Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Mobil Pribadi

Info Terbaru Mudik Lebaran 2022
Kondisi Jalan Menjelang Mudik Lebaran 2022

Magelang, Kompas Jateng Update - Menjelang datangnya hari lebaran beberapa hari kedepan, banyak para perantau yang hendak melakukan perjalanan mudik lebaran bersama keluarga untuk bersilaturahmi ke sanak saudaranya. Sebelum melakukan perjalanan, ada baiknya Anda mempersiapkan terlebih dahulu sejumlah peralatan pendukungnya supaya selama perjalanan tetap sehat dan selamat sampai ditujuan. Peralatan pendukung tidak hanya melingkupi perawatan mobil dan pengemudi tetapi harus mempersiapkan peralatan pendukung lainnya seperti yang di tuliskan pada pembahasan kali ini.

Persiapan Perlengkapan Mobil Menjelang Mudik Lebaran 2022:

Kondisi Ban dan Kunci Dongkrak

Pemilihan ban yang tepat sesuai spesifikasi standar pabrikan sangat direkomendasikan, seperti yang sudah dijelaskan di blog ini tentang Tips Memilih Ukuran Ban Mobil. Perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan juga kondisi ban dari segi ketebalan, tekanan angin ban, dan tahun produksi ban karena ban yang direkomendasikan menurut Auto2000 maksimal pemakaian ban selama lima tahun, selebihnya itu disarankan untuk menggantinya walaupun kondisi ban masih terlihat tebal sekalipun.

Selain mempersiapkan kondisi ban, peralatan yang satu ini wajib ada di mobil Anda yaitu Kunci lengkap dengan dongkraknya. Kunci dongkrak dipergunakan saat darurat mengganti ban mobil ketika selama perjalanan mengalami pecah ban saat peralanan mudik lebaran kali ini. Gunakanlah kunci dongkrak yang sudah dibawakan dari pabrikan kendaraan Anda, sebab dongkrak bawaan pabrik sudah cukup untuk mengganti ban mobil Anda.

Kedua peralatan itu memang seharusnya dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik kali ini. Saran dari kammi jika selama perjalanan terjadi kebocoran ban dan harus menggunakan ban cadangan, alangkah baiknya setelah mengganti ban segera berjalan kembali mencari bengkel tambal ban terdekat, karena sesungguhnya ban cadangan itu digunakan saat terjadi Emergency saja selama perjalanan.

Persiapkan Toolkit

Toolkit merupakan tempat penyimpanan perkakas yang berisikan peralatan kunci yang dibutuhkan ketika terjadi darurat yang mengharuskan dilakukan perbaikan selama perjalanan. Sebelum berangkat, pastikan peralatan yang dibawa tidak ada yang tertinggal termasuk senter jika digunakan saat malam hari dipakai untuk penerangan. Pastikan juga penempatan Peralatan Toolkit tersebut ditempatkan pada tempat yang tepat.

Perlengkapan Navigasi

Fungsi Peralatan Navigasi disini sebagai petunjuk arah perjalana saat mudik lebaran pulang ke kampung halaman agar tidak salah arah atau mendapatkan jalan alternatif untuk menghindari kemacetan yang cukup panjang. Dengan menggunakan peralatan navigasi, pemudik akan diberikan rute mulai yang terdekat hingga rute perjalanan yang terhindar dari kemacetan sehingga Anda akan tiba tepat waktu sesuai rencana. Peralatan navigasi sudah banyak terjual di marketplace dengan harga yang cukup terjangkau tetapi menggunakan navigasi smartphone sudah cukup mudah untuk digunakan menemani perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Perlengkapan Kotak P3K

Kondisi kesehatan merupakan prioritas utama dan dianjurkan oleh Pemerintah bahwa setiap pemudik wajib dalam kondisi sehat entah itu penumpang maupun pengemudinya agar perjalanan mudik lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan selamat sampai tujuan. Sebagai pendukung kesehatan tersebut, maka setiap pengemudi diharuskan membawa perlengkapan Kotak P3K dalam kendaraannya. Ketika ada keluarga kita yang sedang tidak baik kesehatannya, Kotak P3K ini sangat dibutuhkan untuk pengobatan sementara selama diperjalanan mencari tempat berobat terdekat.

Kunci Pengaman Tambahan

Kunci kemanan pada kendaraan memang sangat penting untuk mencegah tindak kejahatan saat kita parkir di rest area untuk sekadar kopi, istirahat, maupun sholat selama perjalanan mudik lebaran 2022. Kunci keamanan tambahan yang bisa digunakan yaitu bisa menggunakan Kunci Setir dan Gps Tracker.

Gps Tracker digunakan untuk memantau posisi mobil Anda jika terjadi tindak pencurian. Gps Tracker untuk tahun 2022 ini sudah sangat canggih, fungsinya tidak hanya memantau posisi mobil Anda tetapi dapat mematikan mesin dari jarak jauh, mendengarkan pembicaraan orang didalam mobil, dan dapat melihat konsumsi BBM yang digunakan beserta kecepatan rata-rata yang dikendarai oleh pencuri tersebut sehingga kejadian ini dapat diatasi dengan cepat.

Demikian beberapa peralatan yang harus disiapkan untuk Panduan Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Mobil Pribadi. Semoga perjalanan Anda bersama keluarga berjalan lancar selamat sampai tujuan.

Post a Comment for "Panduan Mudik Lebaran 2022 Menggunakan Mobil Pribadi"