Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 BUAH YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

Wanita yang sedang hamil seharusnya memperhatikan buah yang baik untuk ibu hamil untuk memenuhi nutrisi tubuhnya termasuk nutrisi dari buah-buahan. Buah memiliki peranan penting terutama untuk wanita yang sedang hamil karena buah-buahan memiliki berbagai macam nutrisi yang dihasilkan seperti vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang tumbuh kembangnya janin agar optimal. Selain untuk pertumbuhan janin, buah juga bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil agar tetap prima dan mencegah hal yang buruk terjadi pada ibu hamil dan janinnya. Salah satu buah-buahan yang berserat memiliki manfaat untuk ibu hamil karena kandungannya dapat mencegah sembelit yang sering dialami oleh ibu hamil pada umumnya. Banyaklah mengkonsumsi buah-buahan pada masa kehamilannya supaya janin tumbuh dengan sempurna dan untuk ibu hamil akan terjaga kesehatannya.

BUAH YANG BAIK UNTUK IBU HAMIL

Melihat manfaatnya sangat besar terutama untuk ibu hamil dan janin, berikut 5 macam buah yang baik untuk ibu hamil yang banyak direkomendasikan oleh para dokter kandungan.

1. Apel

Buah apel yang memiliki kandungan serat sebanyak 3-4 gram per-biji merupakan buah yang baik dan banyak para dokter yang mengajurkan mengkonsumsi buah apel ini terutama untuk ibu hamil. Serat yang dihasilkan dari buah apel ini berguna untuk memperlancar pencernaan sehingga sangat efektif mencegah/mengatasi susah air besar yang dialami sebagian besar wanita yang sedang hamil. Orang yang sedang diare dapat diobati dengan mengkonsumsi buah apel. Dengan beberapa manfaat diatas, buah apel merupakan buah pilihan terbaik yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan.

2. Pisang

Selain buah apel yang memiliki serat dan berguna untuk pencernaan, buah pisang juga memiliki peranan penting di masa kehamilan. Kandungan nutrisi buah pisang mengandung asam folat tinggi, Vitamin B6, Vitamin C, Magnesium dan Kalium yang diperlukan oleh ibu hamil dan janin untuk tumbuh kembang. Asam folat yang terkandung pada buah pisang berguna untuk perkembangan otak janin agar tumbuh cerdas. Apabila pada masa kehamilan anda kekurangan asam folat, kemungkinan besar janin anda akan menderita Anencephaly. Yang dimaksud dengan Anencephaly yaitu kondisi otak janin tidak berkembang dan terbentuk dengan sempurna yang diakibatkan kekuarangan nutrisi asam folat.

3. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan nutrisi yang sama yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan otak janin yaitu berupa asam folat yang tinggi. Asam folat yang dihasilkan dari buah alpukat setidaknya 20 mcg asam folat setiap 100 gram buah alpukat. Mengkonsumsi buah alpukat berguna untuk mencegah janin dari anencephaly dan berguna untuk pertumbuhan tulang belakang janin di trimester awal kehamilan. Manfaat dari asam folat yang terdapat dalam kandungan buah alpukat yaitu menurunkan risiko anemia, depresi, insomnia serta penyakit preeclampsia. Kandungan nutrisi lainnya dari buah alpukat yaitu Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin K dimana semua vitamin ini sangat dibutuhkan terutama untuk ibu hamil dan janin selama masa kehamilan.

4. Mangga

Kebanyakan wanita yang sedang hamil biasanya menginginkan buah mangga. Beruntunglah anda kalau Ngidam buah mangga ini, pasalnya buah mangga ini memiliki rasa manis dan asam dan yang paling terpenting yaitu nutrisi yang didapat dari buah mangga tersebut yang berguna untuk ibu hamil di masa kehamilannya seperti vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, Serat dan Antioksidan. Antioksidan dari buah mangga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuhnya (fungsi pertahan tubuh) agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat berisiko oleh ibu hamil dan janin. Selain itu seperti Vitamin C dan serat dari buah mangga bermanfaat untuk memperlancar proses pencernaan sehingga mencegah sembelit (susah buang air besar) yang sering dialami oleh ibu hamil.

5. Jambu Batu

Buah jambu batu ini kebanyakan dikonsumsi seseorang yang sedang terkena penyakit demam berdarah dimana buah jambu batu itu berfungsi sebagai penambah trombosit. Namun ternyata buah ini bermanfaat juga untuk ibu hamil yaitu untuk mengurangi rasa mual dan muntah yang sering dialami di masa kehamilannya. Selain itu manfaat dari buah jambu batu adalah membantu proses pencernaan serta membantu perkembangan saraf pada janin agar terbentuk dengan  sempurna. Mengkonsumsi buah jambu batu yang baik yaitu dengan cara dijadikan jus kemudian diminum. Dengan sering mengkonsumsi buah jambu batu secara rutin selama masa kehamilan maka janin anda akan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menyerang imunitas dari ibu hamil dan janin serta mengurangi risiko dari kekurangan nutrisi.

Demikian beberapa ulasan manfaat dari 5 buah yang baik untuk ibu hamil.