Tips Sehat Perawatan Kulit Sensitif

Tips Sehat Perawatan Kulit Sensitif

Tips Sehat Perawatan Kulit Sensitif
Tips Sehat Perawatan Kulit Sensitif

Seperti yang kita bahas sebelumnya mengenai iritasi pada kulit yang sensitif, disini kami akan memberikan beberapa tips sehat perawatan kulit sensitif untuk pria maupun wanita. Apabila Anda memiliki sifat kulit sensitif ini, alangkah baiknya Anda mengikuti beberapa tips yang akan kami berikan dan semoga bisa membantu menyelesaikan permasalahan pada kulit sensitif Anda.

Carilah produk khusus kulit berlabelkan for sensitive skin, apabila susah mencarinya Anda dapat mencari produk lainnya yang memiliki kandungan bahan tumbuhan anti-inflammatory yang menenangkan seperti chamomile/aloe agar kondisi kulit tetap terjaga sehat.

Untuk membersikan riasan tersebut, Anda dapat menggunakan pembersih lembut yang memiliki kandungan sabun (soap free) atau Anda juga bisa memakai pembersih make up (make up remover) yang lembut untuk membersihkan pada kulit sensitif. Disaat membersihkan wajah Anda, selalu gunakan air, make up remover, dan tisu. Jangan pernah gunakan waslap karena waslap memiliki tekstur keras dan bisa merusak kulit sensitif Anda. Selain itu, janganlah sesekali menggunakan air dingin/air hangat sebab suhu ekstrem dapat memicu timbulnya iritasi pada kulit secara cepat. Jika ini terjadi pada kulit Anda, segera konsultasikan permasalahan tersebut ke dokter spesialis kulit terdekat.

Hindari penggunaan scrub dengan bulir-bulir. Apabila kulit Anda termasuk kulit yang sangat sensitif, salah satu cara yang harus dilakukan yaitu meninggalkan eksfoliasi selamanya. Apabila kulit Anda termasuk kulit yang berminyak, cobalah bersihkan dengan menggunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan ingredient salicylic acid dimana kandungan ini berguna membuka sumbatan dibagian pori-pori pada kulit. Karena kandungan ingredient ini sangat lembut untuk kulit sensitif pada scrub.

Selalu hindari penggunaan seperti penyegar yang memiliki kandungan alkohol karena produk yang memiliki kandungan alkohol akan lebih cepat memicunya reaksi pada kulit sensitif. Alangkah baiknya gunakan produk penyegar yang memiliki banyak kandungan witch hazel/lavender. Janganlah sesekali mencoba produk-produk baru yang belum diketahui kadar kandungan didalamnya yang sudah banyak di edarkan di luar.

Jika Anda tetap ingin mencoba produk-produk terbaru, alangkah baiknya lakukan tes terlebih dahulu sebelum digunakan dengan cara memberikan produk tersebut pada kulit di sembarang titik dan tunggu 24jam. Apakah ada reaksi atau tidak pada kulit Anda?.

Pilihlah sunbock dan pelembab yang dapat melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Agar wajah Anda terlindungi dari kontak langsung sinar matahari, lebih saya sarankan menggunakan sunbock yang mengandung zinc dan titanium lebih cenderung mengurangi iritasi disekitar kulit wajah.

Apabila menggunakan kosmetik mengalami iritasi seperti terasa tersengat dan wajah memerah, itu biasanya merupakan tanda pertama bahwa kulit Anda mengalami iritasi dan sebaiknya stop untuk pemakaian produk tersebut. Janganlah membeli produk-produk kosmetik murah, akantetapi lihat kandungan bahan di dalamnya agar tidak terjadi yang tidak di inginkan pada kulit Anda.

Demikian pembahasan mengenai tips sehat perawatan kulit sensitif. Jangan lupa ikuti sosial media saya ya dan terimakasih sudah membantu shared artikel ini. Baca juga artikel lainnya ya.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.