Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat Hp & Persyaratannya

Cara Bayar Pajak Motor Online Lewat Hp

Cara Bayar Pajak Motor Online
Cara Bayar Pajak Motor Online

Mulai sekarang, Pemerintah dengan perusahaan berkomitmen menjalin kerja sama untuk mendukung program pemerintahan mensukseskan programnya cara bayar pajak motor online di seluruh Nusantara agar proses pembayaran pajak motor online lebih mudah dan cepat untuk mengurangi PUNGLI (Pemungutan Liar) yang sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat Indonesia. Ingin tahu panduan & syaratnya?. Simak penjelasannya Kompas Jateng Update berikut ini.

Cara Cek Pajak Motor Online Jawa Timur

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai cara bayar pajak motor online, sebaiknya Anda cek terlebih dahulu berapa besar biaya pajak kendaraan tahunan yang harus dibayarkan melalui sistem pajak motor online. Lantas bagaimana caranya?. Berikut salah satu contoh penjelasan cara cek pajak motor online di Jawa Timur yang bersumber dari Informasi Layanan oleh Bapenda Jatim.

  1. Kunjungi situs resmi Badan Pemerintah Daerah yang disediakan di setiap daerah menurut domisili Anda untuk mencari informasi Layanan Publik (contoh: https://info.dipendajatim.go.id).
  2. Pilih bagian Info PKB & klik “Selengkapnya”.
  3. Selanjutnya, masukkan Nomor Polisi.
  4. Ketikkan kode “chaptch”.
  5. Klik tombol “Cari”.

Selain mengakses situs yang dicontohkan di atas, masih ada cara lain untuk cek biaya pajak motor online, cukup kirim pesan melalui SMS di hp (handphone). Caranya adalah ketik: INFO RANMOR (spasi) Nomor_Polisi (contoh: INFO MH3SSSSSSSSSSS HHAAAAHHH), lalu kirim ke 8893.

Syarat Bayar Pajak Motor Online

Setelah memahami cara cek pajak motor di atas, ada beberapa persyaratan utama yang harus dipenuhi sebelum melakukan pembayaran pajak motor online, salah satunya adalah batas waktu keterlambatan membayar pajak motor tahunan sebelum jatuh tempo sesuai tanggal yang tertera di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan).

Selain batas waktu pembayaran, Anda perlu melampirkan beberapa dokumen ketika menukar bukti pembayaran diganti lembar pengesahan. Inilah beberapa dokumen yang diperlukan untuk dilampirkan:

  1. KTP pemilik kendaraan sesuai STNK (asli dan fotocopy).
  2. STNK (asli dan fotocopy).
  3. BPKB (asli dan fotocopy).
  4. Bukti pembayaran.

Bagaimana prosedur jika pemilik kendaraan tersebut BPKB aslinya masih Ditahan pihak leasing?. Anda hanya perlu meminta Surat Keterangan Penggunaan BPKB & Fotocopy BPKB dari pihak leasing Anda sebagai pengganti lampiran dokumen BPKB aslinya, (persyaratan pendukung ini tidak berlaku untuk pembayaran online lewat aplikasi SIGNAL).

Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor Online?

Seperti yang pernah Anda ketahui sebelumnya, sistem pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sering kali masyarakat diharuskan mendatangi kantor Samsat terdekat ketika ingin memperbaharui STNK. Saat ini pemerintah memberikan kemudahan untuk semua masyarakat yang ingin melakukan pembayaran pajak motor online yang bisa di akses melalui hp (handphone) sekalipun. Selain memudahkan masyarakat, program ini juga untuk mengurangi tingkat PUNGLI yang selama ini masyarakat perbincangkan. Lantas, bagaimana cara bayar pajak motor online tersebut?. Silahkan simak panduan Kompas Jateng berikut ini.

Cara Bayar Pajak Motor Online di SIGNAL-SAMSAT

Pembayaran PKB secara online yang biasanya menggunakan aplikasi Samolnas (Samsat Online Nasional), untuk sekarang aplikasi tersebut sudah diganti menggunakan aplikasi SIGNAL (Samsat Digital Nasional) dikeluarkan resmi oleh Korlantas Polri. Aplikasi ini bisa di download menggunakan handphone melalui Play Store maupun App Store.

Aplikasi yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri bernama SIGNAL-Samsat Digital Nasional. Pastikan Anda tidak salah mengunduh aplikasi resminya ya. Setelah selesai mengunduh aplikasinya, simak penjelasan berikut untuk panduannya!

Berikut panduan pembayaran pajak motor online lewat hp:

  1. Buka aplikasi SIGNAL.
  2. Silahkan untuk melakukan Registrasi Pengguna. (Jika belum tahu caranya, baca selengkapnya Cara Registrasi Pengguna di Aplikasi SIGNAL).
  3. Pilih “Pendaftaran Pengesahan STNK” & Pilih NRKB (Kendaraan motor yang sudah ditambahkan sebelumnya). Klik “Lanjut”.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan informasi besar biaya Pembayaran PKB dan SWDKLLJ di layar handphone.
  5. Lalu geser tombol “Kirim dokumen TBPKP”.
  6. Masukkan alamat pengiriman (pastikan semua data yang diperlukan sudah terisi semua dan sudah benar). Jangan lupa Pilih Jenis Pengiriman!. Klik “Lanjut”.
  7. Rincian biaya semuanya akan muncul pada layar hanphone Anda. Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar. Setelah yakin benar, klik “Lanjut”.
  8. Lalu muncul notifikasi “pilih cara pembayaran”, silahkan klik tombol tersebut.
  9. Selanjutnya tampil kode bayar, jumlah pembayaran, dan cara pembayarannya. Jika sudah, klik “Lanjut”.
  10. Selanjutnya tampil cara pembayaran berdasarkan nama bank yang sudah Anda pilih.
  11. Selesai.

Setelah mengetahui cara bayar pajak motor online yang sudah dijelaskan di atas, bagaimana menurut Anda, terbantukah Anda dengan adanya aplikasi SIGNAL tersebut? Silahkan tulis di kolom komentar ya!.

Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Timur melalui E-Samsat Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk pembayaran PKB sekarang ini sudah menggunakan sistem e-Samsat yang dapat di akses melalui website: https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/. Dengan menggunakan e-Samsat Jatim melalui sistem online, urusan bayar pajak motor sekarang ini sudah bisa dilakukan dirumah tanpa harus mendatangi Kantor Samsat, kecuali jika kamu ingin mengganti STNK dan Plat Nomor Kendaraan maka diperlukan datang di Samsat untuk dilakukan cek fisik kendaraan dan proses validasi oleh Petugas Kepolisian.

Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Timur melalui E-Samsat Jatim
Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Timur melalui E-Samsat Jatim

Cara bayar pajak motor online Jawa Timur sangatlah mudah dan simpel. Selain itu, pilihan pembayarannya pun bisa melalui marketplace atau e-wallet. Bahkan kamu bisa membayarkannya di Indomaret, Alfamart, Kantor Pos, Alfamidi, dan sebagainya. Ingin tahu caranya?.

Inilah Tata Cara Bayar Pajak Motor Online Jawa Timur melalui E-Samsat Jatim:

  1. Kunjungi https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.
  2. Silahkan klik “Pilih Samsat Asal Kendaraan”.
  3. Masukkan “Nomor Polisi” (Contoh: HH AAAA HHH).
  4. Isikan kode “captcha” di kolom “Entri kode keamanan”.
  5. Klik tombol “Cek Data Kendaraan”.
  6. Selanjutnya akan tampil: Identitas Kendaraan dan Rincian Pembayaran (PKB, Sanksi PKB, Progresif, SWDKLLJ, Sanksi SWDKLLJ, PNBP Pengesahan STNK, Parkir Berlangganan, dan Jumlah Total).
  7. Tekan tombol “Selanjutnya”.
  8. Masukkan “Nomor Mesin Kendaraan”, “Nomor Induk Kependudukan” dan pilih Bank Pembayaran (Bank Jatim atau Bank BTN).
  9. Masukkan alamat Email yang masih aktif (Optional).
  10. Tekan tombol “Kode Bayar”.
  11. Selanjutnya tampil “Kode Bayar” checklist Berhasil (Contoh: Kode Bayar Anda 0144123070700001).
  12. Tekan tombol “Cetak”.
  13. Silahkan baca petunjuk Kode Bayar E-Samsat Jatim yang sudah di cetak.
  14. Kembali ke website, klik tombol “Oke”.
  15. Selesai.

Setelah menyelesaikan pembayaran di Bank, silahkan kunjungi Kantor Samsat Jatim dengan melampirkan dokumen seperti KTP dan STNK asli untuk digantikan dengan lembar pengesahan STNK tahunan serta pengambilan TBPKP (bukti pembayaran PKB). Sampai disini proses kamu untuk pembayaran pajak motor melalui e-samsat jatim selesai.

Cara Bayar Pajak Motor Online di Indomaret

Indomaret yang sering kita kenal sebagai minimarket untuk membeli kebutuhan pokok, kini menyediakan layanan tambahan, yaitu bayar pajak motor online di Indomaret. Layanan ini bisa digunakan di seluruh gerai Indomaret terdekat. Tidak perlu repot masukin data, tinggal tunjukin dokumen ke petugas Indomaret. Pastikan sebelum datang ke Indomaret, persiapkan data-datanya terlebih dahulu agar proses bayar pajak motor tidak bermasalah ataupun kurang. Selain menggunakan aplikasi SIGNAL-SAMSAT, ternyata menggunakan cara ini sangatlah mudah dan simpel. Data apa saja yang diperlukan?

Silahkan persiapkan e-KTP asli, STNK, dan nomor HP yang bisa dihubungi, semuanya harus ada sebelum masuk Indomaret. Sesampainya disana, kamu hanya perlu menunjukkan dokument itu dan bilang ke petugas Indomaret kalau kamu ingin bayar pajak motor online. Maka proses pembayaran pajak motormu akan segera di proses. Informasi lebih lanjut tentang tata cara bayar pajak motor online di Indomaret, silahkan simak berikut ini.

  1. Kunjungi Indomaret terdekat.
  2. Langsung ke kasir tanyakan layanan bayar pajak motor online.
  3. Tunjukkan dokumen yang diperlukan (e-KTP dan STNK asli serta nomer hp yang bisa dihubungi).
  4. Silahkan bayar pajak motor sesuai nominal yang diminta oleh petugas kasir Indomaret.
  5. Pemilik STNK akan menerima pesan berupa SMS Registrasi dan Identification dari POLRI yang selanjutnya akan digunakan untuk proses cetak STNK baru di kantor Samsat.

Pastikan sebelum meninggalkan Indomaret, cek kembali datanya dan pastikan tidak ada yang keliru dengan data di STNK. Itulah tata cara bayar pajak motor di Indomaret yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Pertanyaan Seputar Bayar Pajak Motor Online

Apakah setelah bayar pajak online harus ke Samsat?

Perlu mendatangi Samsat dan tidak perlu mendatangi Samsat. PERTAMA perlu mendatangi samsat, jika kamu diharuskan untuk mengganti STNK dan Plat Nomor Kendaraan, maka kamu harus mendatangi Samsat asal kendaraan itu. KEDUA tidak perlu mendatangi samsat, apabila hanya diperlukan pembaharuan masa berlaku STNK saja maka kamu cukup bayar pajak motor secara online di aplikasi SIGNAL.

Apa nama aplikasi bayar pajak motor online?

Nama aplikasi bayar pajak kendaraan resmi dikeluarkan oleh Korlantas Polri digunakan untuk layanan perpanjang masa berlaku STNK secara online adalah aplikasi SIGNAL-Samsat Digital Nasional. Jangan sampai salah ya!. Aplikasi ini bisa kamu download melalui Play Store dan App Store, baik itu pengguna Android ataupun Iphone tetap bisa mendownload aplikasi ini di handphone.

Apa syarat bayar pajak motor online?

Syarat utama selain dokumen seperti KTP pemilik, STNK, BPKB, dan bukti pembayaran yang harus dilampirkan adalah masa berlaku STNK kendaraan kamu masih aktif. Karena ketentuan bisa menggunakan aplikasi SIGNAL yaitu masa berlaku STNK masih aktif.

Kesimpulan

Sebenarnya prosedur tata cara bayar pajak motor online yang diberlakukan di berbagai daerah kurang lebih sama. Sekalipun jika masyarakat menggunakan aplikasi SIGNAL dimana saja, maka prosedurnya akan tetap sama di setiap daerah. Maka dengan adanya sistem pembayaran pajak motor secara online yang digencarkan oleh Pemerintah saat ini, maka proses bayar pajak motor tidak perlu lagi masyarakat mendatangi kantor Samsat lagi. Cukup duduk dirumah saja maka urusan bayar pajak motor tahunan bisa diselesaikan melalui online tanpa harus ribet mengantri serta menghabiskan waktu Anda.

Demikian cara bayar pajak motor online lewat hp & persyaratannya. Tunggu apalagi, Yuk Bayar Pajak Kendaraan Sekarang juga!!.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.