Jatim Park 3: Promo Tiket Masuk, Wahana, Jam Buka, Fasilitas, dan Lokasi

Jatim Park 3

Milenial Glow Garden di Jatim Park 3
Milenial Glow Garden

Lokasi: Jl Ir Soekarno No 144, Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur ID 65236.

Mengenal Wahana Jatim Park 3

Jatim Park 3 merupakan nama singkatan dari Jawa Timur Park 3 yang menunjukkan suatu obyek wisata yang ada di Jawa Timur. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata anak sebagai tempat hiburan terpopuler dengan berbagai kategori wahana yang bisa dikunjungi seperti taman hiburan bertema dinosaurus terbesar pertama di Indonesia lengkap dengan museum untuk memperkenalkan kepada anak bertema dinosaurus. Dimana bentuk dino ini dibuat mirip sekali seperti dinosaurus yang masih hidup mulai gerak dan suara sehingga anak bisa belajar mengenal gerak dan suara dino.

Jatim Park 3 selain sebagai taman hiburan edukatif keluarga, juga sebagai tempat untuk mengenal tokoh-tokoh terkenal di dunia yang dibentuk miniatur mirip tokoh aslinya sehingga kamu bisa mengabadikan dalam bentuk foto. Wahana Jawa Timur Park 3 seperti ini hanya ada di wahana The Legend Star. Dan masih banyak wahana lain disini seperti Milenial Glow Garden, Museum Musik Dunia, dan Funtech Plaza. Setiap wahana yang akan kamu kunjungi di sini memiliki kategori berbeda-beda di setiap wahana.

Setiap wahana yang ingin dikunjungi memiliki harga tiket masuk yang berbeda-beda, jadi kamu perlu menyesuaikan budget keuanganmu jikapun ingin memasuki semua wahana di Jawa Timur Park 3, kamu harus persiapkan budget ekstra dan waktu yang lama sebab setiap wahana disini memiliki tempat yang luas. Jadi, datanglah lebih awal supaya kamu bisa menikmati semua wahana disini. Berikut aktivitas seru selama di wahana Jatim Park 3:

Aktivitas Menyenangkan di Jatim Park 3

Wisata patung lilin di The Legend Star

The Legend Star adalah satu wahana obyek wisata park dari beberapa wahana di Jawa Timur Park 3 yang menyajikan ratusan bentuk patung lilin mirip para tokoh terkenal, banyak negara terkenal di dunia dan artis dunia dengan konsep rekreasi dan belajar untuk mengisi waktu libur bersama teman dan keluarga menemukan pengalaman dan wawasan baru dengan melihat replika tempat-tempat yang sering dikunjungi di berbagai negara. Semuanya itu disajikan dalam satu wahana disini, jadi kamu bisa menikmati dan mengabadikan semuanya dengan mengunjungi wahana The Legend Star di kota Batu Jawa Timur. Taman rekreasi ini cocok untuk segala usia.

Di wahana ini kamu bisa melihat pemain basket terkenal seperti Yao Ming yang di abadikan dalam bentuk patung lilin di The Legend Star Jawa Timur Park 3. Dia adalah seorang mantan atlet NBA yang berasal dari Shanghai, Tiongkok lahir pada tanggal 12 September 1980. Selain Yao Ming, kamu juga dapat melihat tokoh lainnya seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, bahkan pemain sepak bola terkenal seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan masih banyak lagi. Semua patung lilin ini dibuat mirip sekali dengan tokoh aslinya, jadi banyak pengunjung yang mengambil moment ini dengan berfoto bersama tokoh yang disukainya.

baju kimono jepang di the legend star jatim park 3
Baju Kimono Jepang di The Legend Star Jatim Park 3

The Legend Star juga menyajikan spot foto yang bertemakan negara-negara di dunia, salah satu spot foto yang saya rasakan adalah Jepang dengan pakaian tradisionalnya yakni Kimono. Penyewaan baju Kimono ini bisa ditemukan di zona Jepang, letaknya setelah zona Hollywood di atas. Jika kamu menyewa E-Bike, ini bisa dibawa masuk sampai ke tempat penyewaan baju Kimono. Biaya sewa baju Kimono sebesar Rp 50.000 selama 20-30 menit, jika lebih dari waktu yang sudah ditentukan, maka penyewa dikenakan denda.

Suasana Jepang terkenal akan pohon Sakura yang bisa digunakan untuk spot foto yang cantik. Ditambah deretan bangunan yang menggunakan serba kayu menjadikan suasana seperti sedang berada di negara Sakura dengan baju Kimono yang digunakan. Selama memakai baju Kimono, pengunjung dilarang masuk ke zona lain seperti zona Holly Wood, Korea, China, India, Belanda, dan masih banyak lagi. Jika ingin mengunjungi zona lain diharapkan pengunjung mengembalikan terlebih dahulu, setelah itu pengunjung bebas mau masuk ke zona lain.

Masih banyak tempat di dalam satu wahana ini seperti Miniatur Bandara Schiphol, Diagon Alley (sensasi perjalanan di film Harry Potter), dan masih banyak lainnya.

Interaktif Teknologi di Funtech Plaza

Funtech Plaza adalah obyek wisata di Jawa Timur Park 3 bertema futuristik terletak di indor sebagai taman rekreasi teknologi terkini. Wahana ini cocok untuk segala usia yang di visualisasikan dalam bentuk permainan. Jadi usia anak-anak dan dewasa dapat memakainya. Mulailah berpetualang bersama Hito seorang astronot pintar di Funtech Plaza.

Banyak aktivitas seru yang bisa dinikmati seperti Zumba Dance, Cyclo Movie, Let’s Smash, dan Aqua Sketch. Bagi pecinta teknologi pastinya akan suka dengan semua permainan di sini karena semuanya menggunakan teknologi canggih saat ini. Funtech Plaza benar-benar memberikan pengalaman terbaru dan berbeda di antara wahana-wahana di Jatim Park 3. Biaya masuk ke Funtech Plaza waktu weekday sebesar Rp 30.000 dan Rp 55.000 waktu Weekend. Wahana ini buka mulai pukul 12:00-20:00 WIB.

Surga Foto Tiga Dimensi di Secret Journey

Spot foto sering menjadi pilihan wisatawan ketika mengunjungi obyek wisata. Bagi penggemar fotografer, Secret Journey Jatim Park 3 menjadi surganya foto dengan property lengkap tiga dimensi. Lebih dari 20 spot foto yang tersedia bisa menjadi pilihan menarik dengan spot foto kekinian yang kreatif dan instagramable ditambah menggunakan aksesoris yang sudah disediakan menjadikan liburanmu semakin seru dan menyenangkan. Mau kapan lagi bisa menemukan spot foto seperti ini kalau bukan hanya di Jawa Timur Park 3.

Mengenal Alat Musik Dunia di Museum Musik Dunia

Di wahana ini pengunjung akan belajar berbagai macam alat musik dunia yang berasal dari Indonesia, China, India, dan masih banyak lainnya yang bisa menambah wawasan di dunia musik. Selain alat musik yang ditampilkan di Museum Musik Dunia, ada juga berbagai macam Genre yang bisa kamu temui disini seperti Genre Jazz (disini kamu bisa request lagu jazz menurut kesukaan kamu), Genre Rock, Genre Pop, Genre K-Pop, Genre Mandarin, Genre Keroncong, dan Genre Dangdut.

Masuk ke Museum Musik Dunia, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 40.000 dan Rp 55.000 di hari Weekend/hari libur. Museum Musik Dunia mulai buka dari pukul 11:00-21:00 WIB. Dengan waktu yang panjang diharapkan semua pengunjung dapat menikmati semua yang ada di sini.

Belajar Sejarah dan Kehidupan Dinosaurus di Dino Park

Dino Park Jawa Timur Park 3
Dino Park Jawa Timur Park 3

Dino Park adalah taman wisata yang menceritakan masa pra-sejarah dinosaurus di masa kejayaannya. Di sini banyak macam satwa pra-sejarah yang bisa kamu pelajari dan dikenalkan ke anak-anak bahwa dahulu satwa-satwa ini pernah tinggal di bumi dan fosilnya diabadikan di museum. Sedangkan di Dino Park Jawa Timur Park 3 menampilkan miniatur yang mirip dengan bentuk aslinya mulai dari ukuran mahluk yang berkali-kali lipat lebih besar seperti Tiranosaurus dan Apatosaurus.

Selain belajar mengenal dinosaurus, anak-anak bisa belajar mewarnai, membaca, dan kegiatan lainnya di Dino School. Selesai belajar, kamu bisa berjalan-jalan menelusuri hutan di tengah mahluk pra-sejarah lengkap dengan gerak dan suara di masing-masing satwanya. Semua ini bisa ditemui dengan masuk ke wahana The Rimba.

Kunjungan terakhir di Dino Park yang paling seru dan edukatif yaitu naik kereta Jelajah 5 Zaman. Bersama Jelajah 5 Zaman, kamu akan belajar zaman pra-sejarah kehidupan 17 zona dari Zaman Permian hingga Zaman Ice Age mengenal satu-satu dino yang ada di Jelajah 5 Zaman menggunakan kereta berkapasitas 48 orang. Kereta Jelajah ini bisa digunakan selama tidak turun hujan, jadi usahakan hindari musim hujan ketika berkunjung ke wahana Dino Park.

Menikmati Keindahan Lighting di Milenial Glow Garden

Milenial Glow Garden Malang
Milenial Glow Garden Malang

Milenial Glow Garden adalah wahana lighting yang digabungkan menggunakan teknologi terkini menggunakan Hi-Tech Projector, desain, dan seni yang bisa menarik perhatian para wisatawan untuk melihat dan merasakan keindahan sejuta lampu yang ditampilkannya. Pengunjung bisa menikmati gemerlap cahaya dan warna yang terpancar di setiap taman. Ketika masuk ke sini, kamu akan merasakan seperti masuk ke negeri dongeng dimana semuanya itu serba unik dan estetik. Milenial Glow Garden ini mulai buka pukul 15:00-21:00 WIB dengan biaya tiket masuk waaktu weekday sebesar Rp 80.000 hingga Rp 100.000 di waktu Weekend.

Memacu Adrenalin di Predator Fun Park

Bagi kamu yang tidak takut akan aksi roller coaster dan papan luncur, mungkin wahana Predator Fun Park bisa jadi pilihan kunjungan berikutnya selama berlibur di sini, sebab wahana ini memiliki jalur rel coaster terpanjang di Indonesia saat ini. Jadi, jangan pernah lewatkan keseruan ini bersama teman dan keluarga.

Promo Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 Terbaru 2023

Bagi kamu yang ingin menikmati semua wahana yang ada di Jatim Park 3 update terbaru Desember 2023, kamu bisa lihat daftar price list berikut ini:

Harga Tiket Tiap Wahana

Tiket masuk Funtech Plaza

  • Weekday: Rp 30.000/orang
  • Weekend: Rp 55.000/orang

Tiket masuk The Legend Star

  • Weekday: Rp 70.000/orang
  • Weekend: Rp 90.000/orang

Tiket masuk Milenial Glow Garden

  • Weekday: Rp 80.000/orang
  • Weekend: Rp 100.000/orang

Tiket masuk Museum Musik Dunia

  • Weekday: Rp 40.000/orang
  • Weekend: Rp 55.000/orang

Adapun paket tiket promo murah yang bisa kamu beli jika mengambil paket wahana yang ada di price list dibawah ini:

Promo Paket Tiket Jatim Park 3

Paket 1 ( Dino Park+The Legend Star)

  • Weekday: Rp 140.000/orang
  • Weekend: Rp 160.000/orang

Paket 2 (Milenial Glow Garden+Funtech Plaza+Museum Musik Dunia)

  • Weekend: Rp 120.000/orang
  • Weekend: Rp 140.000/orang

Paket 3 (Dino Park+Milenial Glow Garden)

  • Weekday: Rp 140.000/orang
  • Weekend: Rp 170.000/orang

Paket 4 (Dino Park+Funtech Plaza+Museum Musik Dunia+Circus Magic+Scret Journey)

  • Weekday: Rp 150.000/orang
  • Weekend: Rp 170.000/orang

Paket 5 (Milenial Glow Garden+Predator Fun Park)

  • Weekday: Rp 140.000/orang
  • Weekend: Rp 160.000/orang

Semua promo tiket masuk Jatim Park 3 diatas berlaku mulai 10 Februari 2023 dan bisa kamu beli secara offline di lokasi loket penjualan. Nanti setelah membeli tiket di loket penjualan, kamu akan diberikan gelang identitas paket wisata yang kamu beli di sana. Setiap memasuki wahana, nanti kamu akan diminta untuk menunjukkan gelang identitas tersebut ke petugas jaga sebelum masuk ke tempat wahana.

Fasilitas di Jatim Park 3

Jawa Timur Park 3 memiliki segudang macam wahana dan atraksi sekaligus tempat belajar untuk anak-anak untuk mengisi waktu libur ketika datang ke tempat wisata yang ada di kota Batu Jawa Timur. Jatim Park 1,2,3 itu sendiri sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan, seperti:

  • Toilet
  • Area parkir luas
  • Mushola
  • Smoking area
  • Tempat sewa E-bike
  • Food court
  • Baby care
  • Rute E-bike

Semua fasilitas itu tidak hanya ada di luar wahana bermain saja, akantetapi di dalam wahana juga tersedia di sana kecuali tempat sewa E-Bike dimana tempat penyewaan ini hanya ada di dalam wahana.

Jam Operasional Jatim Park 1,2,3

Sebelum mengunjungi Jatim Park 1,2,3 yang perlu kamu ketahui adalah kapan jam operasional Jatim Park mulai di buka supaya tidak terlalu lama menunggu di lokasi. Berikut kumpulan jam operasional Jatim Park 1,2,3:

  • JTP 1: 08:30-16:30 WIB
  • JTP 2: 09.30:-17:30 WIB
  • JTP 3: 11:00-21:00 WIB

Tips Berlibur ke Jatim Park 3

dino park jatim park 3

Jawa Timur Park 3 memiliki berbagai tempat wisata terbuka dan memiliki lokasi wisata yang sangat luas di setiap wahana yang ada di sana. Maka perlu adanya tips dan saran yang diikuti sebelum mengunjungi wahana Jatim Park 3 sebagai berikut:

1. Pastikan membeli tiket masuk di loket penjualan yang tersedia. Tiket merupakan identitas dan bukti kalau kamu sudah bisa masuk ke wahana tersebut dengan menunjukkan gelang identitas.

2. Pastikan sudah makan sebelum masuk ke wahana. Walaupun di dalam wahana sudah disediakan tempat food court, alangkah baiknya sebelum masuk ke wahana kamu sudah makan terlebih dahulu.

3. Sewa E-Bike yang telah disediakan di dalam wahana. Karena setiap wahana di Jawa Timur Park 3 ini memiliki tempat luas yang harus dikunjungi, kami sarankan gunakan jasa penyewaan E-Bike yang telah disediakan oleh penyedia jasa yang ada di dalam wahana.

4. Bawa Payung atau Jas Hujan. Dengan membawa perlengkapan ini, ketika kamu sedang menikmati kereta Jelajah 5 Zaman dan tiba-tiba turun hujan, maka payung atau jas hujan bisa melindungi badan dari air hujan.

5. Bawa Kamera atau Smartphone. Jangan lupa abadikan semua moment indah ini ke dalam foto selama berwisata di sini.

Semoga semua informasi, tips dan saran ini bermanfaat untuk kamu yang berencana ingin berlibur ke Jatim Park 3! Temukan wisata lain yang tak kalah serunya hanya di Wisata Jawa Timur.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.