Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Pantai Parangtritis: Mitos, Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Rute

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta
Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta

Pantai ParangtritisSalah satu pantai tujuan para wisatawan baik dari daerah, luar daerah, hingga mancanegara ketika berkunjung di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis. Dikarenakan jarak dari Tugu Yogyakarta menuju Pantai Parangtritis sangat dekat hanya 29,7 km, maka tujuan ini menjadi destinasi utama wisatawan untuk datang ke Pantai Parangtritis. Apalagi pantai ini sudah menjadi ikon pariwisata jika berlibur ke Yogyakarta.

Menurut sumber yang saya kutip dari situs resmi Wikipedia, pada intinya Pantai Parangtritis ini masih memiliki nilai simbolis dimana antara Pantai Parangtritis dengan Keraton Yogyakarta, Tugu Yogyakarta, Panggung Krapyak, dan Gunung Merapi yang masih berhubungan erat yang bersifat magis menurut sumbernya.

Pantai selatan ini memiliki luas +- 951,2 ha lebih luas dibandingkan dengan Pantai di Gunungkidul. Menurut cerita dari masyarakat setempat, Pantai Parangtritis terletak di sebelah timur Pantai Parangkusumo dimana cerita ini sangat erat ada hubungannya dengan penguasa laut selatan yaitu Ny. Ratu Roro Kidul sehingga luas pantai tersebut lebih luas dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada di Yogyakarta.

Keindahan Daya Tarik Pantai Parangtritis

Keindahan daya tarik Pantai Parangtritis ketika wisatawan berkunjung ke Pantai tersebut hanya sekadar ingin menghabiskan masa waktu liburan atau bahkan ingin melihat proses matahari terbit di pagi hari dan matahari tenggelam. Jika ini tujuannya, lebih baik datanglah lebih pagi sebelum matahari terbit jika ingin melihat matahari terbit dengan udara pagi yang sejuk, sangat baik untuk kesehatan tubuh atau sore hari jika ingin melihat matahari tenggelam sehingga menambahkan keindahan dari Pantai Parangtritis.

Jika ingin melihat keseluruhan pesona Pantai Parangtritis dengan lebih dekat lagi, Anda bisa naik menuju Tebing Gembirawati yang letaknya ada di belakang tepat Pantai ini. Setelah naik ke Tebing Gembirawati, maka Anda akan melihat semuanya dari ujung ke ujung laut selatan yang tidak ada batasnya.

Lautan yang tidak ada batasnya tersebut, konon menurut masyarakat setempat mitos adanya pintu gerbang yang menuju kerajaan gaib Ny. Ratu Roro Kidul penguasa kerajaan Pantai Selatan sangat dipercaya. Mitos tidak diperbolehkan pengunjung wisata menggunakan baju berwarna hijau sudah menjadi perbincangan masyarakat sekitanya dan diyakini jika ada pengujung yang menggunakan baju berwarna hijau akan dibawa oleh penguasa Pantai Selatan Ny. Ratu Roro Kidul melalui gulungan ombaknya sampai diseret menuju pintu gerbang gaib kerajaan Pantai Selatan.

Olehkarena itu, masyarakat setempat menghimbau seluruh pengunjung Pantai Parantritis ketika datang, diharapkan untuk menghargai adat istiadat yang sudah di yakininya.

Fasilitas dan Tarif Sewa di Pantai Parangtritis

Selain ingin tahu sejarah mitos di masyarakat atau ingin melihat matahari terbit dan matahari terbenam, ada daya tarik Pantai Parangtritis lainnya yang menjadikan aktivitas wisatawan selama di Pantai sangat berkesan. Salah satu fasilitas yang di sediakan secara gratis yaitu Pantai Pasir Hitam, Tempat Sampah, Mushola, Aktivitas Olahraga, Bermain Gulungan Ombak Pantai di pinggiran, Bermain Layangan, bahkan hanya sekadar duduk di sekitaran Pantai menikmati suasana dan keindahan Pantai Parangtritis.

Selain itu, Pantai Parangtritis menyediakan fasilitas umum seperti Kamar Bilas, Toilet dan Kolam Renang dengan mengeluarkan biaya yang sangat murah. Selain fasilitas umum, ada rumah makan disekitaran Pantai tersebut jika ingin mengisi perut setelah seharian melakukan aktivitas di Pantai Parangtritis.

Jika dirasa aktivitas tersebut seperti biasa-biasa saja, Pantai Parangtritis juga menyediakan fasilitas penyewaan seperti motor ATV, Kuda, bahkan sewa Andong untuk melihat pesona Pantai Parangtritis dari ujung ke ujung tanpa capek harus berjalan kaki. Biaya sewa ATV untuk sekali perjalanan yaitu Rp 50 ribu rupiah per setengah jam (data biaya sewa ATV per 20 Februari 2023) bahkan jika lebih dari itu akan dikenakan tarif tambahan.

Jika Anda tidak dapat mengoperasikan ATV tersebut, ada alternatif lain yang bisa Anda gunakan yaitu sewa Andong. Biaya sewa Andong ini sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dikarenakan adanya penyewaan mobil ATV tersebut yang tadinya 50 ribu rupiah sekarang menjadi 25-30 ribu rupiah untuk satu putaran yang berjarak hanya 1 km dengan jumlah penumpang 2 dewasa 1 anak kecil. Tentu dengan menaiki Andong ini, Anda dapat sambil berfoto mengambil spot-spot Pantai Parangtritis yang cantik.

Lantas bagaimana jika Anda datang ke Pantai Parangtritis hanya sendirian atau bersama pacarnya? Tidak usah kwatir, fasilitas Pantai Parangtritis sudah menyedia untuk sewa Kuda apabila ingin melakukan aktivitas selama di Pantai dengan didampingi oleh pemilik kuda jadi sudah dipastikan aman selama beraktivitas. Tarif sewa Kuda ini terakhir kunjungan saya sebesar 50 ribu rupiah untuk sekali putaran saja seperti sewa Andong, bahkan jika ingin berjalan selama 2 km maka wisatawan hanya membayar 90 ribu rupiah.

Selain fasilitas yang tersedia di Pantai Parangtritis, terdapat penginapan dengan harga yang relatif terjangkau seperti losmen sehingga Anda bisa beristirahat dan menunggu tenggelamnya matahari di waktu sore hari.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Parangtritis

Melihat antusias wisatawan untuk berwisata ke Pantai Parangtritis, maka pihak pengelola memberikan biaya tiket masuk ke Pantai Parangtritis sebesar 10 ribu rupiah. Dengan biaya sekian, tentunya tidak akan membuat kecewa wisatawan yang sudah pernah datang ke Pantai Parangtritis ini. Terbukti banyak wisatawan baru dan lama yang berkunjung ke Pantai tersebut.

Biaya tiket masuk tersebut tidak hanya digunakan untuk Pantai Parangtritis saja, akantetapi sudah termasuk destinasi wisata lainnya seperti Pantai Depok, Gumuk Pasir, dan masih banyak lainnya.

Rute ke Pantai Parangtritis dari Lokasi Anda Sekarang

Kemajuan teknologi dibidang IT sangat memudahkan semua orang untuk melakukan semua aktivitas. Salah satu contohnya ketika mencari rute ke Pantai Parangtritis dari lokasi Anda sekarang ini, bisa Anda temukan lokasinya menggunakan bantuan Google Maps yang sudah tersedia pada setiap handphone berbasis Android maupun Iphone. Jadi jika Anda ingin menuju ke Pantai Parangtritis, silahkan gunakan rute perjalanan yang sudah kami sediakan dibawah ini dan posisi ini sudah kami optimasi sesuai lokasi Anda sekarang dan tujuannya menuju Pantai Parangtritis. Berikut Rute ke Pantai Parangtritis dari Lokasi Anda Sekarang:

Demikianlah informasi yang bisa Kami tuliskan. Semoga informasi ini dapat bermafaat untu Anda yang berencana ingin berwisata atau berlibur ke Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Temukan tempat wisata lainnya di kategori Pantai. Terima kasih.

Admin
Admin Direktur Kompas Jateng Update