Pesona Keindahan Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur

Pantai Goa Cina

Pesona Keindahan Pantai Goa Cina, Malang, Jawa TimurAda sebuah pantai dengan nama Pantai Goa Cina beralokasikan di pantai selatan wilayah Kabupaten Malang. Pantai tersebut dapat ditemukan di Dsn. Tumpak Awu, Kab. Malang yang masih ada dalam wilayah Kec. Sumbermanjing Wetan. Secara teknis, sebenarnya nama pantai lainnya yaitu Pantai Rowo Indah. Namun demikian, asal usul istilah Goa Cina poada dasarnya yaitu peristiwa meninggalnya seorang warga negara Cina yang sedang melakukan bertapa di Goa itu, dimana terletaknya masih di wilayah sekitaran pantai ini. Mulailah pantai ini dikenal sebagai Goa Cina. Sejak itu, masyarakat setempat menyebutnya Pantai Goa Cina saat ini.

Pantai yang dinamai Pantai Goa Cina ini terdapat sebuah gua yang dapat ditemukan di atas bukit berbatu pada sisi kanan pantai berjarak kurang lebih 50 meter. Nama Goa hanya mengacu pada pantai itu sendiri. Goa itu hanya menerangkan terdapat rongga biasa dengan posisi menjorok kurang lebih sekitar 8 meter dan tingginya mencapai kurang lebih 2 meter. Dengan ukuran tersebut, sudah pasti semua orang akan mudah masuk dan mengakses Goa tersebut. Ruang di bagian dalam juga cukup luas, dan memungkinkan bagi dua orang untuk berjalan berdampingan di dalamnya.

Keindahan dan Keunikan dari Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur

Di sisi kanan pantai berjarak kurang lebihnya 50 meter, terdapat Goa yang terpampang pada batu karang sehingga menambah keindahan Pantai Goa Cina itu sendiri sehingga menjadi keunikannya. Selain itu, ombak dengan hembusan yang kencang dan saling bertemu, membuat suasana pantai semakin menyenangkan serta lokasinya langsung menghadap ke Samudera Hindia sehingga menjadi sumber utama keindahan alam kawasan ini. Selain itu, Anda dapat menikmati keindahan pantai ini seperti melihat matahari terbit atau sunrise, baik di sore maupun pagi hari.

Pemandangan di Pantai Goa Cina ini cukup memukau. Air di lautnya jernih dan biru, dengan sedikit warna hijau, dan pantainya ditutupi pasir putih yang dihiasi bebatuan karang. Pulau-pulau karang yang letaknya berdekatan dengan pantai memiliki ciri khas lain yang membedakan Pantai Goa Cina. Saat air pasang surut, pulau karang ini bisa diakses dari pantai sekaligus sebagai penghubung dengan bibir pantai sehingga wisatawan bisa dengan mudah beraktivitas di pantai itu.

Sebetulnya, kawasan pantainya itu tidak luas, namun terdapatnya tiga pulau yang berada di sekitar pantai, dapat menambah pesona keindahan pantai. Adanya tetumbuhan pepohonan yang tertata rapi dan memberikan keteduhan, pantai ini memberikan pesona keindahan yang menarik. Pohon-pohon ini memberikan lingkungan yang teduh untuk di nikmati wisatawan, terutama di sepanjang garis pantai yang cukup jelas untuk memungkinkan pengunjung melihat karang di dalamnya dan sangat memberikan nilai tambah pada pesona keindahan pantai secara keseluruhan.

Rute Perjalanan Menuju Pantai Goa Cina, Malang, Jawa Timur

Namun, kontur jalan masuk utamanya ke tempat wisata pantai Malang bagian selatan ini cukup menantang karena sekitar 500 meter jalan tersebut mengalami kerusakan parah apalagi jika musim hujan tiba. Sebenarnya jalannya agak lebar untuk di akses. Namun, selama musim hujan, jalan tersebut dapat menjadi sangat lembek dan licin ketika Anda mencoba berkunjung kesana karena kondisi tanah yang tidak rata serta banyaknya kerikil kapur yang tersebar di sepanjang jalan yang dapat membahayakan kendaraan terutama roda 2. Jadi, saran kami jika Anda ingin berkunjung ke Pantai Goa Cina, usahakan hindari kunjungan di saat musim hujan demi keselamatan dan menikmati hiburan Anda dengan senang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, terima kasih.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.