Keindahan Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur

Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati
Pesona Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur ©www.kompasjatengupdate.com

Keindahan Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur. Malang yang terletak di Jawa Timur merupakan rumah bagi sejumlah besar objek wisata yang menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk menghabiskan liburan mereka di sana. Ternyata kota Malang selain menawarkan wisata pegunungan, juga menawarkan wisata pantai yang menarik yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang dimaksud bernama Pantai Bajul Mati. Saat mengunjungi Malang, Anda dapat memilih dari sejumlah pantai, termasuk Pantai Bajul Mati memiliki letak yang strategis di dekat banyak pantai lainnya. Meskipun demikian, aspek yang paling menarik dari resort ini bagi kami adalah keindahan pantainya.

Pantai Bajul Mati berlokasikan di Desa Bajulmati, Kel. Gajah Rejo, Malang, Prov. Jawa Timur, apabila Anda berencana kesana. Perjalanan dari Kota Malang ke lokasi Pantai Bajul Mati berjarak sekitar 58 kilometer. Diperkirakan Anda akan membutuhkan waktu antara 2-3 jam untuk mencapai lokasi pantai.

Jika Anda datang dari Pantai Goa China, diperkirakan tiba di Pantai Bajul Mati kurang lebihnya sekitar 10 menit perjalanan. Meskipun kondisi jalan dalam kondisi baik, saran kami adalah Anda berhati-hati saat bepergian ke lokasi tersebut selama perjalanan. Pasalnya, jalan tersebut memiliki beberapa tikungan dan belokan yang sangat tajam, hal ini dilakukan untuk memastikan keselamatan Anda selama berlibur di pantai. Pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk perjalanan sebelum berangkat agar aman dan perjalanan berjalan dengan lancar.

Latar Belakang Pantai Bajul Mati

Keindahan Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur
Keindahan Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur ©www.kompasjatengupdate.com

Kita sekarang kembali ke tahun 1890-an. Menurut sejumlah sumber yang berbeda yang kami dapatkan, tahun 1890 menandai tahun di mana pantai ini ditemukan untuk pertama kalinya. Namun, orang-orang yang menemukan pantai tersebut, segera meninggalkannya setelah ditemukan. Pantai yang tidak disebutkan namanya ini tidak ditemukan oleh siapa pun hingga tahun 1931. Datanglah seorang pria bernama Mbah Kadet dan beberapa temannya tidak sengaja menemukan pantai yang sudah lama ditinggalkan tersebut. Saat Mbah Kadet dan kawan-kawannya tiba di pantai, mereka menemukan buaya yang baru saja mati atau buaya yang masih hidup di pinggir pantai. Buaya itu tidak selamat, dan tidak jelas dari mana asalnya.

Nama pantai tersebut selanjutnya mereka sebut sebagai Pantai Bajul Mati. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa berarti Pantai Buaya Mati. Beberapa orang sampai pada menyimpulkan bahwa hewan buaya tersebut bukanlah hewan asli melainkan sebuah batu yang berbentuk seperti kepala buaya. Teka-teki seputar masalah ini yang menyangkut awal dari penamaan Pantai Bajul Mati. Masih agak membingungkan juga bagi sebagian banyak orang jika mendengarkannya. Terlepas dari teka-teki, satu hal yang pasti dan fakta bahwa pantai ini memiliki keindahan tersendiri berkat keunikan pantainya.

Penawaran Daya Tarik Keunikan Pantai Bajul Mati

Daya tarik Pantai Bajul Mati jika dilihat dari sisi pantai adalah hamparan pasir putih halus yang memanjang di muara sungai, di tebing kapur yang memukau dan di tengah deburan ombak yang dahsyat. Selain itu, jika Anda mengatur waktu kunjungan Anda dengan tepat di sekitar tahun ketika telur penyu bertelur, Anda akan memiliki kesempatan untuk membantu melepaskan penyu yang baru menetas ke laut.

Jika hal ini ingin Anda lakukan, maka ikuti saran kami waktu perkiraan kunjungan Anda. Jika Anda berkunjung sekitar bulan September, ada kemungkinan besar Anda akan diberi kesempatan untuk melepaskan penyu yang baru menetas. Hewan penyu juga dikenal sebagai tukik (penyu kecil). Apa yang kamu tunggu? Masukkan Pantai Bajul Mati dalam jadwal salah satu hari liburan Anda agar Anda bisa memanfaatkan daya pikat pantainya.

Arahan dan Himbauan Aktivitas yang Diperbolehkan dan Dilarang Pantai Banjul Mati

Para wisatawan yang hobi dengan aktivitas snorkeling dan menyelam tentu hal ini pasti akan ditunggu-tunggu di setiap pantai yang ada di Indonesia. Hal tersebut tidak berlaku di Pantai Bajul Mati. Tentu hal itu membuat para wisatawan tidak akan puas dengan pilihan ini ketika berkunjung ke pantai. Sebagai aturan umum, pengunjung pantai ini tidak diperbolehkan bermain ombak di pantai karena ombaknya sangat kuat. Dikhawatirkan pengunjung akan terancam jika aktivitas ini dilakukan di Pantai Banjul Mati karena potensi bahaya yang ditimbulkannya. Saat ombak begitu dahsyat, berenang ke tengah pantai bisa jadi cukup berbahaya karena kontur pantai yang cukup terjal dan dalam. Ini membuatnya sangat berisiko untuk mencoba berenang ke tengah pantai.

Jika Anda hanya ingin bersenang-senang di pantai, ada bagian pantai sebelah barat yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin bermain air di lautan. Selain bermain air laut, banyak tempat untuk berfoto, dan salah satunya adalah Jembatan Bajul Mati. Tempat orang sering berkumpul untuk berfoto satu sama lain. Di sisi lain, ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mengalihkan perhatian Anda dari kekecewaan saat berada di pantai.

Tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa kecewa ketika datang ke pantai karena ada banyak hal lain yang dapat dilakukan di sana, termasuk yang berikut ini:

  • Melepaskan Bayi Penyu atau Tukik
  • Menemukan Lebih Banyak Pantai dan Sekitarnya
  • Menikmati Waktu di Bibir Pantai dengan Bermain
  • Bersantai dan nikmati keindahan Pantai yang Menakjubkan
  • Menikmati waktu sunset Pantai Bajul Mati
  • Berkemah

Seru bukan setelah melihat beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai ini. Masih menunggu apalagi, secepatnya Anda buat daftar list rencana liburan bersama keluarga tercinta. Masih mempertimbangkan perkiraan biaya tiket masuk pantainya, silahkan simak hal tersebut berikut ini.

Detail Terbaru Karcis Tiket Masuk Pantainya

tiket masuk pantai bajulmati
Tiket Masuk Pantai Bajul Mati, Malang, Jawa Timur ©www.kompasjatengupdate.com

Untuk menikmati keindahan alam pantai yang masih asri, sejuk, dan bersih dari Pantai Bajul Mati, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah yang berlebihan. Selain menyangkut permasalahan harga tiket masuk yang murah, biaya parkir sepeda motor dan kendaraan juga masih dalam kisaran harga yang wajar. Silakan merujuk ke tabel yang sudah kami sediakan di bawah ini membantu Anda sebagai media informasi untuk biaya atau karcis masuk ke Pantai Bajul Mati yaitu sebagai berikut:

RetribusiBiaya Tarif
Tiket Masuk PantaiRp 10.000
Parkir Sepeda MotorRp 5.000
Parkir MobilRp 10.000

Ada kemungkinan bahwa harga dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu dari yang ditunjukkan di atas, silakan merujuk pada kebijakan yang digariskan oleh pihak pengelola. Jumlahnya, di sisi lain tidak akan banyak menyimpang dari apa yang ditunjukkan pada tabel di atas. Jadi ketika Anda ingin berencana berlibur ke pantai, rincian harga di atas bisa menjadi acuan Anda ketika ingin pergi ke Pantai Bajul Mati tentunya.

Lokasi Titik Pantai Bajul Mati : Menggunakan Google Maps

Jam Operasional Mulai Dibukanya Pantai Bajul Mati

Masalah jam operasional kerja pantai ini adalah buka sepanjang waktu, termasuk pada hari libur nasional seperti Natal dan lain sebagainya. Sayangnya, jika Anda ingin mencari warung makanan di dekat pantai, Anda tidak akan bisa mendapati warung makan lagi setelah pukul 18:00 WIB karena warung tutup. Sambil menunggu waktu sunset datang di Pantai Bajulmati, ada baiknya kamu mencoba membeli beberapa makanan atau jajanan untuk mengisi perut agar bisa menikmati sunset dengan maksimal.

Penutup

Itu semua informasi yang perlu diketahui tentang Pantai Banjulmati termasuk: latar belakang, keunikannya, aktivitas yang diperbolehkan di pantai dan yang tidak, biaya tiket masuk di HTM, rute menggunakan Google Maps, dan jam operasional. Diharapkan kepada seluruh pengunjung Pantai Banjulmati agar selalu menjaga kebersihan pantai selama berada disana guna menjaga keindahan alam pantai dan menjaga nama baik pantai.

Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga dengan informasi yang sudah kami sampaikan bisa sedikit membantu Anda ketika berencana ingin berkunjung ke pantai tersebut sehingga dapat mengurangi resiko kecelakaan yang fatal saat berlibur ke pantai. Silakan lihat beberapa posting lain yang ada di halaman ini, kemungkinan bisa menjadi referensi liburan Anda selanjutnya.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.