6 Makanan Jadul Tradisional Yang Wajib Dicoba, Rasakan Sensasi Makanannya!!

Makanan Jadul Tradisional

Kompasjatengupdate.com - Setiap negara pastinya memiliki budaya yang unik, dengan karakteristik dan kebiasaan yang berbeda. Mulailah mengenal Makanan Jadul di dekat lokasi Anda, karena setiap daerah pastinya memiliki ciri rasa khas tersendiri tentu berbeda. Namun dikarenakan memiliki ciri rasa tersendiri yang menggoda dan lezat, sampai saat ini di Tahun 2023 beberapa Makanan Jadul tersebut mampu bertahan dan disukai oleh semua orang.

Di Indonesia, selain kaya akan warisan budaya yang dimilikinya, juga terkenal sebagai wisata kuliner. Wajib Anda mengetahui berbagai macam makanan seperti Makanan Jadul maupun makanan tradisional banyak tersedia beranekaragam di Indonesia dengan ciri khasnya tersendiri. Jadi, tidak heran kalau Makanan Jadul maupun makanan tradisional tertentu populer sampai ke Mancanegara dikarenakan rasanya yang super enak dan mampu meningkatkan selera.

Berbagai macam jenis Makanan Jadul kini tersedia banyak di setiap daerah seluruh Indonesia. Di bawah ini adalah beberapa rangkuman Makanan Jadul kompasjatengupdate.com telah kami kumpulkan:

Kue Rangi

Tahukah Anda Makanan Jadul seperti Kue Rangi?

Sagu rangi memiliki istilah lain kue rangi adalah sejenis Makanan Jadul yang bahan utamanya adalah sagu dan parutan kelapa. Pada 1990-an, makanan manis dan juga gurih menjadi lebih populer. Tidak mengherankan jika kue ini sangat populer di berbagai demografi.

Pada umumnya bahan yang digunakan untuk membuat kue rangi menggunakan gula merah dengan cara dioleskan secukupnya dengan tepung kanji. Selain itu, olesan tersebut akan ditaruh di posisi atas kue rangi. Apabila ingin terasa nikmat, kombinasikan olesan gula merah menggunakan potongan buah-buahan seperti nangka, nanas, ataupun durian.

Kue Lapis

Tahukah Anda Makanan Jadul seperti Kue Lapis?

Makanan Jadul berikutnya di Indonesia yang paling terkenal sampai sekarang ini berikutnya adalah Kue Lapis. Makanan ini sering kita jumpai sampai sekarang dan dianggap sebagai makanan ringan yang menyehatkan jantung dikarenakan cara membuatnya terbuat dari serat ketan. Makanan yang rasanya manis serta gurih didapatkan dari penggunaan bahan seperti siraman gula merah yang ditaburi menggunakan parutan kelapa di atasnya yang membuat Kue Lapis memiliki rasa gurih serta manis.

Urap Jagung Kelapa Manis

Tahukah Anda Makanan Jadul selanjutnya berbahan utama Jagung Kelapa?

Berbahan utamanya Jagung Kelapa. Ini adalah sejenis makanan tradisional yang masih dikenal sampai saat ini dijadikannya sebagai hidangan Makanan Jadul Indonesia. Bahkan, setiap provinsi di Indonesia memiliki istilah nama yang beranekaragam untuk makanan ini. Sebagian orang menyebutnya makanan Grontol, Salkomsel, Urap Jagung Manis, Bledus, dan Gongsir.

Cita rasa khasnya "manis dan gurih" menjadi ciri tersendiri, maka orang banyak menyukai Makanan Jadul Jagung Kelapa tersebut. Saat ini, Urap Jagung Kelapa Manis masih sering banyak kita temui di pasar tradisional di sebagian daerah di Indonesia. Nikmati rasanya!

Kue Grubi

Tahukah Anda Makanan Jadul seperti Kue Grubi "Super Lezat, Gurih, dan Renyah?

Makanan jadul dimana cara membuatnya berbahan dasar ubi jalar yang dicampuri gula merah berasal dari Indonesia paling terkenal berikutnya adalah Kue Grubi. Camilan manis ini sangat digemari karena rasanya. Tidak dipungkiri jika banyak konsumen ketagihan akan kelezatannya dan ingin terus membelinya lebih banyak.

Setiap daerah memiliki cara tersendiri untuk menyebut Kue Grubi. Beberapa orang menyebutnya sebagai “Sarang Balam”, sementara yang lain menyebutkan “Kremesan Ubi”, adapula menyebutkan “Carang Mas”, serta masih ada yang menyebut lebih banyak lagi. Kalau di daerah Anda disebutkan dengan istilah nama apa? Kasih komentar dibawah ya..

Dadar Gulung

Tahukah Anda Makanan Jadul seperti Dadar Gulung Sering Anda Jumpai Di Berbagai Acara?

Dadar gulung merupakan Makanan Jadul dengan tekstur lembut, manis, dan lunak di mulut ketika di makan. Makanan ringan ini sering digunakan pada acara resepsi pernikahan, Lebaran, dan Momen penting seperti Tasyakuran. Dadar Gulung sekarang sudah banyak varian toping didalamya yang bisa Anda sesuaikan sesuai selera. Makanan lezat ini dapat ditemukan di Indonesia terutama di Pasar Tradisional.

Gulali

Makanan Jadul terakhir ini kami yakin Anda sudah mengetahuinya bukan?

Makanan Jadul Gulali
Makanan Jadul Tradisional: Gulali

Seperti yang sudah kami informasikan di artikel sebelumnya, bahwa makanan Gulali ini termasuk kedalam Makanan Jadul yang jarang Anda temukan sekarang ini. Makanan ini pernah hits di masanya hingga dikenal di seluruh Indonesia. Makanan Jadul dengan tekstur yang kenyal menyerupai rambut nenek istilah dahulu dimana makanan ini memiliki rasa manis membentuk Gulali. Waktu dulu Gulali ini dibentuk seperti lingkaran.

Semakin banayak peminat Gulali waktu itu, banyak penjual Gulali yang membuat varian warna pada Gulali untuk menarik pembelinya. Selain memiliki varian warna, Gulali ini dibuat dengan berbagai macam rasa seperti pandan, durian, dan varian rasa lainnya.

Jadi, Apakah Anda tertarik untuk mencoba kembali Makanan Jadul seperti waktu lalu? Temukan Makanan Jadul lainnya disini.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.