Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PERHATIKAN MAKANAN IBU HAMIL MUDA AGAR ANAK CERDAS

Untuk mendapatkan anak yang cerdas, untuk ibu hamil harus memperhatikan makanan ibu hamil muda agar anak cerdas ini karena anda harus memperhatikan kandungan nutrisinya seperti omega3, omega6, omega9, asam amino, DHA, dan lainnya. Kandungan nutrisi itulah yang perlu di konsumsi oleh ibu hamil yang berperan penting dalam membantu perkembangan otak janin dengan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Sebenarnya kecerdasan dari anak bukan hanya ditunjang dari nutrisi yang di konsumsi saat hamil saja, akantetapi ditunjang dari beberapa faktor seperti keturunan, pola hidup orang tuanya dalam mendidik anaknya, dan makanan yang di konsumsi setiap harinya dan nutrisi saat kehamilan itu sebagai faktor pendukung untuk perkembangan otak janin. Karena kebutuhan nutrisi saat hamil terpenuhi dengan baik, maka peluang untuk mendapatkan anak yang cerdas akan besar.

MAKANAN IBU HAMIL MUDA AGAR ANAK CERDAS

Oleh karena itu bagi ibu hamil sekarang diharapkan untuk menjaga pola makan sehat untuk janinnya dan banyak mengkonsumsi makanan bergizi supaya lahir nanti menjadi anak yang cerdas. Untuk ibu hamil pastinya sudah tahu makanan yang diperlukan saat hamil akan tetapi jangan fokus tertuju untuk perkembangan otaknya, akantetapi perhatikan juga untuk kondisi anda juga untuk proses persalinan agar lancar dengan memperhatikan makanan yang bisa untuk meningkatkan HB untuk ibu hamil.

Pembahasan mengenai makanan penambah HB untuk ibu hamil akan saya bahas pada artikel selanjutnya. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan contoh makanan yang baik untuk perkembangan otak untuk ibu hamil.

Menurut pakar gizi, kecerdasan sebuah anak dipengaruhi dari beberapa nutrisi yang dimakan oleh ibu hamil seperti asupan protein dan nutrisi penting lainnya yang sudah dijelaskan diatas.

Ini Beberapa Contoh Makanan Yang Banyak Mengandung Nutrisi Penting Untuk Perkembangan Otak:

Kacang Tanah

Kacang tanah sangat baik di konsumsi untuk ibu hamil atau ibu menyusui untuk mencukupi nutrisi selama masa kehaamilannya atau menyusui. Kacang tanah ini banyak mengandung banyak protein dan asam folat sehingga sangat disarankan untuk ibu hamil atau menyusui untuk mengkonsumsi kacang tanah ini untuk mencukupi nutrisinya dan untuk meningkatkan kecerdasannya. Kenapa protein dan asam folat itu sangat penting untuk ibu hamil?. Alasannya karena kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk mencgah cacat otak pada bayi dan gangguan tulang belakang, olehkarena itu kedua nutrisi ini harus terpenuhi. Bagaimana dengan ibu hamil yang alergi pada kacang tanah?.

Bagi yang alergi dengan kacang tanah ini lebih baiknya jangan mengkonsumsinya karena nanti akan membahayakan janinnya sendiri. Konsumsi kacang tanah ini ditujukan kepada ibu-ibu yang sedang hamil atau menyusui yang tidak mempunyai alergi terhadap kacang tanah.

Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan makanan yang memiliki kandungan nutrisi penting dalam perkembangan otak saat ibu hamil. Untuk mendapatkannya pasti sangat susah terutama yang tinggal di daerah pedesaan jauh dari perkotaan. Mungkin bagi yang hidup di perkotaan untuk mendapatkan ikan salmon segar akan sangat mudah ditemukan di supermarket terdekat seperti Superindo, Carrefour, dll. Jika anda tidak bisa mengolah ikan salmon tersebut, anda juga bisa datang di rumah makan dan restoran. 

Mengapa ikan salmon begitu penting untuk perkembangan otak janin?. Kandungan yang ada di ikan salmon berguna untuk membantu perkembangan otak, untuk kandungannya seperti AA, DHA, omega3 dan lain sebagainya. Untuk ibu hamil dalam mengkonsumsi ikan salmon ini perlu hati-hati karena ikan ini bisa saja terkontaminasi dengan bakteri berbahaya untuk janin anda. Alangkah baiknya kalau ikan salmon di masak dengan benar-benar matang agar terbebas dari bakteri berbahaya untuk kehamilannya.

Sereal

Sereal merupakan makanan yang mengandung nutrisi cukup banyak seperti asam folat, karbohidrat dan serat yang cukup tinggi. Ketiga nutrisi tersebut berfungsi untuk perkembangan otak pada janin. Selain bermanfaat untuk janin, sereal berguna untuk memperlancar pencernaan pada ibu hamil saat mengandung dan sebagai sumber utama energi sebagai pengganti nasi terutama pada saat masuk usia kehamilan trisemester pertama karena biasanya di usia tersebut, ibu hamil mengalami morning sickness. Apakah morning sickness tersebut? Anda bisa baca apa yang dimaksud dengan morning sickness tersebut disini. Pada artikel tersebut anda akan mendapatkan bagaimana solusi menghadapi morning suckness tersebut.

Daging Ayam dan Daging Sapi Matang

Daging ayam dan sapi sangat baik untuk membantu proses perkembangan otak asalkan benar dalam mengolah makanan tersebut. Daging ayam dan sapi banyak mengandung protein dan kaya vitamin B yang berguna untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh ibu hamil. Jika anda ingin mengkonsumsi daging, sebaiknya pilih daging yang masih fresh dan bersih tanpa bahan pengawet. Bagaimana dengan kandungan zat besi yang terkandung pada daging sapi? Protein zat besi yang terkandung dalam daging sapi berguna untuk membantu pembentukan struktur tulang, pembentukan otot dan menjaga antibody pada ibu hamil. Maka masaklah dengan benar-benar matang untuk membunuh banteri yang berbahaya. Zat besi ini untuk ibu hamil ini untuk mencegah anemia (kurang darah) saat setelah melahirkan dan sebelum melahirkan.

Itulah beberapa makanan ibu hamil muda agar anak cerdas yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.