Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENYEBAB MENSTRUASI PADA WANITA TIDAK TERATUR

Menstruasi ialah cara alami yang berlangsung pada wanita tiap bulannya. Akan tetapi, tidak sedikit wanita mendapati menstruasi yang tidak teratur, yakni siklus menstruasi jadi lebih lambat, melalui beberapa bulan, lebih cepat, maupun terlebih tidak berlangsung sama sekali. Menstruasi yang tidak teratur bisa sebagai indikasi  terdapatnya permasalahan kesehatan.

Faktor Menstruasi Tidak Teratur
Menstruasi Tidak Teratur Pada Wanita

Selanjutnya ini beberapa;

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur Pada Wanita

1. Masalah Hormon

Ketidakseimbangan hormon bisa  berdampak menstruasi tidak teratur maupun  tidak mulus. Salah satu penyebab mendasar menstruasi tidak teratur yakni hambatan pada hormon reproduksi semacam estrogen serta progesteron. Hormon ini bertanggung jawab guna mengontrol siklus menstruasi.

2. Kegiatan Jasmani Yang Berlebihan

Berolahraga yang sangat berat maupun kekurangan berat badan yang berlebihan bisa  berdampak siklus menstruasi jadi tidak teratur.

3. Stres

Situasi psikologis yang tidak stabil, semacam stress, bisa mengacaukan siklus menstruasi.

4. Penyakit Akut

Penyakit semacam sindrom ovarium polikistik, penyakit tiroid, serta diabet bisa berdampak menstruasi tidak teratur.

5. Penggunaan Obat-obatan

Sebagian obat-obatan bisa mengacaukan siklus menstruasi, semacam obat anti depresan, obat-obatan yang mempunyai kandungan steroid, obat-obatan guna memulihkan asma, serta tablet KB maupun obat-obatan yang mempunyai kandungan hormon, bisa berdampak menstruasi tidak teratur.

6. Penyakit Maupun Situasi Kesehatan

Sebagian penyakit maupun situasi kesehatan, semacam sindrom ovarium polikistik, fibroid, maupun kehamilan ektopik, bisa berdampak menstruasi tidak teratur.

7. Usia

Menstruasi tidak teratur serta kerap berlangsung pada wanita yang sedang menjadi anak muda serta wanita yang telah menopause. Mengatasi menstruasi tidak teratur bisa  menolong menghindari permasalahan kesehatan yang lebih serius di kemudian hari.

Menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi salahsatu kasus serius dari sebagian besar yang di alami oleh seseorang wanita, paling utama buat mereka yang lagi berupaya buat berbadan dua. Sebagian sebab yang bisa berdampak menstruasi tidak teratur antara lain: kekurangan alias kelebihan berat badan, tekanan pikiran, kecapekan, kegiatan jasmani yang kelewatan, serta pergantian hormonal.

Akan tetapi, menstruasi yang tidak teratur bisa dijadikan sebagai firasat terdapatnya kasus kesehatan yang lebih keras, semacam sindrom ovarium polikistik (PCOS) alias penyakit tiroid.

Menstruasi tidak teratur bukan cukup berlangsung pada tahun awal siklus menstruasi, tetapi serta dapat berlangsung di tahun-tahun selanjutnya. Tampak beberapa kategori menstruasi tidak teratur yang barangkali dirasakan oleh seseorang wanita, semacam  metrorrhagia, menometrorrhagia, oligomenorrhea, serta amenorrhea. Metrorrhagia yakni menstruasi yang tidak teratur dengan pendarahan yang banyak serta tidak rutin.

Apakah Yang Dimaksud Dengan Menometrorrhagia, Oligomenorrhea, dan Amenorrhea?

Menometrorrhagia yakni menstruasi yang tidak teratur dengan pendarahan yang banyak serta berlangsung dengan cara terus-menerus.

Oligomenorrhea yakni menstruasi yang tidak teratur dengan jeda durasi yang lebih lama dari sewajarnya.

Amenorrhea yakni kehilangan menstruasi selama lebih dari 3 bulan.

Pemicu menstruasi tidak teratur dapat bervariasi, mulai dari kasus hormon, kelebihan maupun  kekurangan berat badan, tekanan pikiran, sampai pemakaian kontrasepsi yang tidak sesuai.

Bagaimana Teknik Menanganinya?

Sebagian wanita boleh jadi mendapati menstruasi yang tidak teratur yang bisa diakibatkan oleh bermacam sebab.

Untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar, pertama-tama butuh diketahui penyebabnya. Apabila penyebabnya yakni hormonal imbalance maupun situasi kesehatan, sehingga  bisa jadi  dibutuhkan perawatan  medis. Apabila pemicunya yakni obat-obatan, bisa jadi dibutuhkan beralih ke kategori obat lain yang tidak berdampak kasus menstruasi. Apabila pemicunya yakni stress, maka teknik menanganinya yakni dengan berupaya mengelola stress dengan cara-cara semacam berolahraga, perenungan, maupun terapi.

Jika kamu mendapati menstruasi tidak teratur, hendaknya konsultasikan dengan dokter guna mengenal penyebabnya serta memperoleh pemulihan  yang tepat.

Admin
Admin Direktur Kompas Jateng Update