Pantai Kondang Merak: Harga Tiket, Lokasi, Fasilitas, dan Foto

Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak Malang

Tentang Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak adalah pantai tersembunyi yang ada di antara Pantai Banyu Meneng dan Pantai Ngentup yang memiliki ombak tenang, pasir pantai putih lembut, dan batu karang yang tinggi di tengah pantai. Lokasi pantai lebih tepatnya di Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur ID 65179.

Pantai ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan pengalaman liburan tak terlupakan bersama teman atau keluarga sambil menikmati panorama alam yang indah, lembutnya pasir putih, dan ombak yang tenang disertai air laut yang jernih serta bisa untuk aktivitas menyenangkan seperti berenang di tepi pantai, camping, dan menikmati kuliner pantai hasil tangkapan laut di desa kampung nelayan, maka tak heran banyak wisatawan kembali datang ke Pantai Kondang Merak Malang. Letaknya yang strategis membuat pantai ini menjadi pilihan destinasi wisata terbaik oleh kebanyakan orang.

Pasir pantai yang putih bersih, banyak terumbu karang berlumut di sepanjang pantai, dan pepohonan di pinggir pantai menambah suasana yang teduh dan nyaman di sekeliling pantai. Di tepi pantai pasir putih masih bisa ditemui berbagai binatang laut seperti kepiting kecil putih dan ikan-ikan kecil yang bersembunyi di antara sela-sela karang.

Menurut Pak Sunariadi, pemilik penginapan Zidane Kondang Merak mengatakan kalau keberadaan pantai ini sebenarnya sudah lama ada, akantetapi akses jalan menuju pantai masih kesulitan dan mulai diresmikan di bulan Oktober 2023 sejalan masuknya jaringan listrik ke rumah warga Desa Sumberbening. Sekarang keindahan alam pantai ini mulai dikenal di seluruh dunia dan tak pernah sepi pengunjung seiap harinya. Bahkan banyak sekumpulan komunitas yang melakukan aktivitas camping di Pantai Kondang Merak termasuk kami sekeluarga. Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan camping ground, mungkin aktivitas ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Ada beberapa tempat camping ground di pantai ini yang siap menyambut Anda dan keluarga Anda untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang berbeda.

Bagi Anda yang tidak membawa perlengkapan camping, nanti bisa sewa peralatan camping di penginapan Zidane Kondang Merak. Penginapan ini juga mendukung fasilitas lainnya seperti kamar mandi, tempat ibadah, parkir mobil, warung makan, dan melayani transaksi pembelian via transfer. Selain lengkap dan bersih, pemilik penginapan di sini juga sangat ramah ke pengunjung.

Pantai Kondang Merak adalah destinasi wisata idaman bagi siapapun yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana pedesaan yang tenang dan rileks. Selain itu, harga tiket masuk dan penginapan di sekitar pantai yang relatif murah dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi dan abadikan semua moment serunya bersama teman atau keluarga.

Harga Tiket Masuk Pantai Kondang Merak

Malang, 17 Desember 2023 keluarga kecil kami mengunjungi pantai di waktu libur. Setelah sampai di lokasi pantai Kondang Merak tepatnya di loket pembayaran, kami membeli tiket masuk untuk 2 dewasa 1 anak seharga Rp 10.000 per orang. Harga tiket masuk pantai tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan bermotor. Dikarenakan lokasi pantai masih dikelola oleh Desa Sumberbening dan termasuk pantai baru, pihak pengelola pantai belum menyediakan tiket masuk pantai berupa fisik.

Fasilitas di Pantai Kondang Merak

Fasilitas Pantai Kondang Merak
Bermain Ayunan di Pantai

Ketika sampai di obyek wisata ini, Anda akan melihat betapa indahnya hamparan pasir putih di sepanjang pantai dengan gulungan ombak yang kecil dengan air laut yang jernih sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berenang. Setelah selesai bermain, tentu hal yang sangat diperlukan oleh pengunjung pantai yaitu adanya fasilitas sebagai pendukungnya. Berikut beberapa fasilitas pendukung yang bisa Anda temukan di sini, diantaranya:

Warung Makan

Selain sebagai obyek wisata, pantai ini juga sebagai surganya wisata kuliner yang bisa ditemui di pinggir sekitaran pantai berderet-deret dengan menjual aneka makanan seafood hasil laut yang masih fresh. Kami pun mencoba salah satu warung makan yang ada di sana dengan memesan ikan bakar sebanyak 1 kilogram seharga Rp 100.000, di warung makan Bu Lilik Kondang Merak. Selain makanan seafood, tersedia juga makanan rumahan seperti lodeh, rawon, soto ayam, bakso, dan pecel sayur. Selain makanan, warung ini juga menyediakan kelapa muda, sewa tenda, tikar, peralatan camping ground, dan jajanan ringan. Warung ini menyediakan Gazebo lesehan, sehingga Anda bisa makan di sini dengan santai.

Tempat Ibadah atau Mushola

Bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu lagi risau dimana akan melakukan ibadah sholat jika berada di sana. Sebab pengelola pantai telah bekerjasama dengan warga Desa Sumberbening untuk menyediakan tempat ibadah berupa mushola yang sudah dilengkapi dengan tempat wudlu. Karena lokasi mushola dekat dengan pantai, air wudlu di tempat ini sedikit asin tapi bersih airnya. Lokasi mushola ini berada di Kampung Nelayan Pantai Kondang Merak, tidak jauh dari lokasi pantai.

Kamar Mandi Umum

Kamar mandi merupakan faktor utama sebagai pendukung sebuah tempat wisata. Maka tak heran jika melakukan kunjungan di suatu obyek wisata, pasti akan menemukan Toilet atau Kamar Mandi Umum. Setelah bermain seharian di pantai, tentu pakaian yang dikenakan akan basah dan kotor karena kemasukan pasir pantai. Maka perlu dilakukan bersih-bersih badan sehingga keberadaan kamar mandi umum sangatlah penting untuk mendukung kemajuan tempat wisata itu. Tak usah khawatir, sebab di sini sudah tersedia banyak toilet umum yang bisa Anda gunakan. Jadi tidak usah ragu untuk berbasah-basahan ketika mengunjungi pantai ini.

Tempat Parkir

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, di sini sudah menyediakan area parkir yang sangat luas bisa untuk memarkirkan kendaraan kecil atau bus sekaligus. Lokasi parkirnya pun juga bisa Anda parkirkan menghadap langsung ke arah pantai dan mendirikan tenda, jadi tak perlu repot jalan kaki menuju pantai.

Tempat Penginapan

Bagi Anda yang tidak begitu menyukai kegiatan camping ground, di Pantai Kondang Merak tersedia beberapa penginapan seperti Penginapan Zidane Kondang Merak dan Homestay Restu. Harga penginapan di sini semuanya relatif sama seharga Rp 250.000, per malam. Jadi cukup murah bukan untuk harga segitu dengan fasilitas yang ditawarkan.

Baca juga: Fasilitas di Penginapan Zidane Kondang Merak

Bermain Ayunan

Siapa yang tak kenal dengan alat tradisional yaitu ayunan. Di pantai ini juga tersedia alat permainan ayunan tetapi ayunan di pantai tidak sama dengan ayunan pada umumnya. Cara memainkannya pun cukup beda dan memerlukan bantuan teman atau orang lain untuk mendorongnya. Anda perlu mencoba alat permainan ini!

Camping Ground

Melakukan camping di pantai Kondang Merak bisa memberikan pengalaman terbaru yang tak terlupakan dan bisa menatap lebih lama panorama alam yang sungguh luar biasa cantiknya. Apalagi jika sudah memasuki malam hari dan berada di tenda sambil melihat awan berbintang, itu bisa menjadi surga dunia mensyukuri betapa indah bumi ini. Jika Anda menyukai aktivitas camping, pantai ini sangat tepat untuk Anda kunjungi bersama teman atau komunitas. Banyak sekali komunitas yang melakukan kegiatan menginap di tenda.

Baca juga: Fasilitas di Homestay Restu Kondang Merak

Jika Anda lupa atau tidak membawa peralatan tenda, warung makan Bu Lilik juga menyediakan penyewaan tenda seperti tikar, hammock, lampu tenda+baterai, tenda kap 2, tenda kap 4, dan kursi lipat.

Berikut ini daftar price list persewaan Kondang Merak Camp:

Sewa PeralatanTarif per 2 jam
TikarRp15.000
HammockRp15.000
Lampu Tenda + BateraiRp15.000
Tenda Kap 2Rp30.000
Tenda Kap 4Rp50.000
Kursi LipatRp15.000

Aktivitas Menyenangkan di Pantai Kondang Merak

Camping di Pantai Kondang Merak
Camping Ground

Kalau Anda seorang fotografer, pasti akan menyukai obyek wisata ini sebab di sini banyak sekali spot foto yang menarik dengan pemandangan yang indah memiliki latar belakang pantai dengan air laut yang jernih. Bersama teman atau keluarga ditambah properti kursi lipat duduk di atas batu karang, bisa menambah hasil foto makin sempurna. Anda bisa berjalan menuju batu karang yang tinggi dengan duduk diantara sela-sela batu dan siap untuk mengambil fotonya.

Setelah selesai mengambil foto di sekitar pantai, Anda bisa jalan sedikit ke Desa Kampung Nelayan. Disebut Kampung Nelayan karena sebagian besar warga yang tinggal di sekitar pantai mata pencaharian setiap harinya adalah mencari ikan di laut. Di Kampung ini tentu Anda akan menemukan banyak perahu yang bersandar di pinggir pantai dan bisa digunakan untuk spot foto yang menarik di Kondang Merak. Silahkan ambil foto yang banyak dan bagikan ke sosial media untuk membantu memperkenalkan tempat wisata ini ke seluruh dunia.

Galery Foto Pantai Kondang Merak Malang

Potret Pantai Kondang Merak Malang
Potret Pantai Kondang Merak Malang
Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak
Pesona Pantai Kondang Merak Malang
Pesona Pantai Kondang Merak
Foto Pantai Kondang Merak
Foto Pantai Kondang Merak
Kondang Merak Beach
Kondang Merak Beach
Desa Kampung Nelayan Pantai Kondang Merak
Kampung Nelayan Pantai Kondang Merak

Rute Terbaik menuju Pantai Kondang Merak

Jalan ke Pantai Kondang Merak
Jalan ke Pantai Kondang Merak Malang

Pernahkah Anda membayangkan mengunjungi pantai yang indah di Malang melalui rute yang berbeda? Selain dari pusat Kota Malang, ada beberapa jalur menarik yang dapat Anda pilih untuk mencapai destinasi ini. Artikel ini akan memandu Anda melalui rute yang kurang diketahui namun menyuguhkan pemandangan spektakuler di sepanjang perjalanan.

Berangkat dari Terminal Arjosari melintasi Turen

Jika Anda memilih jalur dari Terminal Arjosari, perjalanan Anda akan dimulai dari sini. Namun, persiapkan diri Anda untuk melewati wilayah Turen dan Gondang Legi sebelum mencapai Kecamatan Bantur dan daerah Kondang Merak.

Jalur ini mungkin membutuhkan waktu lebih lama, tetapi keindahan alam yang Anda temui sepanjang perjalanan membuatnya sepadan. Turen dan Gondang Legi bukan hanya sekadar wilayah yang dilewati, tetapi destinasi eksplorasi sendiri. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, berhenti sejenak dan nikmati pesona keindahan yang jarang dijamah wisatawan.

Berangkat dari pusat Kota Malang Melintasi Kepanjen dan Pagak

Bagi Anda yang memilih melalui pusat Kota Malang, rute melalui Kepanjen dan Pagak menjadi pilihan menarik. Sebelum mencapai Kecamatan Bantur dan daerah Kondang Merak, Anda akan melewati kawasan ini yang juga memiliki pesona alam tersendiri.

Kepanjen, dengan pesona alam tersembunyi dan keasrian desanya, memberikan pengalaman perjalanan yang unik. Jelajahi kampung-kampung tradisional dan nikmati keindahan alam yang masih asri.

Dengan rute yang berbeda, perjalanan Anda menuju pantai Kondang Merak Malang akan menjadi petualangan tak terlupakan. Pilihlah jalur yang sesuai dengan preferensi Anda dan nikmati setiap momen di perjalanan dengan menikmati kecantikan alam yang luar biasa.

Tips Berlibur ke Pantai Kondang Merak

1. Persiapkan waktu perjalanan ekstra

Menggunakan jalur alternatif memang mungkin membutuhkan waktu lebih lama. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan waktu ekstra agar perjalanan Anda tidak terburu-buru dan Anda dapat menikmati setiap detiknya.

2. Jelajahi destinasi sekitarnya

Selama perjalanan Anda, jangan ragu untuk menjelajahi destinasi sekitarnya. Siapa tahu, Anda bisa menemukan tempat-tempat menarik dan fotogenik yang belum banyak diketahui orang.

3. Manfaatkan Aplikasi Navigasi

Agar perjalanan Anda lebih lancar, manfaatkan aplikasi navigasi yang dapat membantu Anda menemukan jalur terbaik dan menghindari kemacetan.

4. Pilih pakaian pantai yang stylish dan nyaman

Memilih pakaian yang tepat saat mengunjungi pantai adalah kunci untuk pengalaman liburan yang menyenangkan. Pilihlah pakaian berbahan katun yang tidak hanya nyaman tetapi juga ringan. Celana pendek adalah pilihan yang tepat, memberi Anda kenyamanan maksimal sambil menjelajahi keindahan pantai. Pastikan juga untuk mengenakan sandal jepit anti selip agar dapat berjalan dengan nyaman di atas bebatuan karang.

5. Gunakan tas ransel anti-air

Jangan lupakan perlengkapan penting seperti tas ransel anti-air ketika merencanakan liburan dengan bercamping di pantai. Tas ini bukan hanya tahan air tetapi juga sangat berguna saat hujan tiba. Melindungi barang-barang berharga Anda dari hujan dan air laut yang bisa merusak, tas ransel menjadi teman setia untuk menjaga keamanan benda bawaan Anda di tengah cuaca tidak menentu.

6. Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung

Agar liburan Anda menjadi lebih berkesan, pilihlah waktu kunjungan dengan bijak. Hindari musim penghujan karena camping ground dan aktivitas luar ruangan lainnya kurang ideal saat cuaca tidak bersahabat. Pilihlah waktu yang cerah untuk menikmati keindahan pantai tanpa kendala cuaca yang tidak menyenangkan.

7. Santai di tepi pantai dengan segarnya kelapa muda

Setelah menjajal berbagai aktivitas, luangkan waktu untuk duduk santai di tepi pantai sambil menikmati pemandangan indah, jangan lupa mencicipi kesegaran air kelapa muda. Pengalaman ini akan menjadi kenikmatan tersendiri, memberikan Anda momen relaksasi yang tak terlupakan di tengah keindahan alam sekitar pantai.

8. Abadikan momen indah dengan kamera

Pantai Kondang Merak Malang menyajikan pemandangan menakjubkan yang pantas untuk diabadikan. Jangan lupa membawa kamera untuk menangkap setiap momen indah selama liburan Anda. Foto-foto ini tidak hanya akan menjadi kenang-kenangan berharga tetapi juga memperindah koleksi foto liburan Anda.

Dengan mengikuti tips dan saran ini, Anda dapat menikmati liburan yang tak terlupakan dan penuh kenangan indah selama di sini. Jangan ragu untuk menjelajahi keindahan alam, mencoba aktivitas seru, dan merasakan segarnya Pantai Kondang Merak untuk destinasi terbaik untuk liburan dengan maksimal.

Ikuti dan temukan informasi tempat wisata Jawa Timur lainnya disini! Selamat berlibur!

Jenzen Prasetyo Wahyujati
Jenzen Prasetyo Wahyujati Saya merupakan seorang blogger sekaligus author di Kompas Jateng Update. Saya hobi menulis tentang informasi berita, tempat wisata, otomotif, rumah, kesehatan, dan topik menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar.