Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Cukup Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah

Merawat Mobil Ketika Musim Hujan

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan, Cukup Mudah Dilakukan Sendiri di Rumah

Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Musim penghujan menurut BMKG di tahun 2022/2023 diperkirakan akan datang mulai bulan September dan puncak akhirnya di bulan Januari. Walaupun sekarang ini sudah mulai turun hujan, tidak ada salahnya kami bagikan informasi sedikit untuk Sahabat Kompas Jateng tentang tips merawat mobil ketika musim hujan, cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan pun tidak terlalu banyak karena bahan untuk merawat mobil ketika musim hujan tersebut sering anda pergunakan sehari-hari ketika mobil anda selesai di cuci atau dibersihkan dari debu yang menempel. Musim hujan di bulan September dan puncaknya di bulan Januari membuat pemilik mobil perlu ekstra dalam merawat mobil jika ingin kondisi mobil tetap prima dan pastinya bebas dari karat.

Kenapa kami mengharuskan pemilik mobil perlu ekstra dalam merawat mobil ketika musim hujan? Sebab, tetesan air hujan yang dihasilkan itu mempunyai sifat asam yang mampu merusak kondisi mobil jika kalian abaikan berlarut-larut apalagi jika anda sedang pergi bersama keluarga tiba-tiba turun hujan bercampur kotoran melekat di mobil anda maka akan menimbulkan permasalahan baru yang dapat menurunkan performa mobil jika tidak langsung anda bersihkan dan anda biarkan menempel sampai berhari-hari.

Ketika masuk musim hujan seperti sekarang ini, pemilik mobil diharuskan rajin membersihkan bagian interior maupun eksterior mobil apabila selesai dipakai. Tips merawat mobil ketika musim hujan selanjutnya ini bisa anda gunakan sehari-hari, tidak hanya ketika musim hujan saja jika ingin menjaga performa mobil anda tetap terjaga. Setelah ini, kami akan bagikan beberapa tips merawat mobil ketika musim hujan, cukup mudah dilakukan sendiri di rumah untuk Sahabat Kompas Jateng. Silahkan perhatikan penjelasan ini hingga selesai agar tidak salah merawat mobil, jangan sampai kalian abaikan permasalahan ini. Sebelum lanjut membahas mengenai tips tersebut, ada baiknya anda mengetahui mengenai dampak buruk air hujan bagi mobil kalian dan apa yang harus kalian lakukan guna mencegah hal tersebut supaya tidak terjadi pada mobil kalian. Berikut ulasanya.

Dampak Buruk Air Hujan Bagi Mobil

Seperti yang sudah kami ulas di atas, bahwa kandungan air hujan tersebut bersifat asam dan berbahaya untuk kondisi mobil sehingga menimbulkan dampak buruk jika dibiarkan berlarut-larut. 

Berikut ini dampak buruk air hujan bagi mobil:

  1. Timbul jamur di bagian bodi maupun kaca mobil.
  2. Timbul karat di bodi mobil, solusi untuk masalah ini sudah pernah kami bahas di “Apakah Mobil Baru Memerlukan Anti Karat?”.
  3. Kondisi cat mobil mengalami penurunan.
  4. Menimbulkan karat pada sistem pengereman ketika melakukan handbrake dalam waktu yang lama, hingga menimbulkan kemacetan pada sistem pengereman ketika akan digunakan kembali.
  5. Pelapis cat bodi mobil lama kelamaan akan mengalami pengelupasan, maka yang terjadi akan mengurangi kualitas cat bodi.

Setelah mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan dari air hujan bagi kesehatan mobil anda, maka perlu sekiranya mencegah hal tersebut sebelum muncul permasalahan baru pada mobil anda. 

Apa saja yang harus anda persiapkan? Simak tips merawat mobil ketika musim hujan berikut ini!

Lakukan Sendiri Di Rumah Beberapa Tips Berikut Ini!

Merawat mobil sebenarnya dapat dilakukan sendiri di rumah, cukup mudah dan berguna demi menjaga kondisi mobil supaya tetap di kondisi prima ketika mulai digunakan lagi untuk beraktifitas. Berikut tips versi KompasJatengUpdate.com yang dapat kami sampaikan untuk Sahabat Kompas Otomotif dalam merawat mobil ketika musim hujan telah tiba:

1. Pentingnya Membersihkan Mobil Setelah Selesai Digunakan

Langsung bersihkan seluruh bagian mobil setelah selesai berpergian keluar dan terkena hujan, jangan sesekali Anda biarkan air hujan maupun debu yang melekat di bodi mobil mengering dengan sendirinya. Sebelum membersihkan mobil, yakinkan kondisi mobil tidak ada kotoran maupun debu dengan partikel kasar melekat di bodi mobil melalui cara memegang dengan tangan anda dengan lembut dan pelan-pelan. Jika sudah dipastikan tidak ada partikel kasar yang melekat di bodi mobil, anda dapat langsung bersihkan mobil menggunakan kain yang lembut seperti Lap Microfiber untuk mencegah baret di bodi mobil saat melakukan pengeringan dengan cara di usap.

Beda hal jika anda mendapati ada partikel keras yang melekat di bodi mobil, maka anda harus segera bersihkan mobil dengan melakukan pencucian menggunakan alat pembersih bertekanan tinggi agar kotoran membandel yang melekat di bodi mobil dapat terangkat. Setelah itu lakukan pencucian menggunakan sampo khusus untuk membersihkan mobil, sangat disarankan jangan pernah sekali-kali anda menggunakan sampo lain karena dapat menimbulkan dampak buruk pada cat bodi mobil. Setelah selesai mencuci, langsung keringkan.

Jangan pernah sekali-kali anda membiarkan air hujan tersebut kering sendiri karena jamur di bodi mobil akan mudah timbul, dampak buruknya akan mengurangi tampilan mobil.

2. Langsung Keringkan Semua Kaca Mobil

Langsung Keringkan Semua Kaca Mobil

Langsung Keringkan Semua Kaca Mobil

Tips berikutnya yaitu langsung keringkan semua kaca mobil. Kenapa tips ini masuk dalam kategori tips merawat mobil ketika musim hujan? Alasan menurut KompasJatengUpdate.com, kondisi seperti itu dapat menimbulkan dampak buruk dan bisa membahayakan pengendara ketika berjalan saat turun hujan karena disebabkan adanya jamur kaca mobil sehingga menghalangi visibilitas pengendara sehingga dapat membahayakan keselamatan berkendara. Maka untuk menghindari hal tersebut diperlukan perhatian khusus sesudah tertimpa air hujan langsung lakukan proses pengeringan pada semua kaca mobil guna menghindari jamur kaca mobil.

Selain dapat membahayakan si pengendara tersebut, jamur kaca mobil mengurangi tampilan mobil. Jika jamur kaca mobil timbul, jangan sekali-kali menggunakan obat jamur sembarangan ya Sahabat Kompas Jateng, karena belum tentu obat jamur yang anda beli tersebut dapat menghilangkan jamur tersebut akantetapi malah memperburuk kondisi pandangan kaca. 

Bagaimana jika jamur pada kaca mobil sudah timbul dan bagaimana cara menghilangkannya? Nanti kita bahas pada artikel selanjutnya.

3. Rutin Membersihkan Karpet Mobil

Rutin Membersihkan Karpet Mobil

Rutin Membersihkan Karpet Mobil

Tips selanjutnya yaitu rutin membersihkan karpet mobil. Rutin membersihkan karpet mobil merupakan salahsatu bagian tips merawat mobil ketika musim hujan, cukup mudah dilakukan sendiri di rumah. Karpet mobil jika tidak rutin anda lakukan pembersihan, maka akan menimbulkan bau tak sedap sehingga kenyamanan pada mobil akan berkurang. Apalagi jika mobil tersebut belum diberikan karpet tambahan, maka proses pembersihannya akan lebih sulit. Maka sangat di sarankan pemilik mobil agar memberikan karpet tambahan pada mobil tersebut supaya ketika kotor maka tinggal kita ambil saja untuk dibersihkan di luar mobil.

Pastikan kondisi karpet bersih setelah selesai bepergian untuk mencegah bau tak sedap berasal dari bau karpet. Jika karpet tambahan tersebut dilakukan pembersihan dengan cara di cuci, pastikan karpet tersebut dalam keadaan benar-benar kering sebelum di masukkan kembali untuk digunakan. Lakukan rutin pembersihan karpet mobil paling tidak dua hari sekali ketika musim hujan atau satu minggu ketika musim panas.

Jika hal ini rutin anda lakukan, dipastikan kenyamanan ketika mengendarai mobil akan anda dapatkan dan pastinya akan bebas dari kuman sehingga keluarga sehat selalu.

4. Langsung Bilas Bagian Kaki-kaki Mobil

Langsung Bilas Bagian Kaki-kaki Mobil

Langsung Bilas Bagian Kaki-kaki Mobil

Seringkali bagian ini sering diabaikan oleh sebagian pemilik mobil karena bagian ini sangat memerlukan ekstra ketelitian ketika membilas kaki-kaki mobil sebab bagian ini merupakan tips merawat mobil ketika musim hujan, menurut KompasJatengUpdate.com. Merawat kaki-kaki mobil sejatinya sangat mudah asal cara merawatnya dilakukan dengan benar guna menghindari kerusakan mobil lebih dini. Kerusakan tersebut yang sering dialami oleh pemilik mobil yaitu mulainya timbul bunyi-bunyi atau suara tidak lazim ketika digunakan untuk berjalan hingga suaranya masuk sampai di dalam kabin mobil sehingga sangat mengganggu kenyamanan dan keamanan saat mengendarai.

Sebelum terjadi kerusakan tersebut, alangkah baiknya anda sering-sering membersihkan bagian kaki-kaki mobil apalagi jika anda baru saja melewati jalan yang berlumpur sudah seharusnya anda bilas kaki-kaki tersebut menggunakan air bertekanan tinggi disertakan juga menggunakan sampo khusus guna bersihkan mobil ya, jangan pernah membersihkan mobil menggunakan sampo lain yang diperuntukan untuk membersihkan selain mobil. Gunakan sampo KIT WASH & WAX CAR WAX SHAMPOO ketika ingin membersihkan kaki-kaki mobil maupun bodi mobil keseluruhan. Sampo ini sangat cocok digunakan seperti saat ini di musim hujan jika ingin merawat mobil.

5. Periksa Kelayakan Karet Wiper Mobil

Periksa Kelayakan Karet Wiper Mobil

Periksa Kelayakan Karet Wiper Mobil

Selain empat hal yang sudah di jelaskan secara detail versi KompasJatengUpdate.com, tips merawat mobil ketika musim hujan berikutnya yaitu periksa kelayakan karet wiper mobil. Mengapa hal ini sangat penting dilakukan sebelum melakukan perjalanan menggunakan mobil? Alasan versi KompasJatengUpdate.com yaitu dikarenakan bagian part ini mempunyai peranan yaitu bertugas membersihkan kaca mobil supaya menghasilkan pandangan yang jernih sehingga mobil bersih dari air hujan maupun debu yang melekat pada kaca depan. Sehingga menurut kami, hal ini sangat perlu diperhatikan demi keselamatan berkendara. Guna menyakinkan kelayakan karet wiper mobil dalam kondisi baik berfungsi sebagaimana fungsinya, silahkan lakukan penggantian part secara berkala dan gunakan part original sesuai pabrikannya yang sudah direkomendasikan sesuai buku manual yang disertakan.

6. Cek Kondisi Komponen Mesin

Cek Kondisi Komponen Mesin

Cek Kondisi Komponen Mesin

Sudah dipastikan tugas pemilik mobil untuk cek kondisi komponen mesin dengan tujuan utama melainkan dalam rangka tips merawat mobil ketika musim hujan. Tidak hanya ketika musim hujan saja pemilik mobil wajib cek kondisi tersebut. Harusnya setiap pagi-pagi sebelum memanaskan mesin mobil diharuskan pemilik mobil cek kondisi komponen mesin dahulu. Setelah dipastikan kondisi komponen dan part lainnya dalam kondisi baik, selanjutnya hidupkan mesin dan dipastikan indikator di dashboard mobil dalam kondisi normal dan siap untuk digunakan berjalan.

Semoga 6 tips merawat mobil ketika musim hujan tersebut paling tidak sudah memberikan dan mencegah terjadinya kondisi kesehatan mobil mengalami kerusakan lebih dini. Silahkan simak beberapa tips merawat mobil lainnya versi KompasJatengUpdate.com yang sudah kami berikan. Terima kasih.