Pantai Lon Malang: Destinasi Wisata di Sampang Madura Jawa Timur

Pantai Lon Malang

Pantai Lon Malang di Madura Jawa Timur
Pantai Lon Malang di Madura Jawa Timur

Sekilas Mengenai Pantai Lon Malang

Pantai Lon Malang sekarang sedang dikembangkan sebagai wilayah konservasi terumbu karang selain memiliki pasir putih di sepanjang pantai tersebut. Wisata Pantai Lon Malang yang sedang dikembangkan itu berada di Desa Bira Tengah Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur, dimana destinasi wisata ini menjadi target untuk program Visit Madura. Melalui program visit ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat disekitarnya selain pembenahan sarana prasarana dan tata cara pengelolaan yang sebagian besar pelaku usahanya dikelola oleh masyarakat sekitar lokasi.

Pantai Lon Malang
Pantai Lon Malang

Fasilitas pantai Lon Malang selain memiliki pasir putih lembut, pemandangan yang indah disertai ombak yang tenang dan pohon cemara yang rindang di sepanjang pantai, Pantai Lon juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti berjemur, bermain air, dan menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai Lon Malang adalah destinasi wisata memikat di Sampang Madura setelah Pantai Balekambang Malang. Perbedaan antara Pantai Lon dan Pantai Balekambang adalah adanya Pura Luhur Amertha Jati yang terletak di Pulau Ismoyo. Sedangkan Pantai Lon Malang memiliki pantai pasir putih yang luasnya 99.300 ha/m2. Pantai ini sangat ideal untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan bersantai.

Banyak masyarakat yang memiliki persepsi jika Pantai Lon Malang berada di Kabupaten Malang Jawa Timur, sebab dari istilah namanya saja menggunakan kata Malang. Sebenarnya destinasi wisata ini berada di Kabupaten Sampang Madura.

Sejarah Pantai Lon Malang

Awal mula asal usul penamaan ini bermula dari salah seorang mahasiswa yang melakukan penelitian di salah satu sungai yang melintang ke hilirnya yang mana tempat tersebut sangat kotor dan tak layak dijadikan objek wisata seperti sekarang ini. Setelah melalui penelitian atau riset yang lebih dalam, pantai ini kini disulap menjadi destinasi wisata memikat dan kekinian di Kabupaten Sampang Madura yang sekarang banyak dikenal dengan nama Pantai Lon Malang. Melalui upaya pengelolaan yang baik, sekarang pantai ini menjadi tempat wisata yang memikat. Perubahan sukses ini membawa pantai Lon Malang menjadi objek wisata menarik dengan jumlah pengunjung tertinggi di Madura untuk saat ini.

Aktivitas Camping di Pantai Lon Malang
Aktivitas Camping di Pantai Lon Malang

Tempat wisata ini telah resmi pada tahun 2017 dan sampai kini masih trending menjadi sorotan semua kalangan masyarakat. Pantai ini tak pernah sepi pengunjung disetiap harinya atau bahkan weekend. Banyak event dan camping yang dilakukan oleh komunitas dan organisasi kampus dengan mendirikan perkemahan di sepanjang bibir pantai. Perihal kebersihan dan fasilitas disini tidak usah khawatir, karena sudah ada owner dari pihak wisata yang membersihkannya untuk memastikan pantai tetap bersih terjaga keindahannya. Akantetapi sebagai masyarakat yang baik, pengunjung diharapkan dan serta ikut menjaga kebersihan pantai selama berwisata disini.

Lokasi Pantai Lon Malang Sampang

Pantai Lon Malang berlokasi di Desa Birah Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang Madura, Jawa Timur.

Menuju ke lokasi pantai, bisa menggunakan kendaraan sendiri maupun transportasi umum sehingga akses ke pantai Lon Malang yang menghubungkan Kabupaten Sumenep dan Bangkalan menjadi mudah dijangkau. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, tersedia area parkir yang luas di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa area parkir belum memiliki pembatas yang jelas, sehingga pengunjung perlu berhati-hati dalam memarkir kendaraannya. Jika area parkir penuh, pengunjung dapat memarkir kendaraan di pinggir jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Lon Malang di Madura

Tiket Masuk Pantai Lon Malang
Tiket Masuk Pantai Lon Malang
Jenis TiketHarga Tiket Masuk
Tiket Masuk PantaiRp 3.000/orang
Tiket Parkir MotorRp 2.000
Tiket Parkir MobilRp 5.000

Fasilitas Pantai Lon Malang Sampang di Madura

Mengenai fasilitas pantai Lon untuk sekarang masih dikelola dengan swadaya masyarakat sekitar lokasi untuk memberikan kenyamanan pengunjung pantai. Terdapat area parkir luas untuk memarkirkan kendaraan serta fasilitas toilet dan kamar mandi yang berada di sebelah barat pintu masuk pantai. Pengunjung perlu membayar tiket sebanyak Rp 2.000, untuk menggunakan fasilitas toilet. Selain itu, terdapat pula fasilitas untuk spot foto yang kece, tempat nongkrong, Gazebo, tempat ibadah, dan payung pantai. Semua fasilitas ini bisa digunakan secara gratis.

Aktivitas Permainan Banana Boat di Pantai Lon Malang
Aktivitas Permainan Banana Boat di Pantai Lon Malang

Fasilitas yang dikelola oleh swadaya masyarakat seperti ATV, Odong-odong, Gazebo dan Payung Pantai, pengunjung akan dikenai biaya lagi jika ingin menggunakan. Adapun besaran biaya penyewaan sebagai berikut:

Jenis PenyewaanBiaya Sewa
ATVRp 20.000/10 menit
Odong-odongRp 3.000
Banana BoatRp 100.000
Speed BoatRp 100.000

Bagi yang menyukai bermain air, bermain wahana speed boat dan banana boat dengan sensasi terombang-ambing saat berada di tengah laut dengan kecepatan tinggi akan memberikan kesan pengalaman seru dan tak terlupakan. Sebelum bermain wahana ini, pastikan untuk menggunakan rompi pelampung yang disediakan oleh pengelola wahana untuk keamanan selama bermain wahana speed boat dan banana boat.

Tips Liburan di Pantai Lon Malang

Untuk memastikan liburan di pantai Lon Malang berjalan dengan lancar dan nyaman, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Selalu bawa topi, kacamata, dan payung untuk melindungi diri dari sinar matahari yang terik.
  2. Gunakan pakaian dan sandal yang nyaman saat berada di pantai.
  3. Bawa pakaian ganti jika berencana bermain air atau mencoba wahana di pantai.
  4. Selalu jaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.
  5. Hormati peraturan dan tata krama saat berada di pantai Lon Malang.
  6. Bawa alas duduk atau tikar untuk bersantai di pantai.
  7. Patuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
  8. Jika ingin berwisata hingga malam hari, disarankan menggunakan kendaraan sendiri sebab transportasi disaat malam hari jika ingin menuju Kota Sampang masih susah untuk mendapatkannya, jikapun ada pasti akan menunggu agak lama.

Dengan mengikuti tips ini, liburan di pantai Lon Malang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Kesimpulan

Pantai Lon Malang adalah destinasi wisata memikat di Madura Jawa Timur yang berada di Desa Birah Tengah dengan keindahan alamnya, panorama matahari terbenam yang mempesona, dan berbagai fasilitas yang disediakan menjadikan pantai ini tempat yang menarik untuk dikunjungi. Dengan mengikuti tips dan saran dari Kompas Jateng Update, liburan di Pantai Lon Malang akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memikat hati.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pantai Lon Malang dengan segala keindahan alamnya yang mempesona dan pengalaman seru lainnya yang belum pernah Anda dapatkan di tempat wisata lain. Ikuti dan cari informasi tempat wisata Jawa Timur disini!

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.