Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2022 Segera Dibuka, Segera Lengkapi Persyaratan Sebelum Mendaftar

peserta cpns 2021 2022
Dokumentasi: www.kompasjatengupdate.com | Peserta CPNS 2021/2022

Terkait adanya informasi dari internet yang beredar mengenai pendaftaran penerimaan CPNS dan PPPK Tahun 2022, pihak Kami langsung mencari informasi tersebut melalui portal resmi PANRB dan media sosial resmi dikelola oleh Pemerintah untuk memastikan informasi rekruitmen tersebut. Kompas Jateng Update akan memberikan sedikit bocoran Kapan dan Tanggal mulai dibuka pendaftaran untuk calon ASN dan PPPK? Silahkan baca sampai selesai jangan sampai terlewati, sebab Kompas Jateng Update akan menjelaskan prediksi jadwal, persyaratan yang diperlukan, dan kriteria pendaftar CPNS dan PPPK.

Sebagai lembaga yang mengurusi masalah penerimaan CPNS dan PPPK yaitu PANRB yang dipimpin oleh H. Tjahjo Kumolo, S.H. direncanakan berfokus kepada eks tenaga honorer yang sudah lama mengabdi kepada negara untuk menjadi ASN. Dengan berita tersebut, menjadi angin segar untuk semua eks tenaga honorer berkesempatan dan memiliki peluang untuk menjadi ASN.

Sebagai bahan informasi pendaftaran CPNS dan PPPK dapat diperoleh dari instagram resminya yang dikelola oleh staf tenaga pemerintahan @kemenpanrb. Dalam cuitannya menulis pada intinya Pemerintah segera membuka pendaftaran penerimaan CPNS dan PPPK di Tahun 2022, untuk kepastian tanggal bulan belum bisa memberikan pendapat, sedangkan untuk kuota formasi diperkirakan sebanyak 1.086.128 menurut tangkapan Kompas Jateng Update di sosial media. Sebagai rincian informasi formasi apa saja yang akan dibuka oleh Pemerintah di Tahun 2022 terinci sebagai berikut.

Berikut ini rangkuman dari Kompas Jateng Update beberapa instansi yang telah ditetapkan pemerintah bakal membuka rekrutmen Dosen, Tenaga Teknis, dan Guru sebagai calon CPNS dan PPPK pada tahun 2022:

Pendaftaran CPNS 2022 Kapan Dibuka
Dokumentasi: www.kompasjatengupdate.com | Pendaftaran CPNS 2022 Kapan Dibuka
  1. Tahun ini, pemerintah berencana mempekerjakan lebih dari 93.000 guru dan tenaga teknis. Pengajar PPKK berjumlah 45.000, tenaga teknis sebanyak 25.554, dan dosen sebanyak 20.000. (proses rekrutmen guru dan tenaga teknis diawasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama dan proses rekrutmen dokter dan tenaga teknis diawasi oleh Kementerian Kesehatan).
  2. Tahun ini akan direkrut 942.257 instruktur dan tenaga teknis melalui program CPNS dan PPPK. Ada 758.018 calon instruktur dan 184.239 calon tenaga teknis dari total jumlah formasi.
  3. Ada 8.941 siswa baru yang terdaftar di sekolah layanan tahun ini.
  4. Sebanyak 41.376 orang di wilayah Papua dapat mengikuti berbagai kegiatan tahun ini.

Ingin tahu apa saja persyaratan sebelum mendaftar yang harus Kalian persiapkan untuk pendaftaran CPNS dan PPPK 2022. Kompasjatengupdate.com sudah menelusuri situs resmi PANRB bahwa Pemerintah belum bisa memberikan statement resmi persoalan penerimaan pendaftaran CPNS dan PPPK dikarenakan masih mempertimbangkan persoalan lainnya terlebih dahulu. Ditunggu saja, namun jika persyaratan tersebut mengacu pada aturan rekrutmen tahun lalu ketika membuka pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2021, maka berikut ini kriteria pendaftar CPNS.

Pendaftaran CPNS 2022 Dibuka Tanggal Berapa
Dokumentasi: www.kompasjatengupdate.com | Pendaftaran CPNS 2022 Dibuka Tanggal Berapa

Syarat Mendaftar CPNS:

  1. Sebagai WNI ditunjukkan dengan (KTP).
  2. Usia calon pendaftar sekurang-kurangnya berumur 18 hingga 35 tahun. Sedangkan bagi calon Dokter dan Dosen memiliki keinginan mendaftar CPNS dan sudah menempuh pendidikan S3 (Doktor) berumur maksimal 40 tahun. Persyaratan ini sudah diatur dalam UU Nomor 23 Thn 2019.
  3. Belum pernah / sedang tersangkut permasalahan tindak pidana kurungan penjara 2 tahun bahkan lebih.
  4. Belum pernah memiliki riwayat diberhentikan / dikeluarkan tidak hormat tanpa dari permintaan sendiri keluar dari PNS/Kepolisian dan TNI.
  5. Belum pernah memiliki riwayat diberhentikan paksa dari Perusahaan Swasta.
  6. Posisi sekarang bukan / proses sebagai pengurus parpol ataupun terlibat dalam politik praktis.
  7. Peserta calon PNS memiliki kesehatan Jasmani dan Rohani yang ditunjukkan menggunakan surat sehat (Puskesmas dan Rumah Sakit) menyesuaikan jabatan yang Kalian lamar.
  8. Jenjang pendidikan tertinggi yang dibutuhkan menyesuaikan jabatan yang Kalian lamar.
  9. Siap ditempatkan dimana saja.
  10. Kelengkapan persyaratan lain menyesuaikan instansi masing-masing daerah.

Setelah syarat mendaftar CPNS terpenuhi semuanya, setelah ini Kalian wajib mempersiapkan beberapa berkas yang harus Kalian siapkan untuk mendaftar di SSCASN situs resmi dari PANRB. Setelah dokumen sudah Kalian persiapkan, silahkan untuk melakukan scanfoto dengan bentuk file pdf atau jpeg/jpg. Berikut daftar dokumen yang harus Kalian scanfoto.

Dokumen Mendaftar CPNS:

Persiapkan!.

  1. Scan Photo menggunakan latar belakang warna merah, file berukuran file 200kb.
  2. Scan dokumen KTP simpan file maksimal 200kb.
  3. Scan dokumen Surat Lamaran ditujukan ke instansi lembaga yang dituju ukuran maksimal 300kb.
  4. Scan dokumen Transkrip Nilai Asli ukuran maksimal 500kb.
  5. Scan dokumen Ijazah Asli Terakhir ukuran maksimal 800kb.
  6. Scan Dokumen Pendukung seperti keahlian tambahan, dll ukuran maksimal 800kb.

Lebih baik segeralah persiapkan semua persyaratan mendaftar sebelum Pemerintah meresmikan buka pendaftaran CPNS dan PPPK 2022. Lantas, kapan proses mulainya dibuka penerimaan CPNS dan PPPK 2022 resmi dibuka? Secara resmi hingga sekarang (Selasa, 26/07/2022) melalui akses portal situs resminya belum mengumumkan jadwal resmi pendaftarannya. Masyarakat diharapkan dapat mencari informasi jadwal tersebut melalui situs resmi PANRB dan media sosial Pemerintah seperti instagram (@kemenpanrb), facebook (@kempanrb), twitter (@kempanrb).

Post a Comment for "Informasi Pendaftaran CPNS dan PPPK Tahun 2022 Segera Dibuka, Segera Lengkapi Persyaratan Sebelum Mendaftar"