Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS CARA AGAR CEPAT HAMIL SETELAH HAID SELESAI TERBUKTI BERHASIL

Cara agar cepat hamil setelah haid selesai dan sudah terbukti berhasil cara ingin hamil dengan cepat yang perlu anda ketahui jika saat ini anda memiliki program kehamilan terutama bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Bagi setiap pasangan suami istri yang baru saja menikah pastinya menginginkan hadirnya buah hati di dalam kehidupannya sampai merelakan sebagian hartanya untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan mengenai cara agar cepat hamil setelah menikah. Rasanya tidak lengkap dalam mengarungi bahtera rumah tangga apabila belum mempunyai keturunan. 

Pastinya kedua pasangan akan merasakan stres yang luar biasa beratnya dan saling menuding siapa yang mandul di antara mereka? Untuk mengatasi permasalahan ini, saya akan membahas terlebih dahulu mengenai cara cepat hamil setelah haid dan secara alami dan nutrisi tambahan agar cepat hamil. Mengetahui cara yang tepat bersetubuh agar cepat hamil setelah haid sangatlah penting dalam kesuksesan program kehamilan anda, karena setelah haid lah proses ovulasi terjadi.

Cepat Hamil Setelah Haid
Wanita Sedang Hamil Anak Pertama

Ovulasi adalah suatu proses dimana sel telur dilepaskan dari ovarium menuju tuba fallopi yang telah matang untuk dibuahi oleh sel sperma. Ovulasi itu terbentuk hanya pada masa subur ketika hormon kewanitaan estrogen dan progesteron dalam kadar yang rendah dan masa subur ini hanya terjadi pada saat tertentu setelah haid selesai.

Jadi agar cepat hamil setelah haid, yang harus anda lakukan adalah mengetahui masa subur anda setelah haid selesai. Tujuannya agar anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan intim biar cepat hamil yang dapat memberikan peluang besar dalam proses program kehamilan anda. Tidak hanya menentukan masa subur saja dalam menunjang agar cepat hamil, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam kesuksesan program kehamilannya diantaranya :

4 Cara Supaya Cepat Hamil Setelah Haid Selesai Yang Perlu Diperhatikan

1. Nutrisi agar Calon Ayah Subur

Bagi calon ayah yang menginginkan sebuah anak, ada zat gizi yang harus dikonsumsi agar pembentukan sperma berlangsung sempurna dan siap untuk membuahi sel telur. Berikut ini daftar makanan yang harus anda konsumsi sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan anda:

  • Protein

    Protein merupakan zat pembangun sperma yang tidak dapat dilupakan. Apabila kekurangan protein akan memperlambat perkembangan dari hormon endokrin. Hormon ini berguna untuk merangsang dalam pembentukan sperma. Pria dewasa dalam sehari hanya membutuhkan sekitar 55 gram protein per-hari. Untuk sumber protein itu sendiri di dapat dengan mengkonsumsi telur, daging, tempe, dan tahu.
  • Vitamin A dan E

    Kekurangan vitamin A dan E pada calon ayah akan mengakibatkan turunnya kadar hormon LH (Luteneizing Hormone) dan FSH (Follicle Stimulating Hormone). Kedua hormon tersebut memiliki peran penting dalam pembentukan sperma. Kebutuhan untuk calon ayah hanya memerlukan 5000 IU per-hari. Vitamin A didapat dari hati, sayuran, atau buah-buahan berwarna merah. Sementara vitamin E kebutuhannya sekitar 12 IU per-hari yang didapat dari makanan pada kecambah (tauge).
  • Zat Seng (ZN)

    Untuk calon ayah, kekurangan zat seng ini akan mengganggu dalam proses pembentukan sperma. Bagi yang sudah berat kekurangan zat seng ini akan berakibat gagalnya proses pembuahan. Untuk membantu proses pembentukan sperma, seorang pria membutuhkan zat seng sekitar 11 mg per-hari. Zat seng ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan kerang, daging,  biji-bijian, daging, telur serta kacang-kacangan. Perlu diingat juga, jangan mengkonsumsi makanan ini terlalu banyak, makanlah secukupnya sesuai kebutuhan.
  • Zat Besi

    Kekurangan zat besi pada calon ayah maupun calon istri dapat mengakibatkan penyakit anemia. Dengan menunjukkan gejala seperti cepat lelah, sulit untuk berkonsentrasi, dan mudah terinfeksi. Pada calon ayah penyakit anemia ini dapat mengakibatkan terganggunya kebugaran dan menjadi lemas. Kebutuhan yang diperlukan untuk calon ayah sekitar 13 mg per-hari dan sumbernya didapat dengan mengkonsumsi hati, daging berwarna merah, sayur hijau, kuning telur, kacang merah, jeruk, dll.
  • Zat Fosfor

    Zat fosfor ini harus anda perhatikan betul karena zat fosfor ini berfungsi agar kualitas sperma tetap terjaga dalam proses pembuahan agar berlangsung dengan baik / sempurna. Kebutuhan fosfor untuk calon ayah sekitar 400-500 mg per-hari. Sumber makanan ini dapat kita temui pada makanan yang berkalsium tinggi seperti susu dan ikan teri.

2. Mengetahui Masa Subur

Seperti pembahasan sebelumnya sangatlah penting anda harus mengetahui kapan masa subur karena hal ini merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan supaya cepat hamil setelah haid dan langsung hamil.

Berbicara mengenai masa subur wanita mencakup 2 bagian, yaitu masa subur wanita siklus haidnya teratur dan masa subur wanita siklus haidnya tidak teratur. Untuk pembahasan detail mengenai masa subur wanita dilihat dari siklusnya, nanti akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

3. Memiliki Berat Badan Ideal

Anjuran dari banyak dokter spesialis kandungan dan para peneliti menyarankan memiliki berat badan ideal untuk wanita yang ingin cepat hamil yang didasarkan pada penelitian, bahwa wanita yang menderita obesitas (kelebihan berat badan) akan sulit hamil dibandingkan wanita yang memiliki berat badan ideal. Bisa anda baca artikel kali ini: Alasan Mengapa Wanita Gemuk Sulit Hamil.

Dengan berolahraga yang rutin selain mendapatkan berat badan ideal untuk wanita, dengan berolahraga setidaknya dua bulan sebelum konsepsi akan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila gaya hidup berolahraga ini sudha menjadi rutinitas seharian maka teruskanlah. Jika belum, mulailah dari sekarang karena :

  • Olahraga dapat membantu tubuh beradaptasi dengan kondisi kehamilan.
  • Olahraga mengurangi risiko kenaikan berat badan yang dapat memicu penyakit diabetes (diabetes saat hamil) sehingga menyebankan risiko komplikasi seperti keguguran dan mengurangi risiko saat persalinan.
  • Olahraga prakonsepsi jenis tertentu, juga dapat meningkatkan kemampuan terjadinya kehamilan. Silahkan lakukan senam aerobik dengan pasangannya agar memetik manfaatnya.

Sebelum melakukan olahraga, alangkah lebih baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu jenis olahraga apa yang baik dan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas ini. Hindari olahraga yang berlebihan karena bisa mengurangi kualitas dan kuantitas sperma.

4. Menghindari Stres

Menghindari stres adalah pilihan terakhir yang perlu diperhatikan agar cepat hamil setelah haid. Stres merupakan salahsatu faktor mental yang memiliki pengaruh negatif yang besar terhadap program kehamilannya. Dalam percapakannya bersama dr. Rodiana Ramli, SPOG menyebutkan :

“Seorang wanita yang menginginkan hamil cepat wajib menghindari stres, karena stres akan mengganggu kemampuan sel telur (ovum) sehingga tidak mampu berovulasi dengan baik dan menggangu kemampuan sperma dalam membuahi sel telur”.

Jika anda sekarang mempunyai program kehamilan agar cepat hamil setelah haid, maka hindari beberapa hal yang dapat memicu timbulnya stres. Dan alangkah baiknya sekarang anda berpikir pasti bisa hamil cepat, karena sugesti yang ditimbulkan dari diri sendiri memiliki manfaat yang sangat baik secara psikologis dan itu dapat membantu anda untuk mempercepat program kehamilan setelah haid.

Itulah Tips Cara Agar Cepat Hamil Setelah Haid yang bisa kami sampaikan pada anda. Semoga sukses dan segera mempunyai momongan.