Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Liburan Ke Malang Bersama Anak Dan Istri Menggunakan Mobil Pribadi Toyota Calya

Liburan Ke Malang Bersama Anak Dan Istri Reservasi di Senyum World Hotel
Reservasi Hotel di Senyum World Hotel di Kota Batu Jawa Timur

Liburan Ke Malang Bersama Anak Dan Istri

Tahun 2022 tepatnya di bulan Agustus, keluarga kecil kami berencana ingin berlibur ke Malang sekalian ingin mencari tempat penginapan untuk istri saya selama belajar di Pasca Universitas Negeri Malang (S3) Jurusan Bimbingan dan Konseling untuk menambah ilmu pengetahuan di dunia pendidikan. Sembari mencari tempat penginapan di dekat kampus, kami berencana ingin liburan ke malang bersama anak dan istri menggunakan mobil pribadi toyota calya. Liburan pertama kami di kota Malang yaitu ke Jatim Park 3 dan Milenial Glow Garden yang sedang viral di sosial media. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit informasi kepada anda mulai dari rincian biaya perjalanan dari kota Magelang ke kota Malang, biaya penginapan, dan biaya masuk ke tempat wisata Jatim Park 3. Pasti ada yang bertanya, kenapa wisata ke Milenial Glow Garden tidak di cantumkan ke rincian biaya? Simak sampai selesai pengalaman pribadi liburan ke Malang.

Apa Saja Yang Perlu Dipersiapkan?

Biaya Reservasi Hotel Di Senyum World Hotel Pemilihan Kamar Delux Thematic

Sebelum berangkat ke Malang, saya memesan salahsatu Hotel Bintang 4 di kota Batu yaitu Senyum World Hotel. Kebetulan hotel tersebut memberikan promo spesial dari tanggal 01 July 2022 sampai 30 September 2022. Promo spesial yang saya dapat dari pembelian tersebut yaitu berupa gratis tiket masuk ke Milenial Glow Garden dan include breakfast / makan pagi dengan pemilihan kamar / room minimal tipe Deluxe. Kali ini saya memilih kamar / room dengan tipe Deluxe Thematic untuk check-in 18 Agustus 2022 check-out 19 Agustus 2022. Jadi ini alasan saya kenapa tujuan wisata ke Milenial Glow Garden tidak masuk ke rincian biaya, karena biaya tersebut sudah include pemesanan hotel di Senyum World Hotel. Setelah tanggal 18 Agustus, saya juga sudah booking di Senyum World Hotel dengan memilih kamar Deluxe Room Only melalui Traveloka untuk tanggal check-in 19 Agustus 2022 – check-out 20 Agustus 2022. Setelah selesai mempersiapkan mulai dari penginapan sampai makan, saya memperhatikan mobil pribadi saya yang akan digunakan selama perjalanan menuju kota Malang.

Reservasi di Senyum World Hotel kota Batu Jawa Timur
Reservasi di Senyum World Hotel kota Batu Jawa Timur

Rincian Biaya Reservasi Hotel Di Senyum World Hotel Malang Kota Batu Jawa Timur
Rincian Biaya Reservasi Hotel Di Senyum World Hotel Malang Kota Batu Jawa Timur

Tips Sebelum Perjalanan ke Malang Agar Tetap Aman

Mobil pribadi yang kami miliki yaitu toyota calya tahun 2020 warna silver metalic. Mobil ini sudah terkenal sangat irit bbm dikarenakan sudah menggunakan sistem injeksi untuk proses pembakarannya, sehingga proses pembakarannya sangat sempurna asalkan pemilik kendaraan sangat memperhatikan kondisi kesehatan mobil. Seperti yang sedang saya lakukan ini. Sebelum mobil tersebut saya pakai untuk perjalanan ke Malang, saya memastikan kondisi mesin, sistem pengereman, dan kaki-kaki mobil berjalan dengan semestinya dan berfungsi sebagaimana mestinya. Setelah memastikan kondisi mobil dalam keadaan sehat, persiapan selanjutnya yaitu diri kita sendiri. Kenapa? Karena perjalanan dari kota Magelang menuju ke kota Malang itu sangat jauh, sehingga diperlukan stamina yang cukup sehat. Setelah semuanya dipersiapkan, selanjutnya kami mulai melakukan perjalanan di hari berikutnya.

Cerita Selama Perjalanan Menuju kota Malang

Perjalanan kami menuju kota Malang dari kota Magelang melalui jalan Tol mulai pukul 23.00 sampai ditujuan Pasca Universitas Negeri Malang pukul 06.00. Seperti rencana awal liburan ke Malang sekalian mencari penginapan untuk istri saya, maka tujuan utama saya yaitu mencari tempat penginapan terlebih dahulu yang dekat dengan kampus. Setelah mendapat tempat penginapan di dekat kampus, kami sekeluarga beristirahat sejenak di tempat penginapan / kost sambil makan pagi terlebih dahulu. Setelah itu saya melajutkan perjalanan menuju Senyum World Hotel karena saya mulai booking room / kamar check-in pukul 15.00 check-out pukul 12.00 hari berikutnya untuk tanggal 18 Agustus 2022.

Aktivitas Selama Liburan ke Malang Bersama Anak dan Istri

Hari pertama tujuan liburan ke Malang yaitu menikmati keseruan di Milenial Glow Garden. Ingin tahu keseruan kami di Milenial Glow Garden, silahkan baca artikel liburan tentang Rekomendasi Tempat Wisata Ketika Liburan di Kota Malang Bersama Anak Belajar Edukasi Mengenal Dinosaurus di Jatim Park 3 dan Milenial Glow Garden. Jika kalian ingin ke kota Malang, tidak ada salahnya anda dan keluarga berlibur ke dua tempat wisata tersebut. Berikut akan saya berikan rincian biaya perjalanan pribadi kami menggunakan mobil toyota calya bersama anak dan istri, simak penjelasannya berikut ini.

Estimasi Biaya Perjalanan Dari Kota Magelang Ke Malang

Bagi kalian yang sedang dan ingin berpergian dalam acara liburan ke Malang bersama anak dan istri menggunakan mobil pribadi terutama menggunakan mobil toyota calya seperti yang saya gunakan sekarang ini, berikut estimasi biaya perjalanan dari kota magelang ke malang yang sudah saya rinci sebagai bahan persiapan perkiraan biaya yang harus dipersiapkan selama perjalanan.

Persiapan dan Estimasi Biaya Sebelum Perjalanan Menuju Malang:

1. Pengisian Bahan Bakar (BBM)

Sebelum melakukan perjalanan ke Malang, saya mempersiapkan pengisian bahan bakar (BBM) untuk kendaraan saya sendiri yaitu toyota calya tahun 2020 dengan jenis transmisi manual (MT) direkomendasikan oleh pabrikan toyota untuk menggunakan bahan bakar minimal pertamax (Ron 92) sesuai petunjuk buku manual yang saya dapat waktu pertamakali menerima unit tersebut. Sesuai petunjuk tersebut maka saya sampai saat ini masih menggunakan bahan bakar jenis pertamax untuk kendaraan saya. Waktu itu harga bahan bakar jenis pertamax berkisar Rp 12.500/liter untuk wilayah Jawa Tengah. Saat itu saya mengisi kendaraan saya dengan jenis pertamax dari posisi indikator bensin di spidometer menunjukkan sisa satu bar/satu balok sampai penuh menghabiskan biaya Rp 400.000 full pertamax.

Setelah mengisi bahan bakar, maka saya mempersiapkan biaya untuk perjalanan selama di jalan toll karena sesuai rencana kami sekeluarga akan melalui jalan toll masuk dari gerbang tol bawen sampai gerbang tol singosari malang. Persiapan berikutnya yaitu melakukan top up kartu e-toll.

2. Top Up Kartu E-Toll

Perjalanan liburan ke malang bersama anak dan istri kali ini direncanakan menggunakan jalur tol sampai di malang. Dikarenakan pembayaran biaya tol menggunakan kartu e-toll, maka semua kendaraan roda 4 diharuskan memiliki kartu e-toll saat melakukan pembayaran di setiap gerbang tol yang dilaluinya. Kebetulan kami sekeluarga melakukan perjalanan tersebut dari kota magelang ke malang menggunakan jalur tol dari gerbang tol bawen semarang sampai gerbang tol singosari. Sebelum masuk tol, saya pastikan saldo yang berada di kartu e-tol saya mencukupi. Maka, sebelum melakukan perjalanan saya melakukan top up kartu e-toll saya di indomaret yang masih jadi satu tempat waktu pengisian bahan bakar. Waktu itu saya melakukan top up sebesar Rp 400.000 dengan biaya pembayaran cash sebesar Rp 401.500.

Setelah kartu e-toll saya dipastikan mencukupi untuk pembayaran selama perjalanan di jalan tol, maka saya mempersiapkan kondisi kendaraan yang akan kami gunakan dipastikan dalam keadaan prima dan layak untuk digunakan selama perjalanan. Jangan sampai perjalanan anda sekeluarga menjadi tidak nyaman dikarenakan terjadi gangguan atau masalah pada mobil anda. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi safety seperti mobil toyota calya saya ini yang akan menemani perjalanan kami sekeluarga menuju malang.

3. Perawatan Mobil Toyota Calya

Sebelum perjalanan liburan ke malang bersama anak dan istri menggunakan mobil pribadi toyota calya, saya melakukan service kecil-kecilan seputar pembersihan ruang bakar seperti busi iridium, sensor MAF (Mass Airflow), filter udara, throtle body, pengecekan ketinggian air AKI serta melakukan pengisian daya AKI, penyetelan kampas kopling, dan melakukan pengecekan ketinggian oli seperti oli mesin dan oli rem. Tidak lupa juga saya melakukan pengecekan air wipper karena hal ini sangat penting bagi kami sekeluarga demi keselamatan selama perjalanan sebab jika terjadi hujan yang sangat deras sehingga mengganggu pandangan saya selama mengendarai, maka air wipper inilah yang dapat membantu saya dapat melihat dengan jernih untuk pandangan di depan. 

Tentu air wiper ini tidak di isi dengan air biasa. Air wipper selama ini saya gunakan untuk mobil toyota calya saya yaitu wipper fluid produk dari KIT dengan harga yang cukup relatif terjangkau akantetapi fungsinya sangat bermanfaat untuk kami selama di perjalanan selama ini. Selain melakukan pengecekan di area ruang mesin depan, tidak kalah pentingnya juga saya melakukan pembersihan di area dalam kabin agar udara yang dikeluarkan melalui kisi-kisi AC tetap bersih dan bebas kuman. Tentu hal ini dapat membantu kenyamanan anda dan keluarga selama diperjalanan.

Bagian saluran AC sendiri saya tidak melakukan pembersihan total, melainkan membersihkan bagian filter AC dan blower AC saja agar udara yang dikeluarkan melalui kisi-kisi AC terasa sejuk dan bebas kuman.

Perhatian!

Saran dari kami, sebelum melakukan service kecil-kecilan dirumah kami menyarankan agar melepas kutub negatif (-) pada AKI terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya arus pendek maupun kesalahan yang fatal lainnya. Ketika melepas kutub negatif AKI, kami sarankan untuk hati-hati jangan sampai kunci yang anda gunakan sampai menyentuh bodi maupun bahan besi lainnya untuk menghindari terjadinya arus pendek yang dapat mengurangi umur baterai AKI kendaraan anda.

Jika ingin mengikuti bagaimana saya merawat mobil LCGC toyota calya dengan transmisi manual, bisa anda ikuti artikel kami mengenai perawatan mobil calya. Pada artikel itu, banyak dijelaskan secara detail dari biaya tune up mobil calya sampai biaya service calya 40000 km.

Setelah area mesin dan bagian saluran AC sudah selesai dilakukan pengecekan dan pembersihan, kami melakukan pengecekan untuk tekanan angin ban dari keempat ban tersebut dan ban cadangannya. Sampai disini perawatan untuk mobil toyota calya kami sudah selesai, insyaallah sudah siap untuk dipakai perjalanan jauh. Setelah selesai melakukan perawatan mobil, maka saya melakukan booking penginapan untuk tempat istirahat saya, anak, dan istri selama di Malang.

4. Booking Penginapan di Senyum World Hotel

Setelah memastikan mobil toyota calya yang akan dipakai dalam kondisi prima, persiapan selanjutnya yaitu mempersiapkan tempat istirahat selama di Malang. Sebelum menentukan booking penginapan, kami sekeluarga mencari informasi penginapan yang berada di Malang. Kami sekeluarga mencari informasi ini melalui instagram dan menemukan akun IG @senyumworld.

Setelah kami telusuri dan melihat dari fasilitas, testimony dari pengunjung senyum world hotel batu, dan lokasi dekat dengan tujuan liburan kami di Malang bersama anak dan istri yaitu Jatim Park 3 dan Milenial Glow Garden, kami sekeluarga memutuskan untuk booking penginapan di senyum world hotel melalui aplikasi Traveloka dan situs resminya di reservation-Senyum World Hotel

Banyak keseruan kami sekeluarga selama di Senyum World Hotel Batu dan kami sangat merekomendasikan bagi kalian yang ingin liburan ke malang bersama anak dan istri sebab banyak fasilitas yang menarik untuk permainan anak. Ingin tahu keseruan kami sekeluarga selama liburan ke Malang, silahkan baca artikel kami di Menikmati Fasilitas dan Wahana di Senyum World Hotel Bersama Anak dan Istri di Malang. Setelah mempersiapkan tempat penginapan, kami mempersiapkan keperluan selama diperjalanan karena kami memiliki anak kecil, jadi kami harus mempersiapkan bekal camilan di mobil agar anak tetap ceria selama di perjalanan.

5. Cemilan di Mobil Selama Perjalanan

Selama perjalanan liburan ke Malang bersama anak, kami harus mempersiapkan bekal cemilan di mobil agar anak merasa tidak bosan dikarenakan perjalanan kami menggunakan rute jalan tol. Pastikan bekal cemilan di mobil yang anda bawa merupakan cemilan favourite anak anda ya, jadi selama diperjalanan anak tetap merasa ceria dan tidak bosan. Bekal yang kami bawa hanyalah makanan ringan seperti jajanan rumahan yang anak sukai.

Demikian pengalaman perjalanan liburan ke Malang bersama anak dan istri menggunakan mobil pribadi toyota calya. Terimakasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "Liburan Ke Malang Bersama Anak Dan Istri Menggunakan Mobil Pribadi Toyota Calya"