Film-Film Karya Mahasiswa dari FIK Udinus Diputar di Ajang SWIFF 2023

Film-Film Karya Mahasiswa dari FIK Udinus

Film-Film Karya Mahasiswa dari FIK Udinus Semarang

Tonggak sejarah baru telah dicapai dalam industri perfilman dunia dengan terpilihnya tujuh film pendek karya mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FIK) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang untuk dipresentasikan pada The Student World Impact Film Festival 2023 (SWIFF).

Mahasiswa Udinus dari Program Studi D-4 Film dan Televisi membuat semua film ini, yang diikutsertakan dalam festival melawan peserta dari lebih dari 120 negara yang berbeda.

Di antara tujuh film pendek tersebut adalah Anglocita karya Taufik Nabila, Preeetty Vacant karya Faizal Kusuma, dan Babad Wingking Griya karya Mahsa Livoni Aurellia.

Karya Ivan Valentinus dan Dimas Eddy, The Last Sunset dan Senandika, keduanya diterima untuk SWIFF 2023.

Kesuksesan mereka berujung pada produksi dan distribusi dua film selanjutnya: Utopia (sutradara Akbar Ikhlas A) dan film 1 (sutradara Radika Alif).

Faizal Kusuma, sutradara film tersebut, mengaku senang namun terkejut dengan kesuksesan film tersebut di dunia internasional.

Sejak film "Preeetty Vacant" dibuat pada tahun 2020/tahun pandemi dia dan 30 rekan kerjanya menyelesaikannya sampai selesai. Dia dan anggota tim lainnya sedang berjuang.

Faizal mengklaim film yang berlatar tahun 2020 dan menggambarkan wabah pandemi Covid-19 ini mengajak penonton untuk mengutamakan kesehatan dan menghindari kerumunan yang berlebihan.

Namun, tahun tersebut melihat banyak pemilihan berlangsung sekaligus, yang membutuhkan partisipasi pemilih dalam skala besar.

Baca juga: IKA Unimma Gelar Musyawarah Besar Tahun 2022

Epidemi terakhir telah merugikan banyak orang tidak hanya secara finansial tetapi juga dalam hal kesejahteraan fisik dan emosional mereka. Faizal, salah satu anggota kelompok FTV D-4 Prodi Udinus, mengatakan, "Kami terus berupaya menularkan konsep-konsep pemikiran positif melalui film-film karya kami".

The Student World Impact Film Festival 2023 (SWIFF) adalah salah satu festival film pelajar terbesar di dunia. Tanggal festival film 2023 adalah 18-25 Juni. Film-film yang lolos seleksi akan ditayangkan secara online. Lebih dari 10.000 orang telah memperoleh manfaat dari SWIFF di seluruh dunia.

The Student World Impact Film Festival (SWIFF) 2023 memberi para pembuat film platform untuk membangun jaringan dan mempromosikan karya mereka. Direktur Program Studi D-4 FTV Udinus, dr. Ruri Suko Basuki, M.Kom, menyatakan kepuasannya terhadap mahasiswa program tersebut setelah film-film mereka diterima dalam kompetisi dunia.

Selain itu, dia ingin memberi tahu murid-muridnya yang lain tentang prestasinya. Prodi FTV Udinus D-4 seringkali menuntut mahasiswa untuk membuat film sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Baik film fiksi maupun nonfiksi diproduksi.

Kami mengapresiasi setiap mahasiswa yang telah mengharumkan nama Udinus dengan berprestasi di bidang perfilman internasional. Menurut FTV Udinus, Ketua Prodi D-4, mahasiswa tidak cukup hanya membuat film, mereka juga harus mengirimkannya ke festival baik secara nasional maupun internasional.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.