Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[ Tips Merawat Mobil ] Tips Merawat Mobil Ketika Musim Hujan Agar Kondisi Tetap Prima Saat Dikendarai

Tips Merawat Mobil Toyota Calya

Simak Beberapa Tips Merawat Mobil Ketika Menghadapi Musim Hujan 

Magelang, KOMPAS Otomotif – Merawat mobil ketika musim hujan sudah seharusnya sebagai pemilik mobil untuk merawat mobil saat musim hujan supada tidak kusam. Sudah pasti sebagai pemilik mobil tentu ingin merawat warna cat mobil agar tetap mengkilap salahsatunya dengan segera lekas membilas menggunakan air bersih setelah terkena air hujan. Jangan biarkan air hujan sampai kering sendiri ya Sahabat KOMPAS Otomotif, karena dampak yang ditimbulkan berbagai macam seperti cat bodi mobil berjamur hingga berkarat. Jadi jangan biarkan warna cat mobil jadi kusam apalagi sampai berkarat ya Sahabat karena jika itu sampai di alami oleh Sahabat, biaya untuk memperbaiki bodi mobil yang berkarat tidak sedikit, lebih baik merawat daripada memperbaiki cat bodi mobil. 

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat di Besi Mobil ?

Banyak Sahabat KOMPAS Otomotif yang bertanya soal bagaimana cara menghilangkan karat di besi mibil?. Kali ini kami akan bahas permasalahan itu. 

Karat di besi mobil jika tidak di tangani secara serius akan menimbulkan masalah yang lebih besar karena seiring waktu logam yang terpapar udara dan lembab akan mengalami oksidasi atau korosi berakibat pengikisan di besi mobil. Tidak ada salahnya Sahabat KOMPAS Otomotif melakukan pengecekan kondisi bodi mobil jika menemukan masalah pada kendaraan bisa segera di atasi, tentunya perbaikan itu dilakukan oleh orang yang sudah Professional tersertifikasi di bidang perbaikan bodi mobil seperti Auto2000 yang memiliki teknisi tersertifikasi dengan seleksi dan training waktu pemilihan teknisi dengan cukup ketat di awasi oleh tenaga ahli Professional dengan kompetensi yang tinggi demi menjaga kualitas nama brands ternama yaitu Toyota. Lantas, bagaimana cara menghilangkan karat di besi mobil dengan benar? Silahkan Sahabat KOMPAS Otomotif di baca artikel ini sampai selesai.

4 Langkah Cepat Menghilangkan Karat di Besi Mobil Sendiri di Rumah

1. Lumasi Bagian Yang Sering Timbul Karat

Langkah awal untuk menghilangkan karat di besi mobil dapat di mulai dengan cara melumasi bagian besi yang rawan terjadinya korosi. Bagian engsel mobil ini sangatlah rawan ternjadinya karat karena lokasi pada bagian ini sangat tersembunyi sehingga jarang banget pemilik mobil memperhatikannya. Namun Sahabat KOMPAS Otomotif tidak perlu khawatir jika Sahabat sering melakukan service rutin berkala di Auto2000 karena waktu melakukan service di Auto2000, pengecekan pada bagian ini sudah pasti di lakukan oleh pihak teknisi Auto2000 karena sudah masuk dalam SOP saat mengerjakannya.

2. Cuci Mobil Dengan Benar

Mencuci mobil merupakan salahsatu pencegahan timbulnya karat di besi mobil. Mencuci yang benar sebaiknya di lakukan pada pagi atau sore saja, hindari mencuci mobil terpapar langsung oleh sinar matahari. Jika sudah selesai mencuci, segera keringkan menggunakan kanebo atau lap mikrofiber untuk menghindari goresan pada bodi mobil. Jangan biarkan air sisa cucinya mengering sendiri ya Sahabat karena akan menimbulkan waterspot. Saat dilakukan pembersihan pada mobil, jangan sekali-kali menggunakan sikat kawat kasar ya Sahabat karena bisa merusak bodi mobil karena tergores.

Air Hujan memiliki karakter yang bersifat asam dimana jamur atau parasit dapat tumbuh sampai menimbulkan karat di besi mobil. Jika Anda mengharuskan pergi menggunakan mobil ketika musim hujan, segeralah cuci mobil Sahabat yang terkena hujan tersebut walaupun dengan air biasa guna menghilangkan debu yang menempel dan menghilangkan air hujan yang memiliki sifat asam yang dapat berpotensi merusak bodi mobil bahkan memicu timbulnya karat di besi mobil.

Pastinya Sahabat KOMPAS Otomotif tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada mobil Sahabat bukan... Jangan pernah sesekali meninggalkan mobil Sahabat dalam kondisi kotor ya, agar kondisi mobil Sahabat tetap dalam kondisi prima.

Karat di besi mobil tidak hanya mempengaruhi tampilannya saja, karat juga dapat menyerang komponen utama kendaraan yang dapat menimbulkan terganggunya fungsi kerja komponen tersebut. Sebaiknya, jika Sahabat menjumpai ada karat pada mobil Sahabat, segera lakukan perbaikan di bengkel Auto2000.

3. Gunakanlah Bahan Campuran Cuka dan Baking Soda 

Bahan campuran cuka dan baking soda merupakan pilihan alternatif lain untuk menghilangkan karat di besi mobil. Peralatan yang di gunakan adalah air, sikat halus tidak terlalu kasar, cuka putih, baking soda, dan lap mikrofiber. Sebelum mengaplikasikan lokasi berkarat, campurkan terlebih dahulu cuka dan baking soda dengan ditambahkan air supaya encer. 

Mengapa kami menyarankan menggunakan campuran kedua bahan tersebut?. Sebab dengan mencampurkan kedua bahan tersebut dapat menghilangkan karat di besi mobil. Alasanya, kandungan cuka yang bersifat asam sitrat apabila di campur baking soda dengan air hangat akan memberikan efek ampuh untuk menghilangkan karat di besi mobil.

Disclaimer dulu ya

“Keberhasilan menghilangkan karat di besi mobil dapat berhasil atau gagal, semua itu tergantung kondisi karat itu sendiri. Jika kondisi karat sudah masuk kategori parah, rekomendasi terbaik untuk Sahabat KOMPAS Otomotif, segeralah bawa mobil ke bengkel perbaikan Body and Paint Auto2000.”

 4. Menggunakan Campuran Sabun Cuci Pring dan Kentang

Belum banyak orang tahu mengenai cara ini. Ternyata dengan kedua bahan ini karat di besi mobil bisa hilang. Carannya cukup mudah. Potong kentang hingga jadi beberapa bagian, setelah itu masukkan ke blender sampai halus. Setelah selesai melakukan blender pada kentang, campurkan sabun cuci piring dan aduk sampai sampai merata. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada lokasi yang berkarat. Setelah itu diamkan campuran tersebut agar menyerap.

Setelah di diamkan selama kurang lebih 30 menit, ambil kuas atau spons berbahan alumunium foil guna untuk menggosokkan pada bagian yang sudah diberi campuran tersebut. Setelah semuanya selesai, hilangkan noda karat di besi mobil menggunakan kain lap mikrofiber yang bersih.

Post a Comment for "[ Tips Merawat Mobil ] Tips Merawat Mobil Ketika Musim Hujan Agar Kondisi Tetap Prima Saat Dikendarai"