Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENGATASI MUAL SAAT HAMIL

Tips Mengatasi Mual Saat Hamil

Rasa mual dan muntah banyak dialami sebagian umum oleh ibu hamil, bahkan rasa mual ini dijadikan sebagai salah satu tanda-tanda awal kehamilan secara alami. Masalah mual dan muntah biasanya dialami pada saat trimester pertama kehamilan, terutama kehamilan pertama. Mual dan muntah dalam istilah kedokteran sering dikenal sebagai morning sickness.

Apakah yang dimaksud dengan morning sickness?

Morning sickness merupakan pertanda normal kehamilan yang ditandai dengan mual serta muntah. Itu dapat berlangsung kapan dan dimana saja sepanjang hari, namun setidaknya morning sickness kerap berlangsung di pagi hari pada ibu hamil di trimester pertama. Morning sickness tidak serius untuk anak kecil serta umumnya hilang dengan sendirinya pada akhir trimester awal.

Pemicu pasti morning sickness belum diketahui, tetapi diprediksi terpaut dengan kenaikan hormon sepanjang kehamilan. Aspek lain yang mampu menimbulkan mual di pagi hari termasuk perut kosong, bau serta rasa masakan spesifik serta mabuk perjalanan.

Morning sickness mampu berkisar dari ringan sampai berat serta mampu diikuti dengan pertanda lain semacam pusing, sakit kepala, serta kecapekan. Walaupun tidak terdapat obat buat morning sickness, ada sebagian perihal yang mampu dijalani ibu hamil guna menolong meringankan tanda-tandanya. Ini termasuk makan kecil, selalu menghindarkan masakan yang beraroma tajam maupun pedas, serta banyak istirahat. Sebagian wanita merasa senang dengan memanfaatkan jahe dalam wujud sirup jahe, teh jahe, maupun permen jahe. Akupunktur serta akupresur juga teruji efektif dalam mengurangi morning sickness pada sebagian masalah.

TIPS MENGATASI MUAL SAAT HAMIL
Wanita Hamil 8 Bulan

Apabila mual di pagi hari sudah kronis serta terus-menerus, penting untuk di konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan. Dalam masalah yang sedikit berlangsung, mual di pagi hari yang kronis mampu menimbulkan malnutrisi serta kehilangan cairan tubuh, yang mampu mencelakakan ibu serta bayinya.

Rasa mual dan muntah ini akan hilang dengan sendirinya sesudah memasuki trimester kedua dan ketiga. Meski rasa mual dan muntah ini di nilai normal dan wajar yang dialami oleh ibu hamil, masalah ini akan mengganggu aktivitas keseharian. Rasa mual dan muntah ini biasanya terjadi saat ibu hamil mencium bau makanan, termasuk nasi yang biasanya di konsumsi. Untuk mengatasi masalah tersebut, saya sudah mempunyai solusi yang harus anda lakukan.

Inilah Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

1. Konsumsi Gizi Seimbang 

Dalam mengkonsumsi gizi yang seimbang untuk mengatasi rasa mualnya, pilihlah makanan yang tinggi akan karbohidrat dan protein karena kedua nutrisi tersebut sangat berperan dalam proses kehamilan dan wajib anda penuhi jika ingin hamil dengan sehat. Konsumsi juga buah-buahan dan sayuran sebagai pelengkapnya dan makanlah sesuai porsi, karena setiap orang memiliki kapasitas porsi makan yang berbeda-beda. Makanlah sedikit tapi sering untuk mencegah perut kosong dengan menstabilkan kadar gula darah pada tubuh.

2. Bergerak Perlahan

Jangan terburu-buru saat bangun pagi, duduklah sebentar diatas tempat tidur terlebih dahulu dan mulailah berdiri pelan-pelan dan turun dari tempat tidur agar mengurangi memicu rasa mual datang kembali. Apabila rasa mual ini sudah muncul, anda bisa mengatasinya dengan ramuan tradisional yang saya bahas disini : “RESEP HERBAL MENGATASI MUAL SAAT HAMIL” 

3. Hindari Pemicu Mual

Setiap ibu hamil memiliki hal-hal tertentu yang dapat memicu rasa mual seperti parfum atau makanan yang berbau tajam.

4. Konsumsi Jahe

Dengan mengkonsumsi jahe yang merupakan pengobatan tradisional, dengan mengkonsumsi jahe merupakan pilihan tepat untuk saat ini. Karena jahe dapat mengurangi rasa mual. Konsumsilah jahe menurut selera anda misalkan dibuat minuman atau langsung dikunyah.

Kesimpulannya

Mual di pagi hari merupakan pertanda kehamilan yang normal dan  umumnya, tidak serius yang mampu diatur dengan mengganti gaya hidup serta pengobatan rumahan. Apabila indikasinya masuk kedalam kondisi kronis, penting untuk segera mencari pertolongan medis.

Demikian beberapa tips mengatasi mual saat hamil yang bisa saya sampaikan. Baca artikel saya selanjutnya ya..mksh