sehingga menimbulkan para pengusaha mengurangi beban biaya usahanya. Karena beban yang harus di tanggung peruhaan terlalu besar, Perusahaan menguranginya dengan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ). Dengan tindakan Perusahaan melakukan PHK tentu berdampak pada angka pengangguran.

Pengusaha Kecil Semakin Terbebani

Dampak kenaikan harga BBM Pertamax ini juga mempengaruhi pengusaha kecil yang sedang akan berkembang dikarenakan beban produksi yang semakin tinggi. Dengan modal usaha yang sedikit/cukup di tambah beban biaya produksi yang semakin meningkat, membuat usaha kecil semakin terbebani dan dampak yang paling terburuk usahanya gulung tikar. Pada intinya kenaikan harga BBM Pertamax sangat berpengaruh terhadap semua sektor sehingga berdampak pada perekonomian negara. 

Semoga kenaikan harga BBM ini bisa segera di atasi sehingga roda perekonomian berjalan lagi seperti semula.

Post a Comment for "Dampak Yang di Timbulkan Akibat Naiknya Harga BBM di Sejumlah Daerah"