Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA MENGETAHUI HAMIL 1 MINGGU DENGAN AKURAT DAN TEPAT

Anda harus mengetahui beberapa hal cara mengetahui hamil 1 minggu dengan akurat dan tepat tanpa perlu repot-repot anda pergi ke dokter hanya untuk memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak. Selain itu, dengan mengetahui tanda-tanda hamil minggu pertama, anda juga akan menjadi lebih berhati-hati terutama dalam melakukan aktivitas rutin yang selalu anda lakukan khususnya aktivitas yang akan menguras tenaga yang banyak/berat. Dikhawatirkan akan membahayakan janinnya ketika anda tidak menyadari bahwa anda sedang posisi hamil dengan melakukan aktivitas yang berat akan berisiko menyebabkan keguguran. 

Maka olehkarena itu, cara mengetahui hamil 1 minggu ini menjadi hal yang penting dan harus anda ketahui untuk meminimalkan risiko keguguran. Untuk menghindari permasalahan risiko yang berakibat janin anda keguguran, alangkah baiknya mengetahui tanda-tanda kehamilan minggu pertama.

Foto Hamil 1 Minggu
Proses Relax di Masa Kehamilan

1. Tidak Lagi Haid / Menstruasi Pada Wanita 

Ini merupakan salahsatu tanda-tanda kehamilan yang dialami oleh wanita disaat hamil 1 minggu karena menstruasi pada wanita dialami 1 bulan sekali dan itupun ada yang rutin dan adapula yang tidak rutin. Akantetapi tidak semuanya menstruasi dijadikan alat ukur yang tepat terutama pada wanita yang baru saja melahirkan dengan normal bukan dengan cara operasi. Karena wanita yang baru saja melahirkan anaknya dengan cara normal, wanita tersebut akan mengalami menstruasi yang tidak teratur terkadang menstruasi itu terjadi 2 bulan sekali dan saya sendiri mengalaminya hal tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa baca artikel saya mengenai: Penyebab Menstruasi Pada Wanita Tidak Teratur. Walaupun demikian bahwa menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan dari beberapa hal lainnya.

Maka, dengan mengetahui secara pasti hari pertama datangnya haid pada wanita dapat digunakan untuk mengetahui usia kehamilan dan HPL (Hari Perkiraan Lahir).

2. Mual dan Muntan

Gejala mual dan ingin muntah merupakan akibat adanya perubahan hormon pada masa subur wanita dan ini merupakan salahsatu tanda-tanda hamil 1 minggu pertama. Gejala mual ini bisa anda buktikan dengan cara melakukan aktivitas yang biasa anda lakukan secara rutin, maka anda akan merasa cepat lelah atau letih padahal ini tidak seperti biasanya. Gejala mudah lelah ini terjadi akibat meningkatnya hormon progesteron saat kehamilan, dimana peningkatan hormon ini sebagai stimulan dari tubuh yang berfungsi untuk mendukung kehamilan dan juga perkembangan dari janinnya. Mual dan muntah ini sering disebut sebagai “morning sickness” karena mual dan muntah ini pada umumnya dialami oleh wanita yang hamil pada bulan-bulan pertama kehamilan. Jika anda mengalami hal semacam ini, sudah dipastikan anda sedang hamil. Untuk mengatasi masalah morning sickness, saya ada tips untuk anda : Tips Mengatasi Mual Saat Hamil.

3. Sering Buang Air Kecil

Selain mual dan muntah pada ibu hamil, sering buang air kecil juga bisa masuk dalam kategori tanda-tanda kehamilan 1 minggu pertama. Wanita yang sedang hamil pasti akan mengalami sering buang air kecil bahkan rasa ingin buang air kecil tidak bisa ditahankan. Hal ini bisa terjadi karena kandung kemih wanita tertekan oleh rahim yang membesar dan biasanya hal ini akan berkurang disaat kehamilannya setelah 12 minggu dan akan kembali lagi pada kehamilan 28 minggu. Penyebab lain sering buang air kecil dikarenakan jumlah cairan tubuh meningkat akibat terjadinya kehamilan. Dengan kondisi yang seperti ini pastinya anda akan merasakan repot karena harus masuk-keluar toilet saat istirahat. Jika anda tidak dapat mengkontrol emosi anda, maka anda akan merasakan stres. Padahal stres ini akan memicu risiko pada janinnya.

4. Suka Makan Makanan Tertentu “NGIDAM”

Pada bulan pertama kehamilannya, wanita yang sedang hamil biasanya menginginkan makanan-makanan tertentu terutama makanan yang memberikan energi dan kalsium. Alangkah baiknya anda juga memperhatikan Makanan Ibu Hamil Agar Bayi Cerdas supaya saat anda ngidam makanan yang dimakan akan bermanfaat untuk kecerdasan janinnya. Jika menginginkan program kehamilan anda sukses, alangkah baiknya anda memperhatikan Menu Makanan Untuk Ibu Hamil dan Pantangan Makanan Untuk Ibu Hamil Muda. Permasalahan ini akan saya bahas secara khusus pada artikel selanjutnya.

5. Pembesaran Puting Payudara Pada Wanita 

Tanda-tanda lain yang biasa muncul terjadi disaat wanita hamil adalah terjadinya perubahan fisik pembesaran payudara pada wanita. Hal ini merupakan tanda-tanda kehamilan minggu pertama yang biasa terjadi pada wanita hamil. Puting payudara selain membesar akan juga mengalami perubahan warna pada putingnya yang berwarna gelap bahkan akan terasa sangat gatal dan sakit. Setiap wanita memiliki tanda-tanda kehamilan yang berbeda-beda bahkan ada yang tidak mempunyai keluhan apapun.

Cara yang paling sering digunakan dalam tes kehamilan adalah dengan menggunakan tes urin. Tes urin ini bisa anda dapatkan di toko apotik terdekat dari rumah anda. Tes urin ini dilakukan dengan mengukur kadar HCG. Silahkan baca terlebih dahulu intruksi ketika menggunakan alat tes urin ini. Silahkan gunakan alat ini pada pagi hari karena hormon HCG (Human Chorionic Gonadotropin) sangat tinggi. Apabila tanda-tanda yang sudah saya sebutkan diatas belum anda rasakan, saran saya konsultasikan ke dokter spesialis kandungan untuk memastikan kehamilannya dengan di USG (Ultrasonografi). Dengan menggunakan alat ini, dokter bisa memperlihatkan dan memastikan kalau anda benar-benar hamil atau tidaknya dengan memperlihatkan gambaran janinnya.

Itulah beberapa Cara Mengetahui Hamil 1 Minggu dengan akurat dan tepat yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.