Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Mobil Matic Avanza Veloz 2022

Tips Merawat Mobil Matic
Bagian Interior Toyota Avanza Veloz 2022 Transmisi Automatic / Matic

Magelang, Kompas Otomotif - Di zaman yang modern ini banyak masyarakat yang suka dengan mobil matic, di mana nilai penjualan untuk mobil transmisi matic mengalami tingginya angka permintaan dari konsumen untuk memiliki kendaraan mobil matic. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, sebagian besar masyarakat menggunakan kendaraan mobil matic untuk aktifitas mobile sehari-hari untuk bekerja, apalagi di kota besar seperti Jakarta kondisi jalan pasti sangat padat sehingga menggunakan mobil matic lebih tepat di bandingkan menggunakan mobil manual. 

Kompas Otomotif pernah berbincang oleh salahsatu orang pengguna kendaraan mobil matic Toyota Avanza Veloz 2022, Ia mengatakan berkendara menggunakan transmisi mobil matic merasakan lebih nyaman di bandingkan mobil manual. Dari pernyataan tersebut, tentu saja banyak perusahaan produsen mobil berlomba memproduksi mobil matic dengan di bekali banyak fitur canggih serta desain mobil yang elegant dan beberapa fitur keamanan saat berkendara menjadi perhatian utama oleh perusahaan produksi mobil Toyota. Seperti Mobil Toyota Avanza Veloz yang belum lama sudah resmi dan siap untuk di produksi.

Fitur-fitur canggih yang di bekalinya sudah cukup mewah layaknya seperti mobil Toyota Alphard yang memiliki se-gudang fitur canggih yang di bekalinya seperti Toyota Safety Sense yang dimiliki oleh Toyota Avanza Veloz 2022. Karena fitur canggih yang di bawanya, mengharuskan pemiliknya untuk melakukan  perawatan secara rutin agar mobil kalian tetap prima baik itu untuk mobil matic maupun mobil manual. Cara merawat mobil matic Avanza tentu tidak sama dengan mobil manual pada umumnya, karena mobil bertransmisi matic memiliki komponen yang cukup vital dengan celah yang sangat sempit sehingga diperlukan perhatikan yang khusus, kalau tidak akan berakibat fatal.

Pada artikel pembasan mengenai cara merawat mobil matic, Kompas Otomotif akan menjelaskan tips bagaimana cara merawat mobil matic yang tepat dan benar agar kendaraan Sahabat Kompas Otomotif tetap prima. Sebelum melangkah di cara merawat mobil matic, lebih baik pahami dahulu mengenai mobil matic.

Pengertian Mobil Matic

Jika kalian belum paham pengertian mobil matic dan apa perbedaan di antara mobil matic dan mobil manual, kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena Kompas Otomotif akan beri penjelasannya secara lengkap. 

Pengertian Mobil matic adalah mobil yang memiliki sistem perpindahan secara otomatis pada transmisinya saat akan melakukan perpindahan gigi tanpa mengurangi tuas pedal gas di mana perpindahan gigi tersebut sudah di atur secara otomatis, di mana perpindahan transmisi gigi tersebut sudah di atur oleh gearbox dengan mengikuti pola laju kendaraan sehingga mobil matic tersebut tidak kehilangan tenaga torsinya saat melaju.

Transmisi yang di miliki Toyota Avanza Veloz 2022 ini merupakan transmisi matic otomatis dengan perpindahan transmisi gigi yang terdapat pada tuas transmisinya dengan susunan P-R-N-D. Terkadang susunan tuas kopling setiap kendaraan mobil matic memiliki susunan yang berbeda-beda.

Setelah memahami pengertian mobil matic seperti yang sudah di jelaskan di atas, sekarang kita lanjut membahas mengenai apa perbedaan mobil matic dan mobil manual di lihat dari sisi fungsinya dan akselerasinya saat melaju.

Perbedaan Transmisi Matic atau Manual Di Lihat Dari Fungsi Dan Akselerasinya

Kalian yang baru pertama kali ingin membeli mobil, bingung akan memutuskan mau mengambil mobil matic atau mobil manual. Sebelum melangkah ke cara merawat mobil matic, mari kita simak dahulu apa perbedaan transmisi matic atau manual agar bisa menjadi pertimbangan sebelum mengambil unit baru. Perbedaan kedua transmisi tersebut yang pertama terdapat pada jumlah pedalnya. Pada mobil matic jumlah pedalnya hanya mempunyai 2 yaitu pedal gas dan rem saja, sedangkan di mobil manual mempunyai 3 pedal terdiri dari pedal gas, rem, dan kopling di mana setiap komponen tersebut memiliki fungsi kegunaan berbeda-beda.

Perbedaan selain jumlah pedalnya, ternyata mobil matic dan manual memiliki perbedaan dari sisi konsumsi BBM saat dibawa jalan dengan kecepatan dan waktu yang sama antara mobil matic dan manual. Konsumsi BBM untuk kendaraan mobil matic, jelas membutuhkan konsumsi BBM yang lebih banyak untuk mencapai pembakaran yang lebih sempurna dibanding dengan transmisi mobil manual. Akantetapi masalah kecepatan akselerasi untuk mencapai top speed antara mobil matic dan manual jelas lebih cepat mobil matic sebab mobil matic memiliki tingkat responsif paling sensitif saat pedal gas di injak dan di dukung perpindahan gigi di atur otomatis oleh gearbox sehingga mempengaruhi top speed pada mobil. 

Akantetapi beberapa produsen mobil sekarang sudah mulai menggunakan teknologi yang namanya CVT Transmission seperti yang sudah di terapkan pada mobil Toyota Avanza Veloz 2022. Dimana hadirnya teknologi tersebut di harapkan jika menggunakan teknologi CVT tersebut dapat memiliki akselerasi yang lebih halus dan kinerja yang kuat serta suara mesin yang lebih senyap. 

Jadi bagi kalian yang sudah memiliki kendaraan Toyota Avanza 2022, silahkan lakukan service rutin supaya kondisi mobil matic tetap prima dan lakukan penggantian oli transmisi matic sesuai buku panduan Toyota Avanza yang sudah di sertakan saat pengambilan unit kendaraannya supaya kondisi mobil tetap prima walaupun di dipakai saat musim hujan sekalipun. 

Berikut ini penjelasan tentang tips cara merawat mobil matic yang dapat Kompas Otomotif sampaikan, ikutin terus ya.

Tips Merawat Mobil Matic

Cara Merawat Transmisi Mobil Matic Avanza Veloz

Setelah memahami perbedaan transmisi mobil matic atau manual, selanjutnya Kompas Otomotif akan mengulas tentang tips cara merawat transmisi mobil matic Avanza Veloz supaya bebas dari gejala slip akibat kegagalan perpindahan gigi pada transmisi matic di gearbox akibat kurangnya merawat transmisi mobil matic. Berikut Kompas Otomotif bagikan, cukup lakukan 5 Tips Cara Merawat Transmisi Mobil Matic Yang Baik dan Benar sesuai rekomendasi Auto2000. Ikuti terus ya Sahabar Kompas Otomotif.

1. Rajin Ganti Oli Transmisi Matic 

Sebelum unit kendaraan di serahkan ke pemilik kendaraan, biasanya pihak sales Toyota Auto200 sering memberikan penjelasan mengenai penggunaan unit yang akan di serahkan sampai menjelaskan bagaimana cara merawat mobil matic untuk di lakukan service berkala sesuai buku pedoman. Sesuai buku pedomannya untuk kendaraan mobil matic Avanza Veloz 2022 di rekomendasikan untuk melakukan ganti oli transmisi matic setiap 40.000 km atau 30.000 km lebih baik. 

Sebenarnya oli tranmisi di buat untuk jangka lebih panjang, akan tetapi kondisi medan di lapangan setiap daerah berbeda-beda yang membuat oli transmisi tersebut berumur pendek dan di wajibkan ganti oli transmisinya. Anda harus peka terhadap mobil yang di kendarai guna mengatasi lebih dini jika ada kerusakan di transmisi matic. 

Pastikan rutin mengganti oli transmisi matic dan gunakan viskositas oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Selalu periksa ketnggian oli di transmisi matic, apabila masih berada pada posisi batas atas atau upper, berarti kondisi transmisi dalam keadaan baik. Sebaliknya, jika saat di lakukan pengecekan dan posisi batas pada dipstick menunjukkan pada posisi low atau terendah, maka bisa di dapati ada kebocoran pada transmisi matic tersebut.

Jika hal ini terjadi maka segera tambahkan terlebih dahulu dan segera cari bengkel Auto2000 terdekat supaya cepat di tangani atau bisa Anda dapat menghubungi Toyota Home Service (THS) jika tidak ingin repot-repot harus keluar rumah. Setelah menghubungi, maka Tim THS akan datang ke rumah untuk di lakukan perbaikan.

2. Gunakan Jenis Oli Transmisi Matic Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Pada bagian gearbox pada transmisi matic memiliki celah katub yang sangat kecil, sehingga pemilihan oli transmisi matic harus benar-benar tepat sesuai rekomendasi pabrikan. Jangan sesekali salah memilih oli transmisi matic gegara tergiur dengan harga oli transmisi matic yang di jual murah. Selalu gunakan oli transmisi matic yang asli guna mencegah terjadinya endapan pada saluran oli transmisinya.

3. Rajin Melakukan Service Berkala

Seringlah melakukan service di bengkel Auto2000 atau rekanan cabang service Toyota yang tersebar banyak di Indonesia. Alasan, Kenapa Kompas Otomotif merekomendasikan selalu service di Auto2000. Karena jika anda sering melakukan service di bengkel Auto2000, riwayat service akan tercatat di database sistemnya Toyota, jadi Anda tidak perlu repot-repot harus mengingat kapan di haruskan melakukan penggantian seperti oli transmisi matic, dst. Selain itu, jika Anda rutin melakukan service berkala di Auto2000 jika sudah masuk masa waktunya penggantian oli transmisi matic dan spartpart, pasti akan mendapatkan notiikasi dari pihak Auto2000 untuk segera melakukan service berkala. 

Kalau menurut Kompas Otomotif, bengkel yang baik yaitu bengkel yang selalu memiliki riwayat mobil pelanggannya agar performa kendaraan tetap terjaga dengan baik. Rekomendasi yang baik lakukan service berkala di Auto2000 saja, teknisinya sudah professional yang bersertifikasi melalui training yang di lakukan oleh pihak Toyota.

4. Perhatikan Pergunakan Tuas Trasmisi Dengan Benar

Transmisi matic di buat untuk memudahkan para penggunanya saat melakukan perpindahan gigi secara otomatis yang di proses pada gearbox. Jangan sampai salah untuk pengguna mobil avanza transmisi manual dan sekarang beralih menggunakan mobil avanza transmisi matic. Karena hal ini sangat sering terjadi karena keterbiasaannya sehari-hari menggunakan mobil manual untuk kerja sehari-hari, karena jika hal ini di lakukan kerusakan pada gearbox bisa cepat rusak.

Sebelum mulai di gunakan, lakukan uji persneling dengan cara memindahkan tuas trasmisi dari posisi “P” ke “R”. Jika saat di lakukan uji persneling ada suara-suara aneh yang tidak seperti biasanya, dan mobil sedikit ada hentakan yang kurang nyaman berarti ada problems yang serius pada bagian gearbox transmisi matic. Untuk menghindari problems seperti ini di sarankan , pergunakan tuas transmisi pad Avanza Veloz dengan benar.

5. Hindari Gaya Berkendara Menginjak Gas Secara Tiba-tiba

Rotasi perpindahan gigi pada gearbox tergantung dari kebiasaan pengguna mobil matic saat menggunakan mobil. Sebab mobil matic sudah di rancang oleh pabrikan untuk berkendara yang baik, hindari menginjak gas secara tiba-tiba karena berpotensi kinerja transmisi matic menjadi lebih berat. Kebiasan seperti ini jika di lakukan secara terus menerus, maka pada transmisinya akan mengalami pada katup solenoid cepat rusak rusak.

Di sini Kompas Otomotif sampaikan lagi, selalu gunakan oli transmisi matic produksi TMO walaupun ada pihak ketiga yang menawarkan lebih murah. Pelumas produk TMO sudah paling baik dalam hal melumasi dan sudah melewati uji kelayakan untuk memenuhi standar transmisi matic Toyota.

Demikian singkat artikel Tips Merawat Mobil Matic Avanza 2022 yang bisa Kompas Otomotif sampaikan. Semoga bermanfaat dan selalu diberikan kesehatan selalu.

Post a Comment for "Tips Merawat Mobil Matic Avanza Veloz 2022"