Kumpulan Rekomendasi Mobil Tua Hemat BBM dan Tips Merawat Mobil Tua Agar Tetap Prima

Mobil Tua

Kompasjatengupdate.com - Sudah pasti mobil tua memang terlihat keren, namun perawatannya juga memerlukan usaha ekstra. Terlebih lagi, mobil yang telah berusia melebihi 10 tahun biasanya memiliki masalah yang berbeda dibanding dengan mobil baru. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil tua, wajib sekali Anda harus memperhatikan beberapa hal penting dalam merawat mobil Anda tetap prima agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

Mobil tua dengan spesifikasi hemat bahan bakar dan murah perawatan merupakan pilihan yang tepat bagi sebagian banyak orang yang berkeinginnan memiliki mobil akantetapi memiliki keterbatasan dalam anggarannya. Mobil tua yang dirawat dengan baik dapat memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi pemilik mobil itu.

Namun, perlu diingat bahwa mobil tua itu juga memiliki beberapa kelemahan seperti risiko kerusakan yang lebih tinggi dan kurangnya fitur keamanan dan kenyamanan yang modern. Oleh karena itu, sangat penting memahami perawatan mobil tua yang tepat untuk menjaga mobil tetap terawat dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mobil tua murah adalah pilihan paling tepat bagi orang yang ingin memiliki kendaraan pribadi dengan biaya yang lebih terjangkau. Mobil tua itu umumnya memiliki harga yang lebih rendah dibanding dengan mobil baru, karena usia dan kondisinya yang sudah tidak lagi baru. Namun, harga yang lebih rendah ini juga tidak berarti mobil tua murah selalu buruk dan tidak layak untuk digunakan.

Dengan perawatan yang baik dan teratur, mobil tua murah dapat tetap berfungsi dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebagai tambahan, punya mobil tua murah juga dapat memberikan manfaat ekonomi jangka panjang bagi pemiliknya sebab harga mobil tua umumnya murah, lebih stabil dan tidak mengalami penurunan nilai yang signifikan seperti mobil baru. Pastinya cari mobil tua murah dapat ditemukan dengan mudahnya melalui pasaran mobil bekas atau dalam iklan jual beli online.

Harga mobil tua tersebut sudah pasti sangat bervariasi tergantung pada kondisi mobil, usia, merek, dan model. Kondisi dari mobil tua yang terawat dengan baik dan jarang digunakan biasanya memiliki harga purna jual yang lebih tinggi dibandingi mobil tua yang sering digunakan dan tidak terawat dengan baik. Sebagai gambaran, harga mobil tua disini (Indonesia) dapat dimulai dari sekitar 10 jutaan hingga ratusan juta rupiah, tergantung pada merek dan kondisi mobil.

Namun, sebagai pembeli, perlu diingat bahwa membeli mobil tua dengan harganya yang terlalu murah juga dapat membawa risiko. Mobil tua dengan harganya yang terlalu murah mungkin memiliki kondisi yang buruk dan memerlukan biaya perbaikan yang besar. Selain itu, mobil tua yang menjual dengan harga yang terlalu murah juga bisa menjadi target pencurian atau pemalsuan dokumen.

Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih dan membeli mobil tua tersebut dengan harga yang murah, pastikan untuk melakukan pengecekan dan tes berkala oleh mekanik terpercaya untuk memastikannya kondisi mobil dan menentukan apakah mobil tersebut layak untuk dibeli. Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa dokumen mobil, seperti surat kendaraannya, STNK, dan BPKB untuk menghindari masalah di kemudian harinya.

KUMPULAN MOBIL TUA HEMAT BBM, PERAWATAN MURAH MUDAH

Toyota Starlet

Berawal dari sejarah mobil tersebut. Toyota Starlet memiliki sejarah panjang sebagai mobil ukuran sedang yang populer pada waktu itu di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Mobil ini sangat handal dan mudah dikendarai, serta memberikan performa mesin yang cukup bertenaga dan pastinya irit bahan bakar. Karena popularitasnya yang tinggi, sampai sekarang ini Toyota Starlet yang masih banyak beredar di Indonesia dan menjadi prioritas pilihan bagi mereka anak muda yang ingin mencari mobil yang handal, tahan lama, dan pastinya mudah perawatannya.

Mobil ini sekarang menjadi sangat populer di Indonesia mulai pada tahun 80an hingga awal 90an, terutama karena ukurannya yang kecil, murah, hemat bahan bakar, dan mudah dikendarai.

Terakhir Toyota Starlet diluncurkan di tahun 1995 dan berakhir pada tahun 1999. Model ini memilik bentuki desain yang lebih modern serta dibekali dengan mesin 1.0 liter atau 1.3 liter dengan 2 pilihan transmisi yaitu transmisi manual 5-speed atau automatic 4-speed. Toyota Starlet sangat populer di Indonesia, terutama pada tahun 1980-an hingga awal 1990-an, dan menjadi salah satu beberapa mobil pilihan untuk dipakai keluarga kecil yang mencari mobil murah, hemat bahan bakar, dan mudah dikendarai.

Konsumsi BBM Starlet bergantung pada tipe mesin dan tahun produksi mobil tersebut. Sebagai mobil kompak dengan mesin kecil, mobil Starlet dikenal sebagai mobil irit bahan bakar. Namun, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi BBM pada Toyota Starlet, antara lain kondisi jalan, beban mobil, dan cara mengemudi.

Pada umumnya, konsumsi BBM Starlet dengan mesin 1.0 liter dapat mencapai konsumsi BBM sekitar 14-16 km/liter untuk penggunaan dalam kota, dan sekitar 18-20 km/liter untuk penggunaan di jalan tol. Sementara itu, Toyota Starlet dengan mesin 1.3 liter atau 1.5 liter biasanya memiliki konsumsi BBM sekitar 12-14 km/liter untuk penggunaan dalam kota, dan sekitar 16-18 km/liter untuk penggunaan di jalan tol.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi BBM dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti kondisi jalan, beban mobil, dan cara mengemudi. Ketika berkendara di jalanan yang ramai dan padat, atau ketika membawa beban yang berat, konsumsi BBM Toyota Starlet akan lebih tinggi. Begitu juga ketika mengemudi dengan kecepatan tinggi, konsumsi BBM akan lebih boros.

Meski begitu, Toyota Starlet tetap dikenal sebagai mobil yang cukup irit bahan bakar dan hemat biaya perawatan. Dengan perawatan yang baik dan berkala, mobil ini selain menghemat biaya perawatan, sudah pasti performanya lebih handal dan menghemat biaya pengeluaran untuk BBM.

Honda Civic Wonder

Honda Civic Wonder Modifikasi
Honda Civic Wonder

Selain Toyota Starlet, mobil ini termasuk satu sekian mobil legendaris Honda di Indonesia. Honda Civic Wonder diluncurkan pertama kali di Indonesia pada tahun 1984 dan langsung menjadi mobil Honda civic 80an yang sangat populer karena memiliki desain yang sporty dan inovatif. Pada awal kemunculannya, Honda Civic Wonder merupakan mobil MPV yang sangat futuristik dan modern dengan teknologi canggih yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Kini, Honda Civic Wonder 80an sudah menjadi kendaraan klasik yang banyak dicari oleh para penggemar otomotif.

Sejak itu, Honda Civic 80a telah menjadi satu dari sekian mobil paling populer di dunia dengan penjualan yang mencapai jutaan unit di berbagai negara. Mobil ini dikenal sebagai mobil yang handal, efisien, dan memiliki performa yang baik.

Honda Civic 80an hadir dalam berbagai tipe mesin, mulai dari 1.0 liter hingga 2.0 liter dengan tenaga berkisar antara 100 hingga 310 horsepower. Tipe mesin yang lebih kecil seperti 1.0 liter dan 1.5 liter biasanya lebih irit bahan bakar daripada tipe mesin yang lebih besar. Honda Civic wonder juga hadir dengan beberapa opsi transmisi, mulai dari manual hingga otomatis.

Berapa Kisaran Harga untuk Honda Civic Wonder?

Berikut kisaran harga mobil bekasnya di pasaran saat ini sangat bervariasi tergantung dari kondisi, tahun produksi, dan lokasi penjualan.

  • Honda Civic Wonder generasi pertama yang diproduksi sekitar tahun 1984 hingga 1987, harganya berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 35 juta.
  • Honda Civic Wonder generasi kedua yang diproduksi sekitar tahun 1987 hingga 1991, harganya berkisar antara Rp 30 juta hingga Rp 45 juta.
  • Honda Civic Wonder generasi ketiga yang diproduksi sekitar tahun 1991 hingga 1995, harganya berkisar antara Rp 40 juta hingga Rp 60 juta.

Namun, harga tersebut bisa berbeda tergantung dari kondisi mobil, mesin, cat, dan beberapa faktor lainnya. Untuk itu, sebelum membeli mobil Honda Civic Wonder bekas, pastikan untuk memeriksa dengan teliti kondisi mobil dan mencari informasi harga pasar yang terbaru.

Toyota Corolla DX

Corolla DX Modifikasi
Toyota Corolla DX Modifikasi

Dalam sejarahnya, mobil Corolla telah menjadi salah satu mobil legendaris yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Keandalan, kenyamanan, dan performa mobil ini menjadi alasan mengapa mobil Corolla tetap dicari dan menjadi pilihan banyak orang hingga tahun 2023.

Mobil ini telah diproduksi sejak tahun 1966 dan telah menjadi salah satu mobil terlaris di dunia dengan penjualan lebih dari 44 juta unit mobil di seluruh dunia sampai saat ini. Sejak diluncurkan pertama kalinya pada tahun 1966, Toyota Corolla telah melalui banyak perubahan dan pengembangan, baik dari segi desain, performa, fitur, dan teknologi. Mobil Corolla produksi pertamanya yang diluncurkan waktu itu memiliki desain yang sederhana dan terkesan klasik. Namun, seiring perkembangan zaman, Toyota Corolla DX mengalami perubahan desain yang lebih modern dan sporty.

Bahkan, Toyota Corolla DX juga dikenal sebagai mobil irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Konsumsi bahan bakar mobil Corolla DX ini cukup efisien, meskipun tidak termasuk yang paling hemat di kelasnya. Menurut data resmi dari Toyota, mobil Corolla DX dengan mesin 1.3L mampu menempuh jarak sekitar 11-12 km dengan 1 liter bahan bakar untuk kondisi perkotaan. Sementara itu, untuk penggunaan di jalan tol atau luar kota, konsumsi bahan bakar Corolla DX bisa mencapai 15-16 km dengan 1 liter bahan bakar.

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi bahan bakar mobil Corolla DX ini dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kondisi jalan, kepadatan lalu lintas, beban yang ditanggung mobil, dan juga gaya berkendara pengemudi. Oleh karena itu, agar bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, sebaiknya melakukan perawatan mobil secara rutin, memilih rute yang lebih lancar dan meminimalisir kecepatan, serta menjaga kecepatan mesin agar tidak terlalu tinggi.

Isuzu Panther

Isuzu Panther
Isuzu Panther

Mobil ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 dan telah melewati beberapa perubahan pada desain dan fiturnya selama masa produksi. Isuzu Panther dipasarkan di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya.

Isuzu Panther terkenal sebagai kendaraan yang tangguh dan dapat diandalkan untuk digunakan dalam berbagai kondisi. Isuzu Panther juga dikenal memiliki performa yang cukup baik. Mesin yang digunakan pada Isuzu Panther adalah mesin diesel dengan kapasitas 2.5L atau 2.8L tergantung pada varian mobilnya. Mesin diesel tersebut diakui sebagai mesin yang tahan lama dan hemat bahan bakar.

Untuk Isuzu Panther dengan mesin diesel 2.5L, konsumsi BBM dalam kondisi normal dapat mencapai sekitar 12-13 km/liter. Namun, jika digunakan dalam kondisi jalan yang berat, seperti saat melintasi pegunungan atau saat membawa muatan yang berat, konsumsi BBM dapat menurun hingga sekitar 8-9 km/liter.

Sementara itu, Isuzu Panther dengan mesin diesel 2.8L memiliki konsumsi BBM yang sedikit lebih boros dibandingkan dengan mesin diesel 2.5L. Konsumsi BBM Isuzu Panther dengan mesin diesel 2.8L dalam kondisi normal dapat mencapai sekitar 10-11 km/liter. Namun, jika digunakan dalam kondisi jalan yang berat atau membawa muatan yang berat, konsumsi BBM dapat menurun hingga sekitar 7-8 km/liter.

Meskipun konsumsi BBM Isuzu Panther cenderung lebih hemat dibandingkan dengan kendaraan sekelasnya, namun tetap disarankan untuk mengatur gaya berkendara yang efisien serta melakukan perawatan mobil secara rutin agar konsumsi BBM tetap optimal.

Isuzu Panther juga dilengkapi dengan sistem suspensi yang nyaman sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan aman.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Sedan Tua Murah yang Berkualitas

TIPS MERAWAT MOBIL TUA

Setelah membeli mobil tua murah, perawatan yang baik dan teratur sangat diperlukan agar mobil tetap dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Beberapa tips perawatan mobil tua murah yang dapat dilakukan antara lain:

Periksa Secara Berkala

Periksa kondisi mobil Anda secara berkala, terutama jika mobil tersebut sudah berusia tua. Periksa kondisi mesin, kelistrikan, rem, dan juga suspensi. Jika ditemukan masalah, segera bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki.

Ganti Oli Secara Rutin

Ganti oli secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang dianjurkan oleh produsen mobil. Penggunaan oli yang sudah kotor atau kering dapat merusak mesin mobil dan menyebabkan berbagai masalah lainnya. Pastikan juga untuk memilih oli yang sesuai dengan jenis mesin mobil Anda.

Berapa KM Ganti Oli Mobil Tua?

  • Seperti pada umumnya mobil baru maupun mobil tua, paling ideal penggantian oli mesin dilakukan jika jarak tempuhnya telah mencapai 10.000 KM menurut data informasi dari Tunas Toyota. Akantetapi lebih baik jika Anda melakukan penggantian oli mesin tersebut setiap 5.000 KM atau 6 bulan sekali apabila jarak tempuhnya tidak tercapai. Semua itu kami kembalikan pilihan tersebut ke Anda sendiri kapan dan waktu yang tepat melakukan penggantian oli mesinnya.

Perhatikan Suhu Mesin

Mobil tua cenderung lebih cepat panas karena umurnya yang sudah tua. Perhatikan suhu mesin mobil Anda dan pastikan untuk tidak mengendarai mobil terlalu lama tanpa berhenti. Jangan lupa untuk selalu membawa air radiator yang cukup agar mesin tetap terjaga suhunya.

Perawatan Eksterior

Jangan lupa untuk merawat bagian eksterior mobil Anda. Bersihkan mobil secara rutin dan hindari terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Gunakan produk pembersih dan pelindung cat mobil yang berkualitas untuk menjaga tampilan mobil Anda tetap terlihat baik.

Pilih Bengkel yang Terpercaya

Pilih bengkel yang terpercaya untuk merawat mobil tua Anda. Bengkel yang terpercaya akan memberikan layanan terbaik untuk mobil Anda dan juga memberikan solusi jika terdapat masalah. Jangan mudah tergiur dengan biaya yang murah, karena bisa jadi kualitas pelayanannya kurang baik.

Dalam menentukan bengkel mobil tua yang tepat, pastikan untuk mempertimbangkan reputasi, pengalaman, keterampilan, serta ketersediaan suku cadang dari bengkel tersebut. Jika Anda sedang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, ada bengkel terpercaya yang bias Anda jadikan rujukan. Berikut rute perjalanan menuju Bengkel Mobil Pak Budi:

Dengan memperhatikan 5 hal di atas, Anda dapat merawat mobil tua Anda dengan baik dan tetap dapat berfungsi dengan baik. Selamat merawat mobil Anda!

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.