Keunikan Tanjung Lesung Beach dan Keindahan Sunset yang Tak Terlupakan

Tanjung Lesung Beach

Pantai Tanjung Lesung, Banten
Pantai Tanjung Lesung, Banten

Keunikan Tanjung Lesung Beach dan Keindahan Sunset yang Tak Terlupakan. Dengan menempuh jarak 135 Km dengan perkiraan waktu sekitar 3 jam 10 menit dari Penginapan Srikandi Pantai Sawarna, Tanjung Lesung sudah menjadi tempat destinasi wisata populer di Pandeglang, Banten dimana lokasi wisata ini sedang diperbaikan oleh salah satu perusahaan PT. Jababeka Tbk yang direncanakan destinasi wisata ini akan dikembangkan menjadi wisata internasional seperti destinasi wisata yang sudah dikenal sampai mancanegara yaitu pantai Nusa Dua di Bali.

Sesuai perencanaan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah di Indonesia tentang destinasi wisata di Indonesia, diharapkan dapat di akses melalui jalan tol, stasiun bandara, dan laut agar dapat meningkatkan sektor Pariwisata di Indonesia salah satunya di Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung memiliki lahan yang cukup luas sekitar 1500 hektar dan kawasan ini merupakan pantai terbesar selain pantai Parangtritis. Sementara ini Tanjung Lesung banyak dikunjungi dan menjadi destinasi wisata populer oleh wisatawan lokal dan asing. Banyak wisatawan yang berasal dari Jakarta ke Tanjung Lesung menggunakan akses jalan Tol dengan menempuh waktu sekitar 2 jam. Sudah pasti dengan adanya akses jalan Tol tersebut dapat mempersingkat waktu dan meningkatkan sektor Pariwisata di Indonesia.

Bila Anda berkunjung kesana untuk masalah penginapannya tidak usah kawatir, sebab di Tanjung Lesung menjalin kerjasama dengan banyak developer dan pebisnis dibidang bisnis tourism seperti pembangunan hotel, villa, warung café, agrowisata, dan masih banyak lainnya. Tanjung Lesung akan memberikan sejumlah keuntungan dikarenakan kawasan ini telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, antara lain pembebasan pajak penghasilan, bebas PPN, bebas pajak penjualan barang mewah, bebas pajak impor, dan lainnya.

Dengan adanya akses jalan Tol menjadi potensi utama bagi warga Jakarta yang ingin berkunjung ke Tanjung Lesung dimana lokasi wisata pantai ini paling dekat dengan Jakarta. Tanjung Lesung menyediakan liburan pantai untuk bersantai atau sebagai lokasi untuk tempat bisnis dengan sistem bagi hasil yang dikelola langsung oleh operator Tajung Lesung. Itu menurut pandangan pebisnis, sedangkan untuk wisatawan, Tanjung Lesung dijadikan tempat untuk menghilangkan kejenuhan setelah selesai bekerja seharian dan juga sebagai tempat workation.

Penasaran, ingin tahu lokasi, tiket masuk, penginapan, tempat kuliner hasil laut dan lain sebagainya? Silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Lokasi Tanjung Lesung Beach

Lokasi Tanjung Lesung Beach, Banten
Lokasi Tanjung Lesung Beach, Banten

Berlokasi di Jl. Raya Tj. Lesung, Pandeglang, Banten paling ujung barat Pulau Jawa pada koordinat 6.4786°S 105.6558°E dimana lokasi tersebut terdapat hotel dekat Tanjung Lesung seperti Blue Whale Sanctuary Hotel, Tanjung Lesung Hotel, Kalicaa Villa Tanjung Lesung, dan lain sebagainya. Selain terdapat lokasi penginapan, daerah sekitarnya juga terdapat tempat kuliner seperti Restoran Pangrango, The Bagang Resto, dan jika agak jauh dari Tanjung Lesung berjalan sekitar 11 menit Anda dapat mengunjungi Kampoeng Nelayan Seafood Resto.

Selain sebagai lokasi wisata pantai, sekitar itu juga terdapat Lapangan Golf Tanjung Lesung jika Anda ingin berlibur sambil mengeluarkan hobi bermain golf. Lokasinya pun tidak jauh dari Tanjung Lesung Beach hanya membutuhkan waktu 4 menit. Fasilitas, akomodasi penginapan, tempat kuliner, dan lain sebagainya sebenarnya kawasan ini sudah layak untuk dikenalkan sebagai wisata internasional oleh wisatawan tourism.

Adapun wisata lainnya di sekitar yang bisa Anda nikmati seperti Wisata Kampung Marengo, Jembatan Akar, Tanjung Lesung Resort, Mongolian Culture Center, dan Anyer LightHouse.

Keunikan Tanjung Lesung Beach

Tanjung Lesung Beach at Sunset
Tanjung Lesung Beach at Sunset

Setiap pantai pastinya memiliki keunikan di pantainya, sedangkan Tanjung Lesung memiliki keunikan yang berbeda walaupun ada yang sama dengan pantai-pantai di pesisir Banten. Keunikan yang dimilikinya yang jelas kawasan ini masih banyak pepohonan hijau di sekitar kawasan pantai dengan terumbu karang yang terjaga kelestariannya, serta memiliki suasana yang tenang dan pasir putih sepanjang pantai membentang sehingga membuat keindahan pantai di Tanjung Lesung Beach semakin indah dan mempesona.

Pantai Tanjung Lesung Waktu Sunset
Pantai Tanjung Lesung Waktu Sunset

Selain itu, Tanjung Lesung Beach juga bisa menikmati dan menunggu waktu sunset yang tak terlupakan, momen yang indah ketika Anda bersama keluarga berwisata di pantai. Menunggu waktu sunset sambil menikmati suara jernihnya pantai dan hembusan angin laut, membuat suasana pikiran ini menjadi lebih relax. Kawasan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas lelah pikiran setelah selesai bekerja di kantor atau hanya sekadar ingin workation.

Aktivitas di Sekitar Tanjung Lesung

Menikmati Permainan di Beach Club

Melihat pantai yang jernih pastinya Anda ingin bercengkrama dengan air laut bukan? Anda dapat menikmati permainan di Beach Club sambil bercengkrama dengan air laut di tepi pantai seperti bermain ayunan di tepi pantai, bermain banana boat bagi Anda yang menyukai adrenalin, rino splas, aktivitas snorkling, dan banyak aktivitas lainnya yang bisa Anda lakukan di Beach Club.

Aktivitas Menyelam di Tanjung Lesung

Aktivitas Menyelam di Pantai Tanjung Lesung, Banten
Aktivitas Menyelam di Pantai Tanjung Lesung, Banten

Selain aktivitas snorkling yang menjadi favourite wisatawan, ternyata aktivitas menyelam menjadi pilihan aktivitas wisatawan ketika berkunjung di Tanjung Lesung. Dikarenakan pantainya yang jernih serta memiliki terumbu karang yang cantik dan terjaga kelestariannya, membuat takjub melihat pemandangan indah di bawah laut sambil menyentuh dengan lembut ekosistem dibawah laut.

Tanjung Lesung Beach Resort in Banten
Tanjung Lesung Beach Resort in Banten

Tentu aktivitas ini wajib di dampingi oleh penyelam professional demi keselamatan selama aktivitas dibawah laut.

Aktivitas Memancing di Tanjung Lesung

Selain kedua aktivitas di atas dan Anda menyukai aktivitas memancing, disini Anda dapat melakukannya. Jika Anda melakukan hal tersebut, usahakan cari ikan laut yang siap untuk di konsumsi demi menjaga kelangsungan hidup ekosistem di dasar laut.

Sewa ATV

Selain bermain dengan air laut, kawasan ini menyediakan Sewa ATV bagi Anda jika ingin menyusuri sekitaran  pantai atau ingin menantang adrenalin dengan menembus hutan-hutan hijau dan cantik. Tentu aktivitas ini Anda tidak sendirian, Anda akan dibantu instruktur professional yang sudah berpengalaman di kawasan tersebut sehingga aktivitas Anda menggunakan ATV akan semakin seru dan tidak terlupakan selama berlibur ke Tanjung Lesung Beach bersama keluarga tercinta.

Mengunjungi Kampung Badui

Selain aktivitas berhubungan dengan pantai, ternyata kawasan ini memiliki keunikan yang masih kental mengenai aturan yang diberikan nenek moyang dan masih mengikutinya mengenai adat istiadat di suku Badui. Kampung badui ini dihuni oleh 5.000-8.000 penduduk pribumi dengan bercirikan khas mengenakan pakaian warnanya hitam dan putih, menggunakan ikatan di kelapanya, dan tidak mengenakan alas kaki. Jika Anda ke Tanjung Lesung, jangan lewatkan berkunjung ke Kampung Badui dan rasakan sensasi yang berbeda disini.

Tiket Masuk Tanjung Lesung

Tiket masuk Tanjung Lesung ini tidak terlalu mahal dan dipatok Rp 25.000 per-orang pada hari biasa dan Rp 40.000 per-orang pada akhir pekan dan hari libur. Setelah memilki tiket masuk, wisatawan dapat memasuki kawasan pantai sekitarnya dan melihat keindahan alam lokasi tersebut. Jika Anda membawa anak yang berusia antara 1-5 tahun, anak tersebut tidak perlu membeli tiket masuknya selama diharapkan orang tua untuk mendampinginya.

Rute Menuju Tanjung Lesung Beach Menggunakan Google Maps

Tips Perjalanan ke Tanjung Lesung Beach

  • Jangan lupa untuk membawa krim pelindung kulit seperti sunblock, kacamata anti UV, dan air minum.
  • Jika mobil pribadi digunakan untuk alat transportasi perjalanan Anda, pastikan kondisi mobil dalam keadaan safety demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.
  • Jika menggunakan jasa Travel, pastikan Anda sudah menentukan tujuan wisatanya dan jadwal keberangkatannya agar dapat mengetahui biaya estimasi perjalanan menuju Tanjung Lesung Beach.

Demikian informasi lengkap mengenai Tanjung Lesung Beach mulai dari lokasi, keunikannya, aktivitas yang dapat dilakukan, rute menuju Tanjung Lesung Beach, dan tips perjalanannya. Semoga informasi ini bermanfaat  untuk Anda sekalian. Terimakasih sudah berkunjung ke Kompas Jateng update, temukan tempat wisata jawa timur lainnya disini!.

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.