Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Makanan Jadul Yang Jarang Ditemukan Dan Bikin Kangen

10 Makanan Jadul Yang Jarang Ditemukan Dan Bikin Kangen

Kompas Jateng Update – Makanan jadul selalu membuat penonton kangen. Apalagi jika Anda belum pernah minum sebelumnya. Namun seiring berjalannya waktu, semakin sulit untuk menikmati makanan masa lalu. Berikut beberapa makanan jadul yang mungkin Anda lewatkan untuk dikonsumsi lagi.

1. Es Lilin

10 Makanan Jadul Yang Jarang Ditemukan Dan Bikin Kangen
Makanan Jadul Es Lilin

Es Lilin bukanlah es krim yang terbuat dari lilin, melainkan es krim yang terbuat dari kelapa muda, dibuat dengan santan, ditambah gula dan dibekukan. Dulu, es lilin ini umum di sekolah-sekolah. Penjualannya masih klasik, dengan gerobak dorong berisi cetakan es lilin yang bisa dicelupkan ke dalam cokelat meleleh. Makanan zaman dulu ini sangat menyegarkan jika disantap di siang hari. Namun sayangnya, makanan ini jarang ditemukan. Jika Anda ingin memakannya lagi sambil bernostalgia dengan masa lalu, Anda bisa membelinya di beberapa toko. Misalnya warung cinderamata khas Sunda dan rumah makan yang menyajikan berbagai makanan khas Sunda.

2. Koya

Kue Koya
Makanan Jadul Koya

Camilan tepung kacang ini mengandung kacang. Makanan jadul ini menjadi favorit pada masanya. Namun, sekarang bahkan tidak termasuk dalam kategori makanan langka. Berbentuk seperti kotak kecil atau lingkaran dengan ukiran angka di permukaannya, makanan satu ini bisa digolongkan sebagai makanan sehat karena terbuat dari kacang-kacangan yang menyehatkan.

3. Jeli Karakter

Jelly Karakter
Makanan Jadul Jelly Karakter

Makanan jadul ini selalu ramai dikunjungi anak sekolah. Jeli yang bisa dibentuk menjadi berbagai karakter seperti robot, rumah dan kendaraan selalu menarik perhatian anak-anak. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, hanya 500 rupiah saja. Namun sekarang sudah jarang ditemukan jeli seperti ini di kota-kota besar. Jeli ini biasanya dikonsumsi dengan susu, cokelat cair dan taburan-taburan warna-warni di atasnya.

4. Es Kue / Es Krim Gabus

Penikmat es terdahulu tentu tidak asing dengan salahsatu makanan jadul kali ini. Es kue atau orang jaman dulu dikenal es krim gabus merupakan salahsatu makanan favourite anak-anak yang jarang terlihat di masa lalu. Dibuat dengan bahan hungkue, air santan, gula dan garam, es krim ini memiliki tekstur seperti gabus saat digigit. Es krim ini biasanya berbentuk agak tipis dan tersedia dalam berbagai warna.

5. Arum Manis

Makanan jadul ini biasa disebut "rambut nenek" karena permennya mirip rambut. Arum manis atau harum manis ini sudah jarang ditemukan saat ini, meski ada juga yang dijual dengan harga sedikit lebih tinggi. Makanan ini jika digigit akan menimbulkan rasa khas yang ditimbulkan adanya perpaduan opak atau orang kenal dengan kerupuk dengan gulali.

6. Gulali

Camilan yang satu ini juga sempat populer saat itu. Makanan jadul ini masih dicari oleh penggemarnya karena variasi rasa dan bentuknya. Sayangnya, gulali sudah jarang terlihat akhir-akhir ini. Biasanya dijual di tempat-tempat wisata dan jarang terlihat untuk kita temukan, sehingga beberapa orang penjual gulali biasanya mematok harga lebih tinggi. Gulali ini bisa dibuat menjadi berbagai karakter dan model, misalkan bunga mawar merah, bintang laut, burung, love, lingkaran warna-warni, dll. Kreativitas adalah yang terpenting dalam hal ini.

7. Es Krim Ragusa

Saat memikirkan es krim, yang terlintas di benak Anda adalah rasa manis, segar, dan topping yang beraneka ragam. Namun, Anda bisa mencoba es krim jadul dari zaman Belanda. Es Krim Ragusa adalah idaman pecinta es krim jadul. Di Cafe Ragusa di Jakarta Pusat, Anda bisa mencicipi es krim legendaris ini dalam berbagai varian dan rasa.

8. Putu Mayang

Makanan jadul ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan berbagai warna dan dicetak seperti mie. Cara makannya dengan kuah santan atau gula merah. Makanan ini sudah ada pada masanya, namun seiring berjalannya waktu makanan ini sudah jarang dijual. Putu mayang ini merupakan hidangan yang disajikan pada sebuah acara kecuali acara-acara khusus.

9. Kembang Tahu

Makanan ini jarang ditemukan terutama di kota besar seperti Jakarta. Hidangan tahu disajikan dengan kuah gula merah yang dicampurkan dengan air jahe hangat. Dengan cara ini Anda mendapatkan rasa manis dan hangat setelahnya. Untuk itu, sebaiknya makan tahu ketika cuaca dingin atau hujan.

10. Kue Laba-laba

Camilan anak jenis ini terbuat olahan campuran tepung terigu, baking powder dan gula. Setelah itu, kita akan mencetak berbagai bentuk seperti sarang laba-laba dan bulat, matahari, dan lain-lain. Makanan jadul yang terkenal untuk camilan ini adalah jaring laba-laba. Itu sebabnya kue ini disebut kue laba-laba.

Inilah 10 makanan jadul yang jarang anda temukan belakangan ini yang mungkin bikin anda kangen. Bahkan, jika Anda ingin memakannya lagi, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Nah, jika Anda ingin menjadikan ini sebagai bisnis, bagaimana caranya? Bisakah Anda memilih jenis makanan yang bisa Anda jadikan bisnis? Buatlah sebuah kemasan yang dapat menarik dan penasaran calon konsumen Anda untuk mencoba makanan jadul yang kamu produksi. Jangan lupa untuk membuat nama brands sendiri yang berbeda dan memiliki ciri khas bisnis makanan jadul dengan menggunakan kemasan untuk membungkus camilan yang Anda produksi.

Menarik bukan berbisnis makanan jadul seperti ini. Mulailah mulai sekarang dan dapatkan penghasilan Anda sendiri dengan membuka usaha bisnis. Semoga bermanfaat.

Admin
Admin Direktur Kompas Jateng Update