Pantai Balekambang: Tempat Wisata Terbaik di Jawa Timur

Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang

Mengenal Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah satu dari beberapa pantai terdekat di Malang yang memiliki daya tarik tersendiri seperti panorama alam, pasir pantai putih, dan ombak besar, dimana lokasi pantai berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. Terdapat banyak karang laut di pantai ini yang membentang ke arah laut. Adapun 3 pulau kecil cukup terkenal ramai di datangi oleh wisatawan dalam negeri atau mancanegara yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Anoman yang hanya bisa di akses menggunakan perahu. Prasarana yang disediakan di antaranya tempat parkir luas, mushola, pendopo, pusat informasi, camping ground, penginapan, kios cinderamata (baju, topi pantai, dll), warung makan, kamar mandi, pedagang makanan dan minuman. Di sekitar pura banyak ditemui juga penjual buah-buahan seperti pisang, mangga, salak, sirsak, alpukat, dll.

Jarak Malang ke pantai Balekambang jika berangkat dari alun-alun Malang berjarak sekitar 56 km dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam perjalanan. Jalan menuju Balekambang bisa di akses melalui Jalan Kondang Merak atau Jalan Pantai Bale Kambang. Karena lokasi pantai dekat dengan pegunungan, sawah, dan hutan maka pengendara diharapkan berhati-hati sebab sebagian jalannya masih rusak dan pelosok. Akantetapi semua itu akan terbayar ketika sudah sampai di pantai dengan pesona keindahan pasir putih yang lembut dan karang-karang besar yang berada di tengah laut.

Pengunjung pantai diharapkan untuk tidak berenang di sepanjang pantai dikarenakan ombak yang besar demi keselamatan pengunjung. Banyak aktivitas lainnya selain menikmati panorama pantai dan laut, pengunjung dapat melakukan aktivitas seperti ayunan, berjemur, bermain di tepi pantai (menerbangkan layang-layang), dan camping di pantai. Jika Anda datang pada hari Sabtu dan Minggu, ada fasilitas tambahan seperti permainan flying fox dan ATV.

Sebagai pendukung fasilitas pantai untuk pengujung, pihak pengelola pantai sudah menyediakan penginapan di pantai Balekambang yang memberikan pemandangan mengarah ke pantai dan laut lepas untuk pengunjung yang ingin berencana menginap di sekiaran pantai berupa homestay. Harga homestay di pantai Balekambang rata-rata dibandrol dengan tarif Rp250.000/hari atau Rp150.000 selama 6-8 jam. Fasilitas homestay yang ditawarkan seperti kasur spring bed ukuran 160x200 (cukup digunakan untuk 2 orang dewasa), kipas angin, dan kamar mandi dalam. Waktu check in homestay di sini bebas tidak ada aturan tamu hotel harus check in di jam tertentu, akantetapi tamu hotel diharuskan check out maksimal pukul 15:00. Jika pengunjung ingin menginap dengan camping di pantai Balekambang tetapi tidak membawa perlengkapan camping, pengunjung bisa menyewa perlengkapan camp seperti tikar, lampu tenda+baterai, tenda, kursi lipat, dll.

Keindahan Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang

Pantai yang penuh panorama alam, pasir pantai putih, ombak besar, dan air laut yang begitu jernih berwarna kebiruan membuat pesona pantai terlihat semakin indah. Pantai Balekambang benar-benar memberikan kesan pengalaman tersendiri bagi para pengunjungnya ketika datang ke tempat wisata ini. Salah satu daya tarik yang unik dari pantai ini adalah adanya Pura Luhur Amertha Jati dimana pura tersebut terletak di atas pulau batu karang, mirip menyerupai Pantai Tanah Lot di Bali.

Akses jalan untuk menuju Pura tersebut yaitu pengunjung hanya perlu menyeberangi jembatan diatas pantai sepanjang kurang lebih 70 meter dimana jembatan tersebut menghubungkan dengan Pulau Ismoyo. Tak hanya menghubungkan Pulau Ismoyo, terdapat juga pulau lainnya seperti Pulau Anoman dan Wisanggeni dimana lokasinya yang berjajar sama ke arah barat.

Keunikan lainnya terjadi jika sudah masuk di bulan Suro atau malam Suro (sesuai dengan perhitungan kalender Jawa), karena hari itu ada kebiasaan kegiatan khusus yang sering dilakukan oleh masyarakat lokal seperti Upacara Suroan dan juga Upacara Jalanidhi Puja. Suasana unik ini menambah daya tarik pantai, serta menciptakan kenangan yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya. Keunikan inilah menjadikan masyarakat luas baik dari lokal maupun mancanegara ramai mengunjungi Pantai Balekambang. Jadi tak heran jika pantai ini tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Sejarah Pantai Balekambang

Dibalik pesona pantai yang dimiliki ternyata ada kisah menarik mengenai perkembangan nama Balekambang. Menurut sumber Wikipedia, Pantai Balekambang awal mula diresmikan oleh Syaikh Abdul Jalil asal Yogyakarta. Setelah pantai mengalami perkembangan dengan membuka akses jalan dan mulai didudukinya oleh masyarakat luas pada tahun 1978. Semakin kesini nama Balekambang mulai dikenal oleh masyarakat luas setelah pemimpin Bupati Malang, Eddy Slamet meresmikan tempat wisata ini pada tahun 1983.

Pada waktu itu, jalannya masih tidak beraturan dan susah di akses, tetapi hal ini tidak menyurutkan minat pengunjung untuk datang ke sini. Pantai Balekambang bahkan diresmikan sebagai lokasi acara perkemahan pramuka Kabupaten Malang, sehingga menambah daya tariknya sebagai destinasi wisata malang yang menarik. Dengan sejarah yang kaya, Balekambang terus berkembang menjadi tempat yang menyenangkan dan menyimpan banyak kenangan bagi pengunjung pastinya.

Fasilitas Pantai Balekambang yang Tersedia

Panorama Alam Pantai Balekambang

Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa dinikmati setiap pengunjung pantai selama di sini:

Penginapan

Adapun penginapan yang disediakan untuk pengunjung jika ingin bermalam di sekitar pantai dengan harga terjangkau. Penginapan di pantai Balekambang Malang diantaranya adalah penginapan Wibisono 1-2, penginapan d’homestay, penginapan kopi69 Balekambang, penginapan PHR GT1, dan homestay Carista. Semua penginapan ini memiliki fasilitas yang sama seperti kasur spring bed ukuran queen, cukup bisa digunakan 2 orang dewasa. Harga homestay per malan dikenakan tarif sebesar Rp250.000. Jika pengunjung ingin sekedar beristirahat di dekat pantai dan selama kamar masih tersedia, semua homestay yang kami sebutkan itu menyediakan penginapan dengan tarif Rp100.000 selama 6-8 jam.

Area parkir

Fasilitas area parkir di Balekambang sudah cukup luas dan aman, jadi pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di sekitarnya tidak jauh dari lokasi pantai. Tarif parkir kendaraan yang dikenakan setiap pengendara sebesar Rp5.000 saat memasuki loket tiket masuk pantai Balekambang.

Flying fox

Permainan flying fox ini bisa dinikmati di hari Sabtu-Minggu. Terbang meluncur menyeberangi lautan akan memberikan sensasi tersendiri untuk menguji adrenalin. Saat meluncur, panorama alam pantai terpampang indah dengan laut lepasnya yang bisa dinikmati. Biaya permainan flying fox ini dikenakan harga sebesar Rp35.000 per orang.

Camping ground

Aktivitas camping ground seringkali jadi pilihan banyak pengunjung yang ingin menatap lebih lama panorama alam yang disuguhkan. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana pantai di malam hari, melihat milkyway awan berbintang, mungkin pilihan camping di pantai Balekambang bisa menjadi liburan menyenangkan dan menambah keseruan tersendiri. Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan bercamping, pengunjung bisa menyewa ke tempat persewaan camp di sekitaran pantai. Harga sewa tenda untuk tenda kap 2 sebesar Rp30.000 sedangkan tenda kap 4 sebesar Rp50.000. Semua penyewaan tenda itu hanya di sewa selama 2 jam, selebihnya akan dikenakan tarif sewa sesuai yang berlaku.

Kamar mandi

Setelah seharian beraktivitas di tepi pantai, bermain pasir pantai dan air laut di bibir batas pantai, kamar mandi menjadi fasilitas pantai yang digunakan setiap pengunjung untuk membersihkan badan dan tempat mengganti pakaian. Biaya jasa yang dibebankan setiap orang penggunanya untuk Mandi sebesar Rp4.000 per orang.

Warung makan

Tempat warung makan seringkali menjadi tujuan kuliner ketika berkunjung di pantai. Apalagi aktivitas pantai seharian yang menguras tenaga, diperlukan makanan dan minuman untuk penggantinya. Makanan pantai ini tentu berbeda dengan warung makan pada umumnya. Makanan pantai di warung makan biasanya menyediakan menu makanan laut seperti gurita, udang lobster, kepiting, dan cumi-cumi. Warung Makan Beerhouse Bale Kambang yang berlokasi di Jalan Bale Kambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65179, menyediakan aneka seafood dan ikan bakar yang bisa dipesan di tempat atau pesan antar melalui nomer reservasi whatsapp ke 085735514421.

Kios cinderamata

Cinderamata seringkali menjadi tujuan akhir ketika berkunjung ke sebuah tempat wisata yang selalu didatangi oleh banyak orang untuk mencari oleh-oleh pantai seperti topi pantai, kacamata, gelang, baju bertuliskan nama pantainya, dll. Cinderamata seperti ini sudah menjadi ciri khas seseorang sudah berkunjung di sebuah tempat wisata tujuannya.

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Ketika memasuki loket tiket masuk Balekambang, pengunjung akan dikenakan biaya parkir dan tiket masuk ke pantai. Adapun besaran harga tiket masuk pantai Balekambang yang harus dibayarkan sebesar Rp20.000 per orang (belum termasuk biaya parkir). Sedangkan tiket parkir sepeda motor dikenakan biaya sebesar Rp5.000, untuk mobil Rp10.000. Lokasi parkir mobil terletak di sebelah selatan menghadap ke pantai langsung, jadi tidak perlu jalan kaki untuk menuju lokasi pantai.

Jalan Menuju Pantai Balekambang

Sekarang ini ruas jalan menuju jalan Balekambang sebagian besar sudah beraspal mulus dan jalan beton meski jalannya cukup ekstrim perlu berhati-hati ketika berkunjung ke sini. Selain jalan yang ekstrim, disebagian tempat masih ada jalan yang masih rusak. pepohonan tinggi, dan melewati beberapa pedesaan sebelum sampai di jalan Bale Kambang Malang. Berikut beberapa alat transportasi yang bisa menjadi pilihan aksesibilitas menuju jalan Balekambang:

Menggunakan Kendaran Pribadi

Akses menggunakan kendaraan pribadi bisa ditempuh melalui 2 jalur:

  • Jalur 1: Alun-alun Malang-Kepanjen-Pagak-Bantur-Bale kambang-Pantai Bale kambang.
  • Jalur 2: Stasiun Malang-Jl. Panglima Sudirman-Jl. Patimura-Jl. Trunojoyo-Jl. Gatot Subroto-Jl. Raya Tambakrejo-Jl. Letjend Panjaitan-Jl. Raya Wongiri Wonokerto-Jl. Kyai Radiman-Bantur-Jl. Bale kambang-Jl. Pantai Bale Kambang.

Akses jalan menuju pantai ini bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi dan transportasi Angkutan KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional) seperti bus Damri.

Menggunakan Angkutan KSPN Damri

Bus ini beroperasi di sejumlah rute di wilayah Jawa Timur, terutama untuk daerah Malang untuk menghubungkan masyarakat ke tempat wisata lokal. Dengan adanya Angkutan KSPN Damri diharapkan dapat membantu aksesibilitas wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata pantai di Jawa Timur yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Berikut detail perjalanan menggunakan Angkutan KSPN Damri Malang untuk bulan September 2023:

1. Pool Damri Malang menuju pantai Balekambang lewat Turen

Bus Damri Malang menuju pantai Balekambang via Turen

Jadwal keberangkatan bus Damri:

  • Berangkat dari pool Damri Malang pukul 07:00 WIB.
  • Berangkat dari Terminal Hamid Rusdi pukul 08:00 WIB.
  • Berangkat dari pantai Sendang Biru pukul 15.40 WIB.

Tarif biaya perjalanan Angkutan KSPN sebesar Rp13.000 per orang dengan rute perjalanan via Turen: Pool Damri Malang-Termnal Hamid Rusdi-Pantai Sendang Biru-Pantai Balekambang.

2. Pantai Sendang Biru menuju pool Damri Malang lewat Bantur

Jadwal keberangkatan bus Damri:

  • Berangkat dari Pantai Sendang Biru pukul 07:00 WIB.
  • Berangkat dari Pantai Balekambang pukul 07.40 WIB.
  • Berangkat dari Pool Damri Malang pukul 15:00 WIB.
  • Berangkat dari Terminal Hamid Rusdi pukul 16:00 WIB.

Tarif biaya perjalanan Angkutan KSPN sebesar Rp13.000 per orang melalui rute perjalanan via Bantur: Pantai Sendang Biru-Pantai Balekambang-Terminal Hamid Rusdi-Pool Damri Malang. Semua perjalanan ini bisa dipesan melalui aplikasi Damri yang di unduh melalui Google Play Store dan Apps Store.

Tips Berlibur ke Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang adalah destinasi wisata terbaik di Jawa Timur yang menyenangkan untuk dikunjungi dengan daya tarik pantai seperti panorama alam, pasir pantai putih lembut, dan ombak besar. Makanya tak heran tempat wisata pantai ini tak pernah sepi pengunjung. Berikut beberapa tips liburan ke pantai untuk memaksimalkan dan mendukung aktivitas menyenangkan di pantai:

1. Memilih pakaian dan alas kaki yang tepat: Menggunakan pakaian berbahan katun yang nyaman dan ringan, celana pendek, dan sandal jepit anti selip supaya tidak mudah tergelincir ketika berjalan diatas bebatuan karang.

2. Kenakan tas ransel anti-air: Membawa tas rangsel yang tahan air ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas camping di pantai guna melindungi barang-barang yang dibawa ketika turun hujan dan air laut yang mengharuskan Anda meninggalkan barang-barang bawaan di tenda untuk berteduh ke tempat yang lebih aman.

3. Pilih waktu yang tepat: Hindari cuaca di saat musim penghujan ketika mengunjungi pantai, sebab aktivitas outdoor seperti camping ground saat musim hujan sangat tidak tepat untuk dikunjungi.

4. Mencoba wahana dan fasilitas yang tersedia: Nikmati wahana dan fasilitas pantai seperti flying fox, ayunan, dll tanpa ragu ingin mencoba.

5. Duduk santai di tepi pantai sambil minum kelapa muda: Nikmati keindahan pantai dan kesegaran dari air kelapa muda, menjadi kenikmatan yang luar biasa selama berlibur ke pantai.

6. Jangan lupa bawa kamera: Pantai Balekambang dengan pemandangannya yang menawan dan indah sungguh memikat para pecinta fotografi ingin mengabadikan moment terbaik keindahan pantai.

Semoga tips liburan ke pantai diatas dapat membantu Anda menikmati liburan yang aman dan menyenangkan.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan selamat menikmati liburan serunya di Pantai Balekambang Malang. Ikuti dan cari informasi tempat wisata Jawa Timur lainnya disini! Semoga liburanmu menyenangkan. 😊

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.