Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Mobil Putih Yang Benar, Begini Caranya

Tips Merawat Mobil Putih
Tips Merawat Mobil Putih Yang Benar by Kompas Jateng Update

Mobil berwarna putih merupakan warna favourite mobil yang banyak digemari oleh konsumen. Alasan mengapa banyak konsumen menyukai mobil berwarna putih yaitu warnanya terlihat lebih mewah dan elegant jika disejajarkan dengan warna lebih gelap. Dibalik itu semua, ternyata merawat mobil putih agar tidak berubah menjadi kusam kekuningan ada cara dan perlakuan yang khusus.

Sahabat Kompas Otomotif, ingin tahu Cara Merawat Mobil Putih Agar Tidak Berubah Menjadi Kusam? Sebab warna putih membutuhkan perawatan khusus agar terlihat mengkilap dan bersih. Simak penjelasan Kompas Otomotif sampaikan sampai selesai ya.. 

Beginilah Tips Merawat Mobil Putih Yang Benar:

Menjaga Kebersihan Body Mobil

Menjaga kebersihan body mobil dari debu yang menempel pada mobil merupakan keseharusan kita sebagai pemiliknya guna menjaga warna pada body mobil tidak berubah menjadi kusam. Apalagi mobil warna putih memerlukan perhatian yang khusus supaya warnanya tidak berubah. 

Cara merawat mobil putih sangatlah mudah tetapi membutuhkan ketekunan dan rajin untuk membersihkan sesering mungkin. Di saat libur bekerja luangkan waktu sebentar untuk cuci dan bersihkan mobil putih dari debu yang menempel. Usahakan bagian kolong ban dan bagian lainnya jangan lupa untuk di bersihkan sekalian agar terlihat kinclong.

Hindari Parkir Tanpa Penutup Atap

Apakah anda sering parkir di sembarang tempat tanpa penutup atap mobil ?. Kebiasaan tidak baik seperti ini mulai sekarang di ubah, karena secara tidak langsung anda akan merusak warna pada cat mobil tersebut yang berakibat warna cat mobil berubah menjadi kusam karena akibat sinar matahari. Menggunakan penutup atap seperti cover mobil dapat menghindari debu yang bisa menempel pada body mobil.

Mobil warna putih sangat sensitif terhadap cover mobil yang mudah luntur sehingga bisa meninggalkan bekas di body mobil warna putih. Cara menghindari supaya tidak terjadi cover mobil yang luntur yaitu carilah cover mobil yang terbaik. 

Tips memilih cover mobil selengkapnya disini: Tips Memilih Cover Mobil Yang Berkualitas.

Bagaimana kalau cover mobil saja belum punya? Saran dari Kompas Otomotif, “ Silahkan cari tempat parkir yang teduh seperti di bawah pohon yang teduh agar terhindar dari terpapar langsung oleh sinar matahari ”.

Gunakan Air Bersih Saat Mencuci Mobil

Mencuci mobil merupakan salahsatu tips merawat mobil putih. Sebelum mencuci mobil, pastikan terlebih dahulu air yang akan di gunakan untuk mencuci mobil tidak memiliki kandungan garam dan zat besi. Jika air yang akan di gunakan mengandung kedua jenis tersebut, bukannya akan merawat mobil putih berubah menjadi kusam tetapi justru akan menimbulkan karat pada body mobil. Jadi pastikan dahulu air yang digunakan itu air bersih atau bukan. 

Begitu juga, kalau anda baru saja keluar menggunakan mobil tiba-tiba terkena hujan, usahakan setelah sampai di rumah langsung di cuci dan langsung di bersihkan. Jangan biarkan sisa air hujan yang menempel pada body mobil mengering sendiri. 

Gunakan Shampo Pembersih Khusus Mobil

Jika sudah memastikan air bersih yang akan digunakan untuk mencuci, tips selanjutnya memilih shampo pembersih khusus mobil. Jangan pernah sekali-kali mencoba menggunakan shampo pembersih yang kurang berkualitas ya karena akan berdampak buruk pada lapisan cat mobil Anda.

Kompas Otomotif memberikan tips memilih shampo pembersih yang tepat:

  1. Pilihlah shampo pembersih yang memiliki manfaat selain dapat membersihkan dari debu yang menempel, tetapi juga dapat memberikan lapisan pada cat body mobil saat mencuci sehingga menghindari goresan yang di akibatkan dari debu yang menempel saat proses pencucian berlangsung.

  2. Pilihlah shampo yang berfungsi mengkilapkan dan sekaligus dapat melindungi kilap cat mobil.

  3. Pilihlah shampo yang memiliki pH Balance ( Netral ) sehingga dapat digunakan pada semua jenis cat mobil.

Saat Cuci Mobil, Gunakan Tekanan Air Yang Standar

Tips yang terakhir ini seringkali di sepelekan oleh beberapa orang saat membersihkan mobil. Menggunakan tekanan air yang kencang dapat mengakibatkan terkikisnya lapisan cat pada body mobil. Terbukti, pada kolong ban yang menggunakan lapisan anti karat dan di cuci menggunakan air yang cukup kenceng lapisan yang di buat oleh anti karat akhirnya terkelupas sedikit demi sedikit.

Sahabat Otomotif sudah membuktikan sendiri pada unit All New Toyota Calya Type G Manual dimana lapisan anti karatnya terkelupas. Usahakan saat melakukan pembilasan, gunakan tekanan air yang sedang saja supaya menjaga lapisan pada cat mobil tidak terkikis.

Demikian Tips Merawat Mobil Putih Yang Benar, semoga tips ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Terimakasih sudah berkunjung ke situs kami, ikuti terus perkembangan mengenai tips merawat mobil lainnya.

Post a Comment for "Tips Merawat Mobil Putih Yang Benar, Begini Caranya"